10 Layanan Google Yang Wajib Bagi Seorang Blogger

Google sebagai raksasa mesin pencari di dunia telah melahirkan banyak layanan bagi penggunannya. Bahkan untuk orang-orang yang orientasinya bisnis. Hampir semua layanan Google ini disediakan secara gratis, walau ada beberapa yang harus berbayar untuk mendapatkan hasil lebih baik.

Berikut BloGooblok menyajikan 10 layanan Google yang sifatnya wajib bagi seorang blogger. Wajib lantaran layanan ini bisa memaksimalkan blog yang sedang dikembangkan. Apa saja? simak selengkapnya berikut ini:

1. Blogger
Blogger adalah layanan CMS gratis yang disedikan Google buat penggunannya. Anda bisa membaca lebih jauh tentang Blogger dengan dua tulisan berikut ini, Apa Itu Blog? dan Mengenal Lebih Jauh Tentang Blogspot / Blogger. Blog dari Google selalu menautkan domain blogspot.com dibelakang URL-nya, kecuali Anda menggunakan domain sendiri.

2. Webmaster Tools
Setelah memiliki blog, layanan Google selanjutnya yang wajib pula dimiliki adalah Webmaster Tools. Anda bisa menggunakan layanan ini melalui https://www.google.com/webmasters/tools/. Google menyediakan ini gratis buat para blogger yang menggunakan blogpot. Silahkan pejacari Webmaster Tools melalui tulisan ini; Cara Menggunakan Webmaster Tools.

3. Google Analytics
Tidak kalah pentingnya dengan Webmaster Tools, layanan Google yang satu ini juga wajib untuk seorang blogger, yaitu Google Analytics. Anda bisa mendaftar layanan ini melalui laman www.google.com/analytics/. Untuk lebih jelasnya silahkan baca dua tulisan ini; Apa Itu Google Analytics? dan Mengenal Fitur dan Kontrol Utama Google Analytics.

Di Google Analytics Anda bisa melihat total pengunjung Anda bahkan yang sedang online sekalipun. Hebat bukan!

4. Keyword Planner
Keyword Planner ini seyogyanya merupakan fasilitas penunjang dari Google AdWodrs. Namun bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja yang ingin menganalisa jenis kata kunci untuk blognya. Keyword Planner bisa diakses melalui https://adwords.google.com/KeywordPlanner dengan terlebih dahulu mendaftar di Google AdWords.

Anda bisa membaca penjelasan lebih jauh tentang cara menggunakan Keyword Planner melalui tulisan ini; Cara Riset Keyword Paling Ampuh Untuk Bisnis Online.

5. FeedBurner
Awalnya layanan ini tidak sepenuhnya milik Google, namun kemudian diakuisis dan kini sepenuhnya ada dalam kekuasan Google. Layanan ini juga penting bagi blogger karena mengingatkan kita untuk membuat pengaturan feed. FeedBurner bisa diakses melalui www.feedburner.com/ atau feedburner.google.com/fb/a/myfeeds.

Jika berminat mempelajari lebih jauh soal FeedBurner silahkan baca dua tulisan ini; Apa Itu FeedBurner dan Bagaimana Membuatnya? dan Fungsi dan Cara Aktifkan PingShot di FeedBurner. 

6. PageSpeed Insights
PageSpeed Insights adalah layanan super kece dari Google. Anda bisa mengecek kesehatan dan kecepatan blog Anda dari layanan ini. Google juga menyediakan saran, apa saja yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan pada tampilan blog Anda. Layanan ini dibisa diakses melalui https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/.

7. Google Trends
Hampir sama peranannya dengan Keyword Planner. Google Trends juga memberikan kita alternatif kata kunci yang bisa digunakan di blog. Google Trends menyajikan data apa saja yang orang-orang sedang cari di Google hari ini bahkan beberapa tahun terakhir. Semua bisa dipelajari untuk menentukan jenis kata kunci yang ingin dipakai. Layanan ini dibisa diakses melalui https://www.google.com/trends/.

8. Google+
Sosial media milik Google ini punya peran penting bagi blogger. Postingan yang tertaut dengan G+ akan mendapat posisi lumayan baik dimata mesin pencari Google. Apalagi jika jumlah ++ didalam postingannya semakin banyak, maka Google akan mempertimbangkan untuk muncul di halaman depan mesin pencari. Jadi buatlah postingan Anda semakin banyak tershare di Google+.

Baca tulisan ini jika Anda belum mengaktifkan Google+; Cara Mengaktifkan Akun Google (+) Plus

9. Google Adsense
Layanan Google yang satu ini sangat wajib bagi seorang blogger, apalagi yang memilih menjadi full blogger. Karena dari Google Adsense inilah kita bisa meraup keuntungan dari hanya sekedar bermain blog. Sayangnya, tidak semua blogger bisa merasakan layanan Google yang satu ini.

Baca cara-caranya agar bisa diterima menjadi pengguna Google Adsense disini; Cara Paling Jitu Daftar Google AdSense Agar Diterima. 

10. Google Code
Google Code adalah situs untuk peralatan pengembang, API, dan rujukan teknis Google. Situs ini antara lain berisi dokumentasi cara penggunaan peralatan pengembang dan API Google, termasuk kelompok diskusi dan blog bagi para pengembang aplikasi yang menggunakan produk pengembang Google. Ini untuk tahap yang sudah mahir, wajib hukumnya. Layanan yang satu ini bisa diakses melalui https://code.google.com/.

Sebenarnya ada masih banyak layanan Google yang bisa digunakan dan menunjang kinerja seorang blogger, namun 10 layanan diatas bisa mewakili dari sekian banyak layanan Google. Picasa dan Youtube juga merupakan layanan Google yang tidak bisa lepas dari blog.

Kira-kira agan-agan sekalian sudah menggunakan semua layanan diatas atau belum. Atau bahkan ada layanan lain yang tak kalah lebih penting untuk digunakan. Yuk, diskusi dan masukkanya di kolom komentar. Kami tunggu yah!

Sekian dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi