Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

Hingga saat ini situs nomor satu di dunia masih berada di tangan Google.com bahkan untuk di Indonesia, Google.co.id juga menempel di urutan kedua. Baru setelah itu deretan situs-situs lainnya menyusul, seperti Facebook, Twitter dan lain-lainnya. Fakta inilah yang tidak boleh disepelekan oleh blogger atau webmaster.

Oleh karena itu, hampir semua fasilitas Google seharusnya kita berdayakan. Salah satu yang paling penting adalah layanan Webmaster Tools milik Google. Layanan ini tidak hanya bisa digunakan oleh blogger yang menggunakan CMS blogspot, tapi bisa juga digunakan oleh CMS lain semisal Wordpress.

Sebelumnya, Blogooblok sudah membuat ulasan tentang cara mendaftarkan blog Wordpress ke Google Analytics, selain Google Analytics, Webmaster Tools juga wajib digunakan oleh seorang blogger. Selain untuk melihat data-data penunjang, webmaster tools juga memberi kita kemudahan untuk mempercepat robot Google melakukan index blog atau situs kita.

(Baca: Cara Mendaftarkan Blog Wordpress ke Google Analytics)

Pada tulisan terdahulu, Blogooblok sebenarnya sudah membuat tulisan tentang cara ini, namun saat itu khusus untuk Blogspot. Pada dasarnya, cara ini tidak jauh berbeda, paling perbedaannya pada cara verifikasi blog saja. Tapi tidak jadi masalah, kita membahasnya kembali dalam postingan ini.

(Baca: Cara Menggunakan Webmaster Tools)

Lalu bagaimana cara mendaftarkan blog Wordpress ke Google Webmaster Tools? Yuk, disimak!

  • Pertama-tama, kunjungi laman https://www.google.com/webmasters/tools/ atau cari di Google atau klik disini
  • Saat berhasil masuk ke lamannya, maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut. 
  • Pada form isian yang bertanda merah diatas, silahkan masukkan nama blog Wordpress yang ingin Anda daftarkan, lalu klik "Tambahkan Properti"
  • Jika berhasil maka akan muncul gambar seperti dibawah ini. Ini adalah laman untuk melakukan verifikasi kepemilikan. Googla hanya ingin memastikan bahwa Anda adalah pemilik sah blog tersebut. Ada pilihan yang diberikan oleh Google, ada metode yang disarankan dan ada metode alternatif. Jika Anda sebelumnya sudah mendaftar ke Google Analytics dan muncul tulisan seperti gambar berikut "Disarankan: Google Analytic" maka langsung saja mengklik Verifikasi. 
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools
  • Namun jika ingin menggunakan cara manual, maka pilihlah metode alternatif. Dalam tab ini ada empat pilihan yang disediakan. Silahkan dipilih sesuai kemampuan. Namun yang paling banyak digunakan oleh orang-orang adalah metode Tag HTML. Silahkan mengcopy script yang diberikan kedalam blog Anda. Taruh tepat diatas kode </head> pada blog Anda. Jika sudah, klik tombol Verifikasi. 
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools
  • Jika berhasil, maka tampilannya akan seperti gambar berikut. 
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

Selanjutnya, silahkan menggunakan Google Webmaster Tools sesuka hati. Biasanya kalau pendaftaran baru, mereka akan mengirimkan pesan khusus yang berisi lima hal yang harus Anda lakukan pertama kali. Dari lima perintah yang diminta tersebut, poin nomor lima adalah yang paling penting dilakukan, yakni mengirimkan peta situs atau sitemap.

(Baca Juga: Submit Banyak Sitemap Sekaligus ke Google Webmaster Tools)

Dengan mengirimkan sitemap ke Google Webmaster Tools maka secara tidak langsung mempercepat proses crawl atau perayapan situs oleh robot Google. Caranya dengan mengklik tombol berwarna merah di pojok kanan atas yang bertuliskan "Tambahkan/Uji Peta Situs". Setelah itu masukkan alamat feed blog Anda. Kalau pengguna Wordpress sisa menambahkan kata feed dikotak isiannya, seperti gambar berikut.
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

Jika semua proses telah dilakukan, silahkan menunggu. Tapi jangan pikir hasilnya akan langsung keluar. Butuh waktu kurang lebih dua minggu hingga akhirnya Google Webmaster Tools membuat daftar parameter-parameter blog Anda. Jadi, sembari menunggu, usahakan untuk terus melakukan update di blog Anda.

Sekian dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi