LintasMe Akan Ditutup, Berubah Jadi 360.ID?

Social Sharing Aggregator atau lasin juga disebut Social Bookmark Lintas.me akan segera ditutup akhir tahun ini. Pemberitahuan itu muncul saat mengakses halaman Lintas.me. Informasi ini tidak akan muncul ketika mengakses halaman Home-nya. Jika mengakses halaman Home, pengunjung akan langsung dialihkan ke Beritagar.ID.


Yah... Lintas.me dibawah kepemilikan PT Lintas Cipta Media (LCM) sekarang bergabung dengan Beritagar.ID. LCM merupakan salah satu anak perusahaan Global Digital Prima (GDP) Venture dibawah payung Merah Putih Inc (Grup Djarum) yang juga ikut mendanai KasKus. Itu artinya, KasKus dengan Beritagar.ID masih satu grup secara tidak langsung, walau beda pemilik dan pengelolah.

Grup Djarum belakangan ini memang getol-getolnya mendanai media online. Bukan hanya beberapa media yang disebut diatas, Kurio juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari grup ini. Media aggregator khusus di smartphone ini juga mendapat suntikan dana oleh Grup Djarum. Kurio dihadirkan untuk menyangingi kekuatan BaBe (Baca Berita).

Kembali ke soal LintasMe.

Mendengar kabar LintasMe akan segera ditutup tentu menyedihkan buat beberapa blogger di Indonesia. Tidak terkecuali BloGooblok. Tidak sedikit trafik yang disumbangkan LintasMe untuk blog ini. Entah dengan pertimbangan apa, LintasMe malah akan dileburkan.

Saat awal-awal muncul, LintasMe bernama LintasBerita.com, kemudian berganti nama di tahun 2011 menjadi Lintas.Me yang konsisten sebagai media aggregator. Dalam perkembangannya, LintasMe melejit bahkan telah melahirkan tiga situs baru yakni Gladis, Gawai dan Otogen.

(Baca: 10 Layanan Google Yang Wajib Bagi Seorang Blogger)

Beberapa aplikasi penunjang buat blogger juga disediakan oleh LintasMe. Salah satunya dipakai oleh BloGooblok, yakni tombol Lintaskan yang dipasang disetiap postingan blog. Dengan harapan, setiap pengunjung mau mengshare tulisan tersebut ke LintasMe.

Impian agar tulisan disubmit ke LintasMe bukan tanpa alasan. LintasMe adalah salah satu (bisa dibilang satu-satu) social bookmark yang konsisten di Indonesia. Peringkatnya di Google cukup tinggi bahkan pengunjungnya setiap hari sangat banyak. Itulah mengapa, LintasMe sangat akrab bagi blogger yang ingin menambah jumlah pengunjungnya.

Walau informasi yang dipasang di situs LintasMe memberitahukan akan adanya penutupan, namun informasi yang diperoleh BloGooblok mengatakan lain. LintasMe tidak akan ditutup permanen, ia hanya berubah nama menjadi 360.ID yang kini sedang disiapkan.

(Baca Juga: Kisah Kuli Panggul Digaji $1.000 Per Bulan oleh Google)

Entah bagaimana model dan sistemnya, apakah akan sama dengan Beritagar.ID yang menggunakan robot dalam menjalankan aksinya atau tetap pada sistem kerja LintasMe. Situs 360.ID saat ini ketika dikunjungi tetap mengarah ke laman Beritagar.ID. Belum ada informasi lebih lanjut soal sosok 360.ID ini.

Sebagai blogger, media aggregator seperti ini cukup membantu. Semoga kedepan akan lahir media-media aggregator lain yang bisa meningkatkan jumlah pembaca. Sembari menunggu 360.ID lahir, tidak ada salahnya untuk merambah Vlog milik Viva. Ini juga media aggregator dengan reputasi yang baik.

Salam blogger dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi