Merdeka dari Blogger!

Ada banyak komentar dan email yang masuk, bertanya soal kian jarangnya bloGoooblok~ diupdate. Padahal pengunjung dan pembacanya, makin hari makin bertambah. Yang artinya, kian banyak pula persoalan blog yang butuh pemecahan masalah.

Sebelum jauh membuat cerita, saya ingin berkisah dahulu soal bunga mawar. Terlepas dari warnanya apa dan jenisnya bagaimana, ia tetap cantik dan menjadi primadona. Tapi mawar yang cantik sekalipun tetap punya waktu untuk mekar kembali setelah gugur tujuh hari yang lalu.

Begitu pun dengan bloGoooblok~. Waktu mekarnya juga mengenal musim. Sebut saja, kemarin-kemarin itu masih tahap pembentukan kelopak baru agar nantinya bisa mekar dengan lebih indah. Persiapan yang matang dan panjang tentu menghasilkan kualitas yang lebih baik (walau itu belum bisa digaransikan).

Baiklah...

Saya ingin berterima kasih sembari memohon maaf kepada semua yang telah dan pernah mengunjungi bloGoooblok~. Berkat kalian semua, blog ini tetap mendapat trafik yang baik. Sejak saya tinggalkan terakhir kali pada 13 April 2015 lalu, rangking bloGoooblok~ masih tinggi, namun kini setelah lima bulan, rangkingnya naik.

Rangking Alexa bloGoooblok~ diulang tahun pertamanya 22 Februari 2015 baru diangka 4,912 untuk Indonesia dan 314,307 secara global. Dan kini naik ke 2,905 untuk Indonesia dan 161,931 secara global. Tentu ini belum menjadi acuan blog ini sukses, tapi lumayanlah.



(Baca: Apa Itu Alexa Internet dan Manfaatnya Buat Blog?)

Rangking Alexa bukanlah satu-satunya acuan blog atau situs kita sukses dijagat maya, ada banyak sekali faktor yang menjadi patokan, namun itu salah satu yang masih menjadi incaran hampir semua blogger di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Seperti judul postingan ini, "Merdeka dari Blogger" saya hanya ingin menyampaikan bahwa siapa saja bisa hidup dan makmur dari sebuah blog, bahkan yang paling sederhana sekalipun. Contoh paling nyatanya adalah Linda Ikeji.

(Baca: Wanita Ini Berpenghasilan Rp70 Miliar dari Blog Gratisan).

Karena masih dalam eforia kemerdekaan Indonesia yang ke-70 tahun, bloGoooblok~ kembali mau mengingatkan bahwa merdeka itu tidak melulu soal lepas dari penjajahan, tapi bebas dalam mengekspresikan diri berbentuk tulisan juga adalah kemerdekaan yang hakiki. Salah satunya melalui blog.

Saya sekali lagi memohon maaf, kalau selama ini banyak komentar dan pesan yang masuk tidak sempat terbalaskan. Itu karena dalam lima bulan terakhir saya masih terjajah oleh pekerjaan yang padat. Tapi jangan khawatir, kedepannya bloGoooblok~ akan berupaya memerdekakan diri agar bisa kembali aktif membuat postingan.

Semoga siapa pun yang membaca tulisan ini diberi kemerdekaan yang hakiki oleh sang kuasa. Amin.

Salam Blogger!