Menjadi Pengusaha di Internet, Siapa Takut?

Menjadi seorang pengusaha, apalagi sukses adalah impian semua orang. Pengusaha adalah seseorang yang dengan mandiri atau bekerjasama dengan beberapa orang yang memiliki visi & misi yang untuk menciptakan penghasilan dan peluang pekerjaan baru.

Menjadi seorang pengusaha, sebenarnya bukanlah pilihan. Tapi keharusan, bagi mereka yang ingin bebas secara finansial dan waktu. Agar usaha atau bisnis seorang pengusaha bisa berjalan baik, tentunya harus di dukung oleh SDM (Sumber Daya Manusia) yang berpengalaman dan handal.

Jika ingin bebas secara finansial, tidak ada jalan lain kecuali anda harus berusaha lebih keras, berusaha lebih cerdas dan berusaha lebih baik untuk mendapatkan penghasilan yang lebih. Dan era serba modern ini memberikan peluang lebih besar untuk menjadi seorang pengusaha.

(Baca: Tutorial Dasar Memulai Bisnis Online)

Jika dahulu, menjadi pengusaha sukses itu hanya berputar pada sektor pertanian, perkebunan, industri dan jasa, dimana rata-rata membutuhkan modal yang tidak sedikit, maka saat ini jenis usaha yang bisa dikembangkan jauh lebih banyak dan beragam.

Kemajuan teknologi utamanya internet telah memberi peluang siapa saja untuk menjadi pengusaha. Tidak peduli latar belakang Anda, modal Anda dan kemampuan Anda. Semuanya bisa mendulang kesuksesan dari menjalankan usaha di internet. Pengusaha jenis ini sering disebut pebisnis online.

Dengan menjalankan bisnis online, kita dapat menemukan hal yang lebih bervariasi bahkan dengan modal yang sangat minim. Banyak pebisnis online yang menjadi sukses walau sama sekali tidak memiliki produk untuk diperjual belikan dan lokasi strategis dengan harga super mahal.

(Baca: Begini Cara Aman Mendapatkan Uang dari Internet)

Pebisnis online memiliki fleksibilitas yang cukup tinggi. Waktu berdagang 24 jam dan keuntungan yang jauh lebih besar. Namun, sayang masih kurang dipedulikan. Padahal, ragam usaha yang ditawarkan cukup menjanjikan untuk mendongkrak kehidupan.

Berikut beberapa jenis usaha yang bisa dijalankan lewat internet: 

Membuka Toko Online
Toko online di Indonesia sedang berkembang pesat. Hampir setiap hari ada toko online baru yang dibuka dengan beragam produk. Memang membuka toko online membutuhkan sedikit modal, namun keuntungan yang didapatkan akan jauh lebih besar. (Jika tahu menjalankannya).

Bagi Anda yang sebelumnya punya usaha real, maka toko online sangat cocok digunakan untuk mengembangkan usaha. Anda bisa memadupadamkan, usaha real dengan promosi di internet. Namun, bagi Anda yang tak punya produk pun tetap bisa menjalankan toko online dengan sistem dropship.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda membutuhkan beberapa keahlian dasar, seperti kemampuan membuat website dan perencanaan promosi. Tapi jika Anda punya dana lebih, ada banyak ahli yang bisa disewa untuk menjalankannya.

Menjadi Reseler
Reseler adalah berbisnis yang memperdagangkan barang milik orang lain. Caranya, Anda akan menjual produk yang diberikan dari pemilik produk kepada Anda dengan syarat harus membeli beberapa produk tersebut terlebih dahulu.

Setelah itu hak ijin akan diberikan dengan sejumlah komisi yang dijanjikan setiap penjualan yang berhasil dilakukan.

Menjadi reseller jauh lebih mudah dijalankan karena Anda sama sekali tidak perlu membuat website sendiri. Biasanya si pemilik produk sudah menyediakan website replika yang bisa anda gunakan dalam berjualan. Komisi seorang reseler pun kadang bisa lebih besar.

Menjalankan Bisnis Affiliate
Mungkin inilah jenis bisnis online yang paling minim pengeluaran. Caranya hampir sama dengan reseler. Bedanya, reseler produk yang dijual bisa diubah sesuai kemauan, sedangkan affiliate, komisi yang dijanjikan telah ditetapkan terlebih dahulu.

Menjadi affiliate suatu produk tertentu juga tidak mengharuskan membeli produk tersebut. Bisnis ini bisa langsung dijanlankan hanya dengan mendaftar dipenyedia affiliate. Bisnis afiliasi ini sangat beragam, salah satu yang paling terkenal adalah Affiliate Amazon, namun beberapa toko online di Indonesia juga patut dicoba.

bloGoooblok ~ adalah salah satu blog yang menjalankan bisnis affiliate. Beberapa postingan dalam blog ini menjelaskan lebih jauh tentang affiliate. Memang bisnis bukan bisnis cepat kaya, namun jika Anda ulet dan fokus menjalankannya, tidak ada yang tidak mungkin.

Affiliate juga tidak harus punya website berbayar, dengan blog gratisan pun bisnis ini bisa dijalankan. Blog dengan basis bisnis affiliate juga bisa disandingkan dengan program earning lainnya seperti space iklan berbayar atau Google Adsense.

Penjual Jasa
Menjalankan bisnis jasa di internet jauh lebih menjanjikan. Jika kadang di dunia nyata seorang yang menjalankan bisnis jasa harus memiliki legalitas dan embel-embel sertifikat yang banyak, maka di dunia internet, Anda hanya butuh bukti dari keahlian yang Anda tawarkan.

Jika Anda punya keahlian seperti desain, baik itu desain logo, interior atau lainya maka itu adalah peluang bisnis. Anda bisa menjual kemampuan Anda dan meraup penghasilan tambahan melalui internet. Menjalankan bisnis ini bisa dengan banyak cara, salah satunya dengan membuat blog atau mendaftar disitus yang penyedia jasa.

***

(Baca: Cara Belajar Bisnis Online yang Baik dan Aman)

Pada dasarnya, internet memberi lebih banyak peluang menjadi pengusaha. Ada sangat banyak pilihan untuk menghasilkan uang lewat internet. Selain melalui blog atau website, sosial media juga bisa dijadikan sarana jual beli.

Selain pilihan usaha yang ada diatas, masih banyak lagi yang bisa dilakukan. Seperti menjadi penulis bayaran, penulis buku dan lain-lain. Namun, jika Anda memang berniat jadi pengusaha di internet, empat pilihan diatas patut diperhitungkan. Semuanya berbasis pada sistem jual beli, hanya sarananya saja yang berbeda.

Selamat Mencoba!