Cara Mendaftarkan Blog ke Google News

Google News adalah layanan berita milik Google yang awalnya hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Namun seiring waktu, Google News juga sudah tersedia dalam berbagai bahasa termasuk Indonesia. Pada situs ini fasilitas pencarian tetap disertakan, tentunya untuk memudahkan pengunjung untuk mengakses konten khusus berita.

Jika Anda belum pernah berkunjung ke laman Google News, silahkan kunjungi laman berikut https://news.google.co.id/.

Berharap blog kita nampang di Google News adalah impian banyak blogger. Dengan tampil di Google News, trafik organik akan terus berdatangan. Orang-orang berkunjung ke laman ini akan dengan mudah mendapatkan update dari blog kita. Dengan hadir di Google News persaingan di mesin pencari akan sedikit berkurang dibanding Google Search.

Dulunya banyak yang kesulitan untuk mendaftarkan blog pribadinya ke Google News, selain karena syarat yang ditetapkan Google memang cukup berat, pengelola blog juga diwajibkan untuk melakukan update secara berkala, minimal update enam artikel setiap hari.

Tapi belakangan ini, Google News sedikit membuka peluang bagi blog pribadi untuk bisa mendaftar. Syarat utamanya hanya dengan memiliki blog TLD (Top Level Domain). Tidak harus menganut segmen berita. Minimal memuat tutorial dan info-info bermanfaat. Intinya bukan blog untuk curhat-curhatan.

(Baca: Cara Mengganti Domain Blogspot Jadi .COM)

Syarat teknis lainya adalah, blog sudah harus terverifikasi di Webmaster Tools milik Google. Karena untuk mendaftar, syarat ini mutlak dipenuhi.

Jika blog Anda termasuk dalam kualifikasi diatas, maka tidak ada salahnya mendaftar ke Google News. Berikut ini langkah-langkahnya:
  • Pertama-tama kunjungi laman ini. Klik Disini
  • Pada laman tersebut akan muncul blog Anda. Jika Anda punya blog lebih dari satu blog dalam satu akun maka akan muncul semunya. Pilih yang ingin Anda daftarkan ke Google News dan klik Request Inclusion in Google News. Perhatikan pada bagian Ownership apakah blog Anda sudah terverifikasi atau belum. Jika belum verifikasi di Webmaster Tools. 
  • Selanjutkan akan muncul form yang harus Anda isi dengan baik sesuai data blog Anda. Isi semua dan sebelum berakhir jangan lupa untuk mencentang dibagian By checking this box,... lalu klik Submit. Akan muncul pemberitahuan kalau permohonan Anda sudah dikirim, silahkan klik Cancel untuk menambahkan blog lainnya. 

  • Butuh waktu beberapa saat hingga akhirnya blog Anda akan nampang di Google News. Untuk membutikan Anda diterima sebagai penerbit di Google News, ketiklah URL blog Anda di Google News. Akan muncul seperti gambar berikut jika pendaftaran Anda baru dilakukan. 

Mudah bukan!

(Baca Juga: Kunci Menghasilkan Ribuan Dollar dari Google Adsense)

Dengan bergabung bersama Google News, ditambah lagi dengan blog Anda aktif di Google Adsense, kemungkinan besar penghasilan Anda akan semakin besar. Tugas selanjutnya yang susah-susah gampang adalah merawat blog dengan cara mengupdatenya setiap hari. Ingin, minimal enam tulisan setiap hari.

Selama mencoba dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi