7 Tempat Jual Foto Online Paling Keren di Dunia


Ada banyak orang yang sangat suka dengan fotografi, namun kesulitan hidup dari hobbynya tersebut. Hobby foto tanpa penghasilan akan membuat kehidupan semakin seret. Makanya sebagai fotografer, seharunya juga tahu bahwa hasil fotonya tersebut bisa mernilai materi.

Sebenarnya fotografer juga bisa menghasilkan uang dengan cara mengikuti lomba. Tapi lomba tidak selalu ada tiap hari, makanya harus ada alternatif lain. Ini utamanya buat fotografer freelance yang bergantung dari jual beli foto. Nah, kali ini BloGooblok sedikit membahas soal tempat jual foto secara online.

(Baca: Menjadi Pengusaha di Internet, Siapa Takut?)

Tempat-tempat ini juga bisa dijadikan sebagai penyimpanan file foto. Daripada hanya tersimpan rapih di hardisk komputer, lebih baik disimpan secara online dan bisa menghasilkan uang pula. Apa saja tempat jual foto online itu, berikut daftarnya;

1. iStockphoto
iStockphoto adalah situs microstock yang paling tua dan populer di dunia saat ini. Setiap member yang mengupload foto di situs dengan alamat http://istockphoto.com tersebut akan mendapatkan komisi sampai 15 persen untuk setiap foto yang di download oleh pengunjung.

Awalnya, situs ini hanya melayani penjualan foto dan ilustrasi saja. Namun kini sudah merambah ke segmen video singkat dan audio. Setiap masing-masing punya harga yang berbeda. Jika Anda menjadi exclusive contributor pada situs ini, komisi sebesar 45 persen setiap foto Anda di download akan dikirim.

Pembayaran baru akan dikirim ketika penghasilan Anda sudah mencapai $100. Pembayaran bisa melalui cek, PayPal, Money Bookers, desposit langsung ke rekening Anda atau menggunakan kartu kredit Master Card.

2. ShutterStock
ShutterStock juga tak kalah populernya dari iStockphoto. Situs ini bahkan menjanjikan pendapatan lebih besar dari  iStockphoto. Anda bisa mendapatkan penghasilan antara 20 persen sampai 30 persen untuk setiap foto yang di download oleh pengunjung.

ShutterStock juga menyediakan skema pendapatan yang berbeda-beda. Ada yang langganan harian, on demand dan enhanced license. Semakin bagus foto Anda maka akan semakin banyak yang membeli. Dan ingat, foto yang sudah dibeli oleh satu orang tetap akan dijual kepada orang lain. Jadi foto Anda akan dijual berulang kali seterusnya.

ShutterStock ini juga adalah rumah besar bagi design grafis. Gambar-gambar ilustrasi akan mendapat tempat khusus di situs ini. Banyak portal berita di Indonesia menggunakan ShutterStock sebagai tempat membeli gambar ilustrasi. Tunggu apalagi, silahkan buat akun di situs dengan alamat http://shutterstock.com ini.

3. 123rf
Masih tak kalah populernya dengan dua situs microstock diatas. 123rf.com juga surga bagi penggila foto. Komisi yang diberikan bahkan lebih besar yakni mencapai 60 persen dari penjualan satu foto. Harga di situs ini pun ditentukan sendiri oleh pemilik foto, sehingga yang empunya foto bisa mengontor hasil karyanya.

Bukan hanya itu, jika foto Anda diunduh oleh pelanggan yang berlangganan rutin dengan 123rf, pemilik foto juga akan mendapat komisi tambahan sebesar 0,43 persen. Soal cara pembayaran, 123rf juga telah mendukung hampir semua metode pembayaran seperti yang dilakukan oleh iStockphoto.

(Baca Juga: Ini Jenis Bisnis Yang Cocok Bagi Blogger Sangat Pemula)

4. Alamy
Alamy.com adalah situs jual foto online yang paling ramah terhadap pengguna dan member. Situs jual beli foto ini sangat mudah digunakan dengan jumlah member di 173 negara mencapai 36.000 orang. Semuanya fotografer profesional yang bergantung hidup dari jual beli foto.

Alamy juga menawarkan pembagian hasil cukup tinggi, sama dengan sharing frofit yang ditawarkan oleh 123rf, yakni 60 persen. Kelebihnya adalah, situs ini tidak melarang foto yang dijual ditempatnya untuk dijual kembali di tempat lain. Ini menambah nilai plus buat Alamy.

5. Fotolia
Ini adalah salah satu distributor foto terbesar di dunia. Fotolia.com bahkan memiliki miliaran stok foto yang siap dijual kepada siapa saja. Situs ini juga menawarkan pembagian hasil yang menjanjikan antara 20 persen hingga 60 persen untuk setiap foto yang di download oleh pengguna.

Pembayarannya akan berubah ketika yang mendownloan adalah pelanggan tetap. Pemilik foto akan mendapatkan komisi $0.25 sampai $0.40 tiap foto yang di download. Pelanggan tetap situs ini sangat banyak dan tersebar di berbagai negara. Jadi satu foto yang Anda upload ke situs ini bisa di download ratusan kali oleh pelanggan.

6. BigStockPhoto
Seperti namanya, BigStockPhoto memang menawarkan pembagian hasil yang sangat besar. Selain jumlah foto yang dijual ditempat ini sangat banyak, harga yang diberikan saat satu foto berhasil terjual juga cukup besar. Anda bisa mendapatkan royalti $0.50 hingga $1.00.

Tetapi royalti tersebut akan menjadi spesial jika foto anda digunakan untuk suatu produk tertentu. Anda bisa mendapatkan $60 per foto. Keuntungan dari BigStockPhoto karena telah banyak menjalin kerjasama dengan brand-brand besar di dunia, sehingga sangat mudah mendapatkan penghasilan besar.

7. Ayofoto
Sebagai warga negara yang baik, kita juga tetap harus bangga dengan karya anak bangsa. Nah, salah satu dari daftar 7 tempat jual beli foto secara online yang tak kalah kerennya adalah situs microstock dari Indonesia. Namanya, Ayofoto.com. Situs ini sudah berdiri sejak 2005 lalu.

Situs ini juga membagi penghasilannya kepada member yang terdaftar jika fotonya di download oleh orang. Namun, jika ingin penghasilan lebih besar, member harus mendaftar sebagai member premium. Satu foto di situs ini dijual dari kisaran harga Rp2.000 sampai Rp300.000 per foto.

Pembayarannya pun bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya yang paling mudah adalah menggunakan pulsa. Pulsa ini nantinya dikomversi kedalam mata uang yang bisa dibagi dengan member. Tidak kalah kerennya dengan situs lain, Ayofoto dalam sebulan bisa menjual 300.000 hingga 400.000 foto, dengan jumlah member saat ini mencapai 90.000 orang.

Gimana gan!
Tertarik dengan jual beli foto secara online. Salah satu yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis ini adalah kualitas dari image atau foto yang di upload. Ini akan menentukan pula seberapa populer foto Anda nantinya. Dengan begitu, foto Anda akan sering dibeli oleh orang-orang.

Oh iya, dengan mengupload foto ditempat ini jangan takut ada yang mencurinya. Setiap foto akan diberi watermark jika dibuka dengan cara bisa. Sehingga tidak semua bisa melihat aslinya. Foto yang diupload juga tidak bisa di-download begitu saja. Untuk men-downloadnya Anda harus membayar dulu.

(Baca: 5 Fakta Bisnis Online Yang Harus Anda Ketahui)

Daftar diatas hanya bagian kecil dari tempat-tempat jual beli foto yang jumlahnya sangat banyak di dunia. Walau hanya tujuh yang ditulis disini, namun satu saja yang difokuskan, maka hasilnya akan luar bisa.

Sekian dulu infonya, semoga bermanfaat dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi