Cara Mengetahui Video Youtube Paling Populer

Tidak dipungkiri lagi, fenomena situs berbagi video Youtube telah menjadi bagian dalam kehidupan hampir setiap orang di dunia, bahkan di Indonesia. Tidak sedikit yang mendapatkan keuntungan besar dari hanya sekedar mengunggah video di situs milik Google tersebut.

Awal 2013 lalu Indonesia sempat dihebohkan dengan munculnya istilah artis Youtube yang tiba-tiba melejit namun kemudian redup kembali. Atau kisah sukses para pembuat video yang mendapatkan gaji bulanan dari Google dengan jumlah yang super gede.

Untuk dalam negeri, sebut saja Comika Raditya Dika yang bahkan jumlah subscribe kanalnya telah menembus angka jutaan orang, atau duo Dovi dan Jovi dengan kanal skinnyindonesian24 miliknya yang sedang happening. Satu lagi yang terbilang sukses dalam dunia video Youtube di Indonesia adalah kanal Wachtdoc milik Danny Laksono.

Mereka adalah Youtubers (sebutan buat para pembuat video di Youtube) dalam negeri yang penghasilannya cukup menggiurkan. Sebenarnya masih banyak lagi Youtbers dalam negeri lainnya yang punya pundi-pundi besar dan video yang mereka unggah selalu populer.

(Baca: Ini Jenis Video Yang Paling Banyak Ditonton di YouTube)

Pertanyaan kemudian, mengapa video yang mereka unggah selalu populer di Youtube. Jawabannya, tentu saja karena mereka original dan unik. Pastilah masih ada hal lain yang mereka lakukan sehingga videonya selalu populer. Lebih jauh soal bagaimana membuat sebuah video itu populer akan ditulis dikemudian hari.

Saat ini Blogooblok hanya ingin berbagi, cara mengetahui video Youtube yang sedang populer di dunia dan Indonesia, dalam sehari penuh atau yang sedang berlangsung saat ini. Informasi video populer ini sangat penting apalagi bagi mereka yang sedang membangun strategi mendistribusikan video Youtube-nya.

Tanpa cingcong lagi, yuk disimak!

Hampir sama dengan Google, Youtube juga menyediakan layanan bagi penggunanya untuk mengetahui apa saja yang sedang populer dilihat atau diperbincangkan orang-orang. Berikut adalah layanan yang disediakan Youtube bagi para penggunanya yang kepo soal video populer.

1. YouTube Spotlight
Yang pertama adalah YouTube Spotlight. Untuk melihatnya bisa dengan mengunjungi link berikut https://www.youtube.com/user/YouTube atau mencarinya di form pencarian Youtube dengan mengetikkan kata YouTube Spotlight. Layanan ini memberikan kita gambaran video apa saya yang sedang populer di dunia saat ini selama satu hari penuh.

Ada banyak informasi video-video populer di YouTube Spotlight. Mulai dari makanan, fashion hingga musik yang paling populer seminggu terakhir akan disajikan di tempat ini.

2. Youtube Trend Dashboard
Layanan yang satu ini bisa dibilang cukup komplit. Untuk menggunakannya hanya bisa dengan link ini https://www.youtube.com/trendsdashboard. Anda tidak akan menemukan layanan ini jika hanya mencarinya di kotak pencarian Youtube.

Youtube Trend Dashboard memberikan kita informasi tentang video apa saja yang sedang populer di satu negara. Bahkan kita bisa pilah-pilah sesuai kategori umur, dari anak-anak hingga dewasa. Tidak hanya itu, hingga jenis kelamin pun masih mampu dibaca oleh Youtube Trend Dashboard.

Jika memilih kategori masing-masing, kita bisa melihat misalnya di Indonesia, kaum perempuan antara usia 18 hingga 24 tahun sedang senang-senangnya menonton video" Young Sister Hot Romance Step Brother" dari India. Video hot yang sedikit vulgar. Bahkan penontonnya hingga 18 Oktober 2015 telah mencapai 3,073,015 views.

Dalam layanan ini pula, Youtube memberi kita ruang untuk melakukan komparasi antara satu negara dengan neraga lain. Jadi kita bisa menampilkan secara bersamaan, video apa saja yang sedang populer di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Ini memberi kita informasi baru bahwa jenis video demikianlah yang sedang disenangi saat ini.

3. #PopularOnYouTube dan #PopularOnYouTubeIndonesia
Dulunya layanan ini disebut dengan istilah Youtube Chart namun saat ini diganti dengan istilah popular (populer). Anda bisa mencari video apa saja yang sedang populer di Youtube saat ini juga dengan mengunjungi kanal #PopularOnYouTube. Itu untuk skala dunia. Khusus untuk Indonesia silahkan kunjungi #PopularOnYouTubeIndonesia.

Dalam layanan ini, Youtube akan memberikan kita informasi video apa saja yang sedang populer di Indonesia saat ini. Lima video paling atas merupakan video campuran, dibawahnya dibagi dalam tiap-tiap kategori. Jadi bagi Youtubers bisa mengecek, apa saja yang sedang populer di Youtube.

Dengan mengetahui apa saja yang sedang populer, bagi pembuat konten video akan mulai memikirkan video apa saja yang akan diproduksinya. Sehingga saat tayang di Youtube bisa dilirik oleh banyak penonton. Walau begitu, salah satu kunci utama kesuksesan seorang Youtubers adalah distribusi yang baik di sosial media.

(Baca: Cara Mudah Memasang Iklan Google Adsense di Youtube).

Bagi kamu-kamu yang hingga hari ini belum juga membuat video dan menghasilkan uang darinya, sangat disayangkan. Karena kedepannya, orang-orang akan lebih senang menonton ketimbang membaca. Ladang uang di Youtube itu masih sangat besar dan menjanjikan. So, let's check it out.



(Baca Juga: Cara Benar Upload Video dengan Tautan Iklan di Youtube)

Semoga bermanfaat dan Jangan Lupa Bahagia Sob!  
+Wisa Rahardi