Mengenal Fitur dan Kontrol Utama Google Analytics

Semua orang awalnya akan bingung jika baru akan menggunakan Google Analytics. Hal ini karena, masih banyak yang belum paham fungsi dan kegunaan layanan Google tersebut. Olehnya itu, sangat perlu adanya untuk mengenal fitur dan kontrol utamanya.

(Baca: Apa Itu Google Analytics?)

Secara garis besar, fitur dan kontrol utama Google Analytics terdiri dari delapan bagian. Selanjutnya akan kita bahas satu persatu agar lebih jelas. Hanya saja, semua yang akan bloGoooblok~ jelaskan disini belum tentu ada di akun Google Analytics Anda, karena ada beberapa fitur yang hanya muncul jika kita sebagai pengguna premium.

Berikut adalah gambaran besarnya.


1. Fitur Tautan Navigasi
Fitur ini berada dibagian paling atas. Pada gambar terletak di nomor 1. Google Analytics memberi kita akses ke 4 area produk utama. Keempat bagian ini juga memiliki peranan yang berbeda-beda. Semuanya bisa digunakan secara bebas.

  • Home atau Beranda. Tautan ini menghadirkan semua daftar Akun dan Properti yang telah kita daftarkan ke Google Analytics. Informasi yang disajikan disini hanya ringkasan singkat tentang kinerja dan performa akun kita.
  • Reporting atau Pelaporan. Pada bagian ini Google Analytics memberikan kita akses penuh ke laporan dan dasbor tiap akun yang kita daftarkan. Bagian inilah yang punya banyak peranan penting untuk kita melakukan riset dan mengetahui kinerja blog atau website atau bahkan aplikasi yang telah kita buat. 
  • Customization atau Penyesuaian. Google Analytics memungkinkan Anda untuk membuat laporan khusus dan memberikan akses ke laporan tanpa sampel. Hanya saja fitur ini tidak berlaku untuk semua kalangan. Fitur ini hanya bisa diakses oleh pengguna premium.
  • Admin. Bagian ini adalah tempat Anda mengelola Google Analytics. Pada bagian ini Anda bisa membuat properti baru atau menambah blog baru untuk dianalisa. Anda juga bisa mengubah izin pengguna serta menambah integrasi dan masih banyak lagi. 

2. Fitur Akun, Setelan dan Diagnosik
Pada bagian kedua, hal yang harus diketahui dalah informasi akun. Setiap laman di Google Analytics juga menampilkan informasi ini. Google menyediakan kontrol yang memungkinkan Anda mengubah setelan, mendapat bantuan dan menanggapi pesan diagnostik. Secara umum, ada tiga hal yang harus diketahui pada bagian ini.

  • Tombol Drop Down yang digambarkan dengan icon panah kebawah. Jika Anda mengklik bagian ini maka Anda bisa mengakses akun Google pribadi serta akun Google Analytics Anda. Fitur ini bisa digunakan untuk penelusuran akun agar menemukan akun Analytics, properti atau tampilan dengan cepat.
  • Tombil Settings yang digambarkan dengan logo gerigi. Jika mengklik bagian ini maka Anda dapat mengubah setelan pengguna, mengirim umpan balik ke Google, atau mendapat bantuan jika merasa kesulitan dengan Google Analytics.
  • Tombol Pemberitahuan untuk melihat pesan yang dibuat oleh diagnostik otomatis Google Analytics.

3. Fitur Navigasi Laporan
Setelah mengetahui dua bagian diatas, maka selanjutnya mengenal bagian penting dari Google Analytics. Yakni bagian Reporting atau Laporan. Halaman ini hanya bisa diakses jika Anda mengklik menu Reporting seperti yang dijelaskan dibagian pertama diatas.

Fitur ini terdapat dibagian kiri laman. Pada bagian ini Anda dapat mengakses semua laporan. Ada beberapa kategori yang disediakan. Setiap kategori punya fungsi dan peranan masing-masing. Jika Anda mengklik salah satu kategori maka akan terbuka grafis peta antarmuka disebelah kanan.

Terdapat delapan kategori pada sistem navigasi Google Analytics. Tiap kategori masih memiliki sub kategori yang semuanya bisa digunakan. Untuk masing-masing kategori akan kita bahas lebih lanjut. Namun, hal mendasar yang harus diketahui pada bagian ini adalah Dasbor dan Pintasan atau Shortcuts.

Klik Dasbor jika Anda ingin melihat laporan yang paling penting dalam sekilas dan klik Pintasan untuk akses yang lebih cepat ke laporan yang paling sering Anda gunakan. Untuk menggunakan sub kategori silahkan mengklik close panel untuk menyembunyikan panel navigasi laporan atau klik open panel untuk membukanya kembali.

4. Fitur Tajuk Laporan
Tajuk laporan berada tepat dibawah Tautan Navigasi. Tajuk laporan akan muncul di bagian atas di semua laporan di Google Analytics. Tajuk mencakup judul dan kontrol laporan yang bekerja pada laporan sebagai satu kesatuan.

Itu artinya menu yang akan muncul pada tajuk laporan akan berubah-ubah setuai kategori yang sedang kita akses. Namun, secara umum ada beberapa menu pilihan yang sering muncul pada fitur ini. Diantaranya:

  • Customize atau Sesuaikan untuk menyesuaikan laporan standar agar sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Opsi penyesuaian tersedia untuk banyak laporan, namun tidak semuanya. Jika ingin menggunakannya, silahkan klis saja. 
  • Email. Jika Anda mengklik Email maka Anda akan bisa langsung membagikan laporan Anda secara utuh kepada orang-orang, bahkan jika mereka tidak memiliki akun Google Analytics sekalipun.
  • Ada juga Ekspor. Anda dapat Mengekspor data laporan untuk digunakan di aplikasi lainnya, seperti Excel, PDF, Google Sheets dan lain-lainnya. 
  • Jika Anda ingin satu laporan dikategori tertentu muncul di Dasbor Anda, gunakan tautan Add to Dashboard atau Tambah ke Dasbor. Maka, akan secara otomatis laporan tersebut bisa langsung Anda akses melalui Dasbor saja. 
  • Shorcut atau Pintasan. Pilihan ini memungkinkan Anda membuat tautan ke konfigurasi laporan yang sedang berjalan saat ini. Anda dapat mengakses semua pintasan Anda di panel navigasi laporan.
  • Tanggal yang terletak dipojok kanan memungkinkan Anda mengubah rentang tanggal laporan. Anda dapat membandingkan dua tanggal, atau dua rentang tanggal dengan mengeklik ikon drop down menu icon.
  • Dibawah Tanggal terdapat logo toga. Itu adalah bagian Pendidikan Analytics. Jika Anda mengklik ikon ini, maka Anda dapat melihat konten bantuan dan tutorial video yang menjelaskan kategori pelaporan yang saat ini dipilih.

5. Fitur Tambah Segmen
Fitur Tambah Segmen ini tidak terlalu banyak. Segmen dalam Google Analytics adalah subkumpulan data Analytics Anda. Anda bisa menambahkan satu segmen atau lebih ke dalam laporan Anda. Ini juga membantu Anda membandingkan dan membedakan data dalam cara yang bermakna.

Pada segmen yang sedang berjalan Anda bisa mengedit, mengcopy atau bahkan hapus segmen yang ada dengan mengekliknya. Selain itu ada juga tombol untuk menambah segmen. Ini untuk menyegmentasikan data lebih lanjut.

6. Fitur Tab Laporan
Bagian inilah yang saya rasa punya fungsi yang penting. Karena pada bagian inilah data laporan Anda ditampilkan. Laporan Google Analytics menampilkan di satu tab atau lebih. Google akan memberikan Anda berbagai tampilan dari data tersebut di satu tempat.

Secara umum laporan yang akan muncul adalah data standar yang berisi tab Penjelajahan. Hal ini memiliki 2 bagian: tampilan grafik data untuk kerangka waktu yang dipilih di bagian atas, dan tabel data di bagian bawah.

Beberapa laporan akan menampilkan tab tambahan, seperti tab Ringkasan, atau tab Hamparan Peta. Anda juga dapat menambahkan dan mengedit tab menggunakan tautan Sesuaikan di tajuk laporan, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Tautan grup metrik di bawah label tab laporan menentukan metrik mana yang ditampilkan di tabel data; misalnya, Ikhtisar, Penggunaan Situs, Setelan Sasaran 1. Terletak tepat di bawah label tab Penjelajah. Intinya, data yang disajikan pada bagian inilah yang banyak digunakan untuk riset dan mengetahui data pengunjung blog atau situs kita.

7. Fitur Tampilan Grafis
Hampir sebagian besar data yang ditampilkan dalam Google Analytics berupa grafis. Ada beberapa hal yang perlu dipahami dalam menganalisanya. Berikut penjelasannya:

  • Metrik grafik: mengubah metrik yang dipetakan dalam tampilan grafik. Anda dapat membandingkan 2 metrik di grafik, misalnya, Pageview vs Users. Tombol ini terletak terletak di bawah tautan grup metrik. Jika ingin menambah metrik klik saja tulisan Select a metric atau Pilih metrik. Maka tampilannya akan langsung dikoversi.
  • Tombol Skala waktu grafik: Bagian ini memungkinkan Anda mengubah skala waktu grafik. Pilihnya antara hari, minggu atau bulan. Tab ini berada dibagian kanan pemilih metrik grafik.
  • Tombol Jenis grafik: tombol ini bisa mengubah tampilan grafik yang ada. Pilih dari grafik garis atau diagram gerak. Terletak di samping tombol skala waktu grafik. Namun, jika Anda menggunakan Google Analytics biasa, tombol ini tidak akan muncul, tombol ini khusus untuk pengguna premium. Mereka bisa merubah bentuk grafik yang ditampilkan. 
  • Panel Anotasi. Pilihan ini ada dibagian bawah grafik. Dengan mengklik tombol ini, Anda akan dapat membuat catatan langsung di laporan.

8. Fitur Tampilan Tabel Data
Untuk data yang lebih rinci, Anda bisa menggunakan tampilan tabel data dari Google Analytics. Masih berkaitan dengan penjelasan nomor 7 diatas. Bagian tampilan tabel data ini menyajikan informasi yang lebih terperinci.

Bagian bawah tab Penjelajah menampilkan data laporan dalam bentuk tabulasi. Dimensi dan metrik utama yang ditampilkan bergantung pada jenis laporan dan di grup metrik yang dipilih di kontrol tab Penjelajah. Anda bisa mengaksesnya jika mengklik salah satu data yang ingin Anda lihat, misalnya soal Demographics. Jika ingin melihat data soal negara silahkan memilih Indonesia, maka akan muncul tabel datanya.

Kontrol tabel data pada bagian ini mencakup, Tautan Dimensi utama yang bisa mengubah dimensi utama dalam laporan. Ada pula Tombol Baris Persil yang memungkinkan Anda menambahkan baris yang sudah Anda pilih dengan menggunakan kotak centang ke tampilan grafik, serta Menu Dimensi sekunder untuk menambah dimensi lainnya ke dalam laporan.

Jika ingin menghapus dimensi sekundernya, langsung saja mengklik tanda x.

Sementara pada Menu Jenis Urutan atau tempat dimana Anda bisa mengubah urutan baris di tabel data, Google Analytics memberi Anda pilihan antara lain sebagai berikut.

  • Default: urutan alfanumerik dasar. Urutan default-nya adalah tinggi ke rendah. Anda dapat mengubah ini dengan mengeklik tajuk kolom.
  • Perubahan absolut: mengurutkan data perbandingan rentang tanggal berdasarkan jumlah perubahan alih-alih nilai absolut
  • Berbobot: mengurutkan data persentase dalam urutan nilai penting alih-alih urutan numerik.

Anda juga diberi keleluasaan untuk melakukan penelusuran. Fomn ini akan menampilkan baris yang sesuai dengan istilah penelusuran Anda. Klik lanjutan untuk menyaring tabel data dalam cara yang lebih rumit.

Pada pojok kanan terdapat Tombol Tampilan tabel. Ini memungkinkan Anda untuk mengubah cara tabel data ditampilkan. Pilihannya dasarnya ada enam, namun biasanya yang tampil hanya ada lima. Salah satu pilihannya dikhususkan untuk pengguna premium. Penjelasan lebih lengkapnya lihat gambar dibawah ini:


Demikianlah beberapa fitur kontrol utama yang terdapat pada Google Analytics. Penjelasan diatas masih perlu pendalam lebih jauh agar bisa memaksimalkan penggunaan Google Analytics. Namun sejauh ini, hal inilah yang patut dipahami.

(Baca: Bagaimana Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytic?)

Jika memiliki tambahan atas informasi diatas akan sangat senang rasanya jika berkenang berbagi informasi di kolom komentar. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan agar bisa sama-sama kita diskusikan. Terima kasih dan salam blogger.