10 Manfaat Menjadi Blogger Yang Wajib Diketahui

image by come wag along
Richard Wheeler si penulis novel fenomenal American West pernah berkata, orang yang menginginkan impiannya menjadi kenyataan, harus menjaga diri agar tidak tertidur. Kata-kata ini mengingatkan kita bahwa apapun yang kita impikan haruslah diupayakan dengan sebaik mungkin.

Tidak ada satupun bidang yang digeluti oleh orang-orang tanpa tujuan yang besar. Bahkan menjadi blogger sekalipun, selalu ada hadiah manis diakhir perjalanannya. Dari kata-kata Richard Wheeler ini juga menyadarkan kita, bahwa segala sesuatu itu punya resiko namun juga menyimpan manfaat.


Saya dalam banyak kesempatan sering bertemu dengan orang-orang yang menaruh minat yang besar kepada dunia blogging. Tapi hanya niat dari mulut. Setelah berjalan satu dua bulan, ternyata si blogger pemula itu redup dan kembali dalam dunianya yang lain.

Ada banyak alasan mengapa kadang seseorang tidak mau melanjutkan kiprahnya di dunia blog. Salah satu penyebabnya karena tidak menemukan alasan kuat mengapa ia harus ngelog. Jika ini yang tidak ada, maka tamatlah riwayat seorang blogger. Olehnya itu, Blogooblok beberapa waktu yang lalu membuat tulisan tentang alasan ini.

(Baca: Mengapa Harus Jadi Blogger?)

Pada tulisan kali ini, Blogooblok akan memperkuat alasan mengapa harus ngelog tersebut dengan menyajikan 10 manfaat yang bisa diraih jika aktif ngeblog. Manfaat ini tentu saja bukan hanya dari pengalaman saya, tapi dari banyak kasus dan orang-orang disekitar saya. Apa saja? Berikut lengkapnya!

1. Menjadi Penulis Yang Hebat
Raditya Dika menghasilkan banyak buku karena ia memulainya dengan menulis. Menulisnya pun tidak langsung kedalam buku, tapi melalui medium blog. Tidak ada yang menyangka Raditya bisa menjadi penulis besar dari coretan-coretan kecilnya di blog.

Semua penulis yang berawal dari blog pasti memulainya dengan terbata-bata. Menulis itu kelihatannya mudah, tapi saat mencobanya akan terasa sulit jika kita tidak terbiasa. Salah satu cara membiasakannya adalah dengan menulis. Wadah paling ideal untuk memulai tentu saja blog. Makin lama mencoba dan belajar, yakin dan percaya kemampuan kita akan bertambah.

Jadi jika Anda punya cita-cita jadi penulis, mulailah dengan membuat blog dan mengisinya dengan tulisan Anda sendiri. Apapun itu. Lama kelamaan kemampuan menulis yang awalnya minim akan bertambah seiring dengan kecintaan kepada dunia tulis menulis.

2. Ngebog Jadi Personal Branding
Salah seorang teman saya di Makassar pernah ditawari oleh salah satu perusahaan besar dibidang tambang karena melihat tulisan-tulisan yang ia unggah di blog pribadinya. Si perusahaan tersebut kagum dengan kemampuan teman saya itu dalam mengolah kata menjadi satu cerita. Singkatnya, ia pun dikontrak selama 3 tahun untuk mengelola majalah internal perusahaan tersebut. Gajinya pun lumayan gede.

Ini adalah contoh kecil dari manfaat blog yang bisa kita dapatkan. Blog akan menjadi personal branding buat si pemiliknya. Di Amerika, 9 dari 10 perusahaan akan melakukan pemeriksaan portofolio calon pelamar di perusahaannya dengan mengikuti jejaknya di dunia online. Salah satu cara agar ini menjadi nilai tambah tentu saja dengan memperbaiki portofolio.

Portofolio yang baik yaaah, blog yang kita kelola. Olehnya itu, sangat rugi seseorang yang ngeblog dengan mengandalkan copy paste tulisan milik orang lain.

(Baca10 Anak Muda Terkaya di 2015 Berkat Teknologi)

3. Membangun Jaringan Pertemanan
Salah satu kelebihan blog adalah jangkauannya yang tidak terbatas. Karena itu, akan dengan mudah bagi seorang blogger untuk membangun jaringan pertemanan tanpa batas. Salah satu pembaca Blogooblok misalnya, pernah mengirim email dan mengaku berada di Thailand, walau dirinya adalah asli Indonesia.

Ini menjadi contoh, blog akan sangat membantu kita membuat jaringan yang baru dan tanpa batas. Apalagi jika pemilik atau pengelola blog tersebut juga orang yang supel, tidak sombong dan mudah bergaul. Dengan jaringan pertemanan yang baik, suatu saat akan membawa manfaat yang sangat besar, salah satunya akan mudah membangun bisnis.

Jadi, jangan pernah remehkan pembaca di blog Anda, usahakan melakukan kunjungan balik agar suatu saat akan tercipta sistem perteman. Saya selalu menghargai orang-orang yang berkunjung ke blog ini dan berkomentar. Akan selalu saya usahakan untuk berkunjung balik dan berkomentar di blognya jika memang menarik.

4. Menjadi Orang yang Berjiwa Sosial
Ditengah kian massifnya penggunaan internet di Indonesia, interaksi seseorang di dunia nyata sedikit banyaknya berkurang. Orang-orang akan lebih senang mengutarakan masalahnya di dunia maya. Kondisi ini membuat banyak orang semakin tertutup, tapi senang mencari solusi di internet.

Blogger yang baik adalah yang selalu memberi manfaat kepada orang lain. Selalu menyajikan solusi dari satu permasalahan, bukan yang malah memberi kesan pesimistis. Blogger yang selalu memberi solusi kepada orang lain secara tidak langsung membentuk dirinya berjiwa sosial.

Bisa dibayangkan misalnya seorang anak gadis yang putus cinta lalu lantas ingin bunuh diri. Jika ia menemukan artikel di internet yang bukannya membuat dirinya tenang, maka niat bunuh dirinya akan segera terlaksana. Beda, misalnya ia menemukan artikel yang menguatkan dirinya, bisa jadi niat bunuh dirinya akan hilang.

5. Menjadi Orang Yang Berpengaruh
Arianna Huffington adalah salah satu contoh nyata di dunia blog yang dari hobbynya menulis menjadikannya orang yang berpengaruh di Amerika. Karena tulisan-tulisannya yang kritis tentang perpolitikan di Amerika kala itu, blog pribadinya The Huffington Post menjadi media yang cukup berpengaruh, hingga akhirnya blog tersebut menjadi media pemberitaan besar.

Contoh lain adalah Linda Ikeji, wanita muda dari Nigeria yang menulis apa saja di blognya yang gratisan hingga membuatnya dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh di negaranya. Mereka semua mendapatkan predikat itu hanya dari hobbynya menulis di blog.

Tidak menutup kemungkinan akan banyak lahir blogger-blogger muda di Indonesia yang menjadi orang berpengaruh hanya dari tulisannya di blog. Salah satu kunci agar semua ini bisa diraih yaitu dengan konsisten dan aktif menulis dari blog.

(BacaWanita Ini Berpenghasilan Rp70 Miliar dari Blog Gratisan)

6. Menjaga Gairah Ingin Belajar
Memilih menjadi blogger tentu saja menetapkan dalam diri bahwa ingin terus belajar. Blogger yang taunya copy paste tidak ubahnya blogger bodoh yang malah menjerumuskan dirinya. Menjadi blogger akan merawat gairah dalam diri untuk terus menerus menimbah ilmu.

Kadang kala saat usia mulai menua, kesombongan atas ilmu yang diraih di bangku kuliah akan semakin menjadi jadi. Tapi, seorang blogger akan terus menerus belajar dan menerapkan ilmu yang dimilikinya.

Misalkan seorang dokter yang ingin menulis tentang ilmunya di blog, ia tentu akan mempelajari bidang lainnya agar apa yang ingin ia sampaikan mampu dipahami oleh pembacanya. Jika seorang dokter bicara dalam bahasa ilmiah, kemungkinan kecil yang paham hanya dari kalangan mereka saja, dan masih banyak contoh lainnya.

7. Tidak Pernah Ketinggalan Jaman
Istilah kudet "Kurang Update" bagi seorang blogger akan sirna, karena blogger yang baik akan terus menerus memperbaharui pengetahuannya akan segala hal. Bidang ilmu apapun saat ini akan terus menerus diperbaharui, olehnya itu blogger juga akan mengikuti perkembangan itu dengan seksama.

Misalnya saja, seorang yang ingin menjadi blogger, mau tidak mau akan mencari referensi bagaimana cara membuat blog yang baik. Jika ia masih menggunakan cara lama tentu akan tertinggal, karena seiring waktu, cara membuat blog terus diperbaharui, menjadi lebih sederhana dan mudah.

Bagi blogger yang menulis artikel membuat blog di blognya pun akan terus memperbaharui pengetahuannya. Itulah mengapa, sangat minim seorang blogger yang baik bisa ketinggalan jaman atau ketinggalan informasi.

8. Menjadi Lebih Kreatif
Blogging is powerful form of self-expression. Ngeblogh itu bentuk terkuat untuk ekspresikan diri. Ini mendorong seseorang menjadi lebih kreatif dari sebelumnya. Selain merawat diri agar tetap bergairah mencari ilmu dan informasi terbaru, seorang blogger juga akan jauh lebih kreatif.

Ada banyak blogger yang bahkan tidak hanya menggeluti dunia tulis menulis, mereka juga memadukan antara dunia tulis dengan audio video. Dan tidak sedikit diantara mereka yang malah meraup popularitas yang tinggi dengan menjadi lebih kreatif di dunia blog.

Contohnya lagi-lagi Raditya Dika atau saudara gokil Dovi dan Jovi. Atau yang tidak kalah hebohnya adalah sepasang kekasaih  Jebraw dan Naya Anindita yang sukses membuat MalesBanget.com berkat ide kreatifnya dari video perjalanan Jalan-Jalan Men!. Dan masih banyak lagi contoh sukses lainnya.

(Baca7 Anak Muda Yang Kaya Raya dari Berinovasi di Internet)

9. Membangun Kepercayaan 
Trust atau kepercayaan adalah hal yang nomor satu dalam dunia bisnis. Begitu pula dalam dunia blog. Anda akan menjadi orang yang disenangi bahkan disegani para pengunjung dunia maya kalau Anda orang yang terpercaya.

Bayangkan, misalnya di blog Anda memuat artikel hasil endorse satu produk. Tapi karena Anda kurang mendapat kepercayaan orang-orang, akan sedikit pembaca yang akan mempercayai tulisan tersebut. Walau mungkin, barang yang di endorse tersebut memang baik. Yang rugi adalah si pemilik produk.

Maka dari itu, seorang blogger yang baik tentu akan mendapatkan kepercayaan oleh para pembacanya pula. Dengan begitu, apapun yang akan dilakukan akan diterima secara suka rela dan mudah. Contohnya saja, suatu saat Anda membangun toko online, karena reputasi yang baik, maka toko online tersebut akan ramai, karena Anda adalah orang yang terpercaya.

(Baca : Ini 10 Bloggers Murni Berpenghasilan Terbesar di Dunia)

10. Ngeblog Bisa Menghasilkan Uang
Ini bukan mimpi. Blog memang bisa menghasilkan uang. Tidak hanya ratusan ribu, bahkan bisa sampai ratusan juta. Tapi, proses ini tidak mudah. Olehnya itu Blogooblok menaruh manfaat ini paling akhir. Karena blogger pemula harus membangun 9 manfaat diatas terlebih dahulu.

Banyak yang bertanya, dari mana seorang blogger bisa menghasilkan uang. Tentu saja jawabannya beragam karena sumber penghasilan di dunia blog sangat banyak walau tidak semuanya menjanjikan. Sebagai seorang blogger, kita juga harus pintar-pintar memilih cara terbaik menghasilkan uang.

Salah satu contoh blogger yang sukses adalah Pat Flynn dari Southern California, Amerika. Penghasilan Fat di 2014 lalu menembus angka 1 juta dollar. Penghasilan itu diraih Fat setelah ia memutuskan berhenti dari pekerjaannya yang enak di 2008 lalu.

(Baca Kisah Lengkapnya : Blogger Ini Menghasilkan 1 Juta Dollar di 2014)

Intinya, tidak ada yang sia-sia jika kita melakukannya dengan baik dan iklas. Apalagi jika didasari oleh niat yang tulus untuk membantu sesama. Memang menjadi blogger membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Apalagi jika memutuskan untuk menjadi full time blogger. Lingkungan tempat kita tinggal masih sering menganggap remeh seorang blogger.

Apalagi jika ditengah-tengah keluarga besar dan ditanya saat ini kerja apa. Menjelaskan bahwa saat ini kita adalah seorang blogger, membutuhkan waktu yang lama dan belum tentu mereka mengerti. Sudah itu, kita akan dibanding-bandingkan dengan keluarga lain yang sudah jadi PNS atau Polisi. Sakitnya tuh dimana-mana!.

Tapi, terlepas dari apapun itu, menjadi blogger tidak mesti harus meninggalkan pekerjaan nyata. Kita bisa mengimbanginya dengan mengisi atau mengupdate blog saat sedang lowong. Pilihan untuk menjadi seorang full time blogger baru Anda putuskan saat benar-benar blog yang Anda bangun sudah besar dan menjanjikan.

10 manfaat menjadi seorang blogger diatas tentu hanya bagian kecil dari banyak manfaat lainnya. Mungkin saja, bagi Anda ada hal lain yang signifikan dari menjadi seorang blogger. Tidak ada salahnya untuk berbagi dengan pembaca lainnya di kolom komentar.

Salam Blogger dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi