Ini Jenis Bisnis Yang Cocok Bagi Blogger Sangat Pemula

Menjalankan bisnis online, kadang gampang-gampang susah. Apalagi untuk blogger pemula. Tidak semua layanan bisnis online bisa dijalankan saat pertama membuat blog. Utamanya untuk Google Adsense. Anda harus menunggu beberapa saat.

Tapi, apakah blogger pemula tidak bisa langsung menjalankan bisnis online? 

Tentu saja tidak. Seperti yang bloGoooblok ~ selalu katakan, ada banyak jenis bisnis online yang bisa dijalankan di internet. Bahkan untuk ukuran blog gratisan dan yang memulai paling awam sekalipun. Ada banyak pilihan untuk dijalankan.

Dan bisnis online yang cocok bagi blogger pemula (betul-betul pemula) adalah bisnis affiliate.

Sebenarnya, ada banyak bisnis yang bisa dijalankan selain affiliate. Namun, yang tidak menggunakan modal sama sekali (diluar biaya internet dan kopi) adalah affiliate. Ada banyak sekali ragam bisnis affiliate ini. Baik dari situs luar negeri, bahkan situs dalam negeri.

Dari situs luar negeri Anda bisa mengikuti program Amazon atau ClickBank, sementara untuk situs dalam negeri salah satu yang cukup terpercaya dan menjanjikan adalah Lazada dan Bhinneka. Bisa juga mengukuti program affiliate dari penjualan buku eletronik, ada banyak yang terpercaya, namun yang saya rekomendasikan adalah Tips Hamil.

Menjalankan bisnis affiliate, juga bisa membantu blogger pemula dalam membangun blog. Jika Anda tidak memiliki ide tulisan tiap hari, maka dengan mencari produk dari program affiliate yang diikuti akan muncul banyak ide tulisan.

Ini yang saya jalankan dibeberapa blog yang saya kelola. Hal pertama yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis affiliate adalah keyword atau kata kuncinya. Biasanya pebisnis online menyebut blog seperti ini dengan sebutan blog niche. (Baca: Enam Jenis Blog Yang Harus Anda Ketahui).

Salah satu tips menjalankan bisnis affiliate seperti Amazon, Lazada atau Bhinneka adalah membuat blog dengan niche tertentu dan melakukan review. Mengapa harus melakukan review? Karena menjalankan affiliate bukan menjual, tapi merekomendasikan penjualan.

Tugas utama seorang affiliaters adalah menggiring pengunjung agar menuju situs atau toko online untuk berbelanja. Dengan melakukan review (selain membuat blog terupdate), pembaca atau pengunjung juga tidak akan sadar kalau yang ia baca adalah produk bisnis.

Tapi, harus diperhatikan kualitas review yang dipublikasikan. Jangan serta merta hanya menyalin deskripsi produk kedalam postingan. Kalau bisa, ubah kata-katanya menjadi bahasa atau kata-kata Anda sendiri. Dengan begitu, akan ada kepercayaan dari pembaca bahwa tulisan tersebut, benar adalah tulisan review.

Dalam setiap postingan review yang Anda buat, tautkanlah link affiliate Anda dan beri kata-kata yang menggiring pembaca melakukan transaksi. (Baca Ulasan Ini Agar Lebih Paham: Cara Menjalankan Program Affiliate Melalui Blog).

Bagusnya lagi menjalankan bisnis affiliate, Anda bisa melakukan promosi secara offline. Biasanya, untuk blog yang belum begitu ramai, cara efektif meningkatkan penjualan adalah melakukan promosi offline. Anda bisa merekomendasikan blog Anda, atau langsung mengirim link affiliate Anda.

Menjalankan affiliate juga bisa dilakukan disosial media. Namun ada ilmu tersendirinya agar orang-orang bisa percaya. (Baca: Cara Promosi Bisnis Online di Sosial Media dan Forum).

Intinya, adalah fokus dan percaya. Ketika Anda mulai memfokuskan diri pada tujuan yang Anda ingin raih, segala kekuatan yang tersembunyi akan muncul dengan sendiri. Setelah itu, percaya. Percaya pada apa yang Anda jalankan dan percaya suatu saat Anda bisa meraih kesuksesan.

Jika ada yang bertanya, apakah bloGoooblok ~ termasuk blogger yang sukses menjalankan affiliate. Maka jawabannya, belum. Saya juga masih dalam proses pembelajaran dan menjalankan bisnis ini dengan senang hati. Tapi, saya yakin, suatu saat apa yang saya kerjakan akan membuahkan hasil.

Saya berbagi banyak hal di blog ini, bukan semata-mata karena profit atau keuntungan. Tapi jauh lebih besar dari itu. Harapan untuk Indonesia yang lebih cerdas!