8 Hal Yang Wajib Dikerjakan Agar Blog Cepat Terkenal

Menjadi seorang blogger yang terkenal adalah dambaan semua orang. Blog yang dikelola bisa dikerumuni oleh orang-orang dalam satu waktu dengan jumlah yang besar, siapa yang tidak mau? Blogooblok tentu saja orang yang paling pertama mengacukan tangan jika ditanya hal seperti itu.

Walau menjadi impian semua orang, tidak semua blogger ternyara bisa meraihnya. Hanya blogger-blogger tertentu saja yang bisa menikmati buah dari kepopuleran tersebut. Lalu, beberapa orang bertanya, apa yang dilakukan blogger-blogger keren itu sehingga terkenal dan selalu dikerumuni pengunjung.


Mungkin diantara teman-teman blogger masih ada yang yakin kalau istilah "Content Is The King" adalah yang utama. Itu memang tidak salah, tapi, ibarat satu kerajaan, King atau Raja saja tidak cukup, harus ada Queen atau Ratunya, maka jargon "Distribution Is The Queen" pun sangat relevan dengan situasi kekinian.



Di jaman serba sosial media saat ini, orang-orang dengan niat khusus saja yang akan mengunjungi blog kita kalau tidak didistribusikan dengan baik. Jadi, tidak cukup hanya upload tulisan di blog lalu menunggu ada pengunjung kesasar. Saatnya, informasi itu kita distribusikan dengan baik, agar orang-orang bisa datang.

Apalagi kalau blog yang dikelola menganut konsep yang umum yang sudah banyak ditekuni blogger-blogger lainnya. Itu butuh kerjaan luar biasa agar bisa cepat terkenal. Nah, kali ini Blogooblok akan memberi sedikit masukan agar blog yang kita kelola bisa cepat melejit, utamanya di content delivery. Apa saja yang harus dilakukan, disimak yah:

1. Delivery atau Distribusi
Karena data menunjukkan pengguna sosial media di Indonesia sangat besar, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah konsentrasi pendistribusian konten di sosial media. Facebook dengan jumlah pengguna terbesar harus menjadi prioritas utama. Saat sudah mengupdate blog, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengsharenya.

Intinya, blog yang terkenal akan selalu berada dimana-mana dan mudah ditemukan oleh pembaca. Selain harus memiliki tampilan yang user friendly, layanan yang disediakan juga membuat nyaman pengunjung. Satu hal yang tidak boleh disepelekan dalam delivery konten adalah mengukuti trend yang dipakai oleh pengakses. Blogger yang baik akan mempelajarinya secara seksama.

(Baca: Share Otomatis Postingan Blog ke Twitter Via FeedBurner)

2. Berebut Pasar
Seperti yang dikatakan sebelumnya, saat ini jamannya informasi yang menghampiri pembaca. Bukanlagi pembaca yang setengah mati mencari informasi. Olehnya itu, hal yang harus dilakukan adalah berebut pasar. Salah satu cara merebut pasar adalah dengan melakukan promosi. Bisa promosi berbayar bisa juga gratisan.

Tentu ada hal yang harus dikorbankan, tapi hal ini penting agar pengunjung blog tetap terjaga dengan baik. Selain bisa menggunakan Facebook untuk merebut pasar potensial, blogger juga bisa menggunakan alternatif lain seperti forum atau menggunakan media agregator, seperti Vlog dan lain-lainnya. Intinya, berebut pasar berarti mencari pembaca.

(Baca: Cara Share Postingan Otomatis Kebanyak Sosial Media)

3. Buat Konten Yang Berbeda
Menjadi unik dan lain dari yang lain tidak selalu bernilai buruk jika di dunia maya. Malah sebaliknya, akan menjadi sesuatu yang menjanjikan. Olehnya itu, seorang blogger jika ingin cepat terkenal juga harus membuat konten yang unik dan berbeda dengan blogger lainnya. Bisa saja, tema yang diangkat sama tapi cara penyajiannya jauh berbeda. Seperti Blogooblok ini. :)

Setelah membuat konten yang berbeda, maka ujung-ujungnya nilai konten yang dibuat tersebut akan menjadi penting lalu akan dinilai menarik. Semakin lama membuat konten berbeda, maka jumlahnya juga akan bertambah banyak, semakin pula trafik yang akan kita peroleh, karena orang-orang hanya akan datang terus menerus ke blog yang kita kelola.

(Baca: Ini Penghasilan 15 Media Online Terbesar di Indonesia)

4. Membuat Target Pembaca
Kalau yang satu ini, saya rasa semua blogger sudah mengetahuinya. Sebelum sebuah blog dibuat dan dikembangkan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menarget siapa yang akan menjadi pembaca utamanya. Dalam dunia blog, hal ini biasa disebut pula blog niche.

Kita harus bisa mengklasifikasi, siapa pembaca kita nantinya, sasarannya lokal, nasional atau secara global. Begitu pula isu apa yang akan diusung dalam blog tersebut. Hal ini akan membuat pembaca lebih cepat mengerti dan menemukan blog kita karena sudah ditata dengan baik.

(Baca: 10 Layanan Google Yang Wajib Bagi Seorang Blogger)

5. Mengoptimalkan Data Measure
Seorang blogger yang punya target yang baik, tujuan yang jelas akan juga mengoptimalkan tingkat analisa data. Data-data apa saja yang penting buat seorang blogger. Tentu saja data Google Analytics, Alexa, Comscore dan Effective Measure lainnya akan menjadi penting.

Dengan mengukur data-data yang dihasilkan lalu mengoptimalkannya, kita bisa melihat hal lain yang mungkin selama ini tidak kita maksimalkan. Misalnya, ternyata dari data tersebut jumlah pembaca kita di versi mobile terbilang tinggi, tapi blog yang kita kelola tidak responsive atau malah tidak punya versi mobile. Ini bisa ancaman buat blog kita.

(Baca: 10 Kriteria Blog Yang Paling Disukai Google)

6. Jadilah Pemimpin
Berani tampil beda, tentu adalah pilihan yang sulit, karena harus membangun sesuatu yang belum tentu diterima oleh orang-orang. Namun, jika sukses dengan jalan tersebut, itu akan menggiring kita menjadi seorang leader atau pemimpin di segmen yang kita ciptakan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah berani mencoba dan kreatif. Kadang pula menggunakan pola ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) sekalik-kali. Yang tidak kalah pentingnya pula adalah menggunakan kampanye online sekaligus offline agar lebih maksimal.

(Baca: 5 Fakta Bisnis Online Yang Harus Anda Ketahui)

7. Jangan Berpikir Semua Bisa Dikerjakan Sendiri
Semakin besar satu blog maka tantangannya juga semakin berat. Jika blog yang kita kelola masih menampung pengunjung dibawah 10.000 orang dalam sehari, mungkin masih bisa dikerjakan sendiri. Tapi bagaimana jika jumlahnya sudah diatas itu, apalagi mencapai jutaan. Tentu melakukannya sendiri akan terasa berat.

Maka tidak heran kalau ada satu blog yang sudah punya nama, juga telah memiliki beberapa tim. Hal ini karena untuk membuat satu blog cepat melejit tidak akan mudah dilakukan jika hanya sendiri. Bentuklah tim dan buat mereka mengerjakan semuanya secara bersama-sama.

(Baca: 5 Alasan Mengapa Blogger Kadang Malas Ngebog)

8. Shareable
Hal ini mungkin yang paling berat dilakukan oleh seorang blogger. Karena tidak semua konten yang dibuat bisa shareable atau punya daya tarik untuk dishare orang-orang. Blogooblok sendiri, dari sekian ratusan artikel yang telah dibuat, bisa dihitung jari beberapa artikel yang benar-benar shareable.

Mengapa seorang blogger harus memikirkan konten yang shareable? karena artikel yang shareable akan membantu blog kita mendapatkan trafik yang tinggi. Biasanya artikel shareable, akan menjadi viral disosial media. Membuat artikel semacam ini memang susah-susah gampang, lebih mudah membuat artikel yang clickable.

(Baca: Enam Jenis Blog Yang Harus Anda Ketahui)

Nah.. itulah, 8 hal yang wajib dilakukan seorang blogger kalau mau blognya cepat terkenal. Memang, tidak mesti melakukan semuanya sekaligus, tapi jika hal itu bisa dilakukan akan jauh lebih baik. Kalau teman-teman punya hal lain yang bisa dishare, silahkan bercuap-cuap dikolom komentar.

Salam Blogger dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi