9 Cara Meningkatkan Trafik Blog Secara Alami

9 Cara Meningkatkan Trafik Blog Secara Alami


Banyak blogger menempuh cara tidak sehat untuk meningkatkan trafik atau pengunjung blognya. Salah satu yang paling sering digunakan dengan melakukan spam. Disatu sisi, hal ini akan merugikan diri sendiri, disisi lain, tujuan untuk mendapatkan pengakuan sebagai blogger bermartabat tidak akan diraih dengan mudah.

Padahal, dari sekian banyak hal positif yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan trafik blog, salah satunya bisa kita mulai dari saat membuat konten. Postingan Blogooblok kali ini memang konsentrasi pada cara meningkatkan trafik secara alami dari konten yang kita produksi.


Jika pada artikel sebelumnya, Blogooblok mengatakan "Content is the King and Distribution is the Queen" maka, sebelum melakukan distribusi, hal pertama yang wajib dilakukan adalah perbaikan konten. Dengan memperbaiki konten lebih awal, maka distribusi yang diharapkan akan jauh lebih optimal.

(Baca: 8 Hal Yang Wajib Dikerjakan Agar Blog Cepat Terkenal)

Jenis artikel juga mempunyai peranan besar dalam laris tidaknya satu artikel di dunia maya. Google sebagai pintu masuk paling besar juga punya kriteria khusus untuk memanggil satu artikel. Olehnya itu, seorang blogger yang baik juga jarus paham apa yang diinginkan oleh pembaca.

(Baca: 10 Tipe Artikel Yang Paling Dicari di Internet)

Kali ini, Blogooblok akan berbagi pengetahuan soal hal-hal dasar yang bisa dilakukan seorang blogger atau webmaster dalam mengoptimalkan konten. Hal-hal dasar ini, jika dikerjakan secara konsisten dan baik maka akan mendatangkan trafik yang besar secara alami pula. Inilah yang selama ini diterapkan oleh Blogooblok. Semoga teman-teman semua juga bisa menerapkannya. Apasaja hal-hal itu, lihat dibawah ini:

1. Buat Judul Artikel Yang Menarik
Judul artikel memiliki peranan paling besar laris tidaknya satu artikel tersebut. Jika judulnya saja tidak memberikan ketertarikan untuk membaca, maka jangan harap ada yang mau mengklik dan membaca isinya. Kriteria judul yang baik memang memiliki banyak penjelasan. Namun yang pasti, buatlah judul artikel dengan menautkan kata kunci utama.

Misalnya, yang akan kita sasar adalah kata kunci Bisnis Online, maka dalam judul artikel sudah harus ada kata kunci Bisnis Online, seperti "Inilah Bisnis Online Paling Menjanjikan di Indonesia". Intinya, buat judul yang dibutuhkan orang-orang dan membuat orang lain penasaran.

2. Ciptakan Konten Berkualitas
Konten berkualitas memang punya ideologi tersendiri. Banyak persepsi yang diutarakan seorang blogger tentang kriteria konten berkualitas ini. Namun, pada dasarnya, konten berkualitas adalah konten yang unik dan berbeda dengan yang lainnya. Kalaupun hampir sama, konten yang kita produksi minimal punya kelebihan dari yang lain.

Google juga sangat menyarankan seorang blogger memproduksi konten yang berkualitas. Bahkan untuk menjadi publisher Google Adsense, salah satu syaratnya adalah memuat konten yang berkualitas. Salah satu cara untuk tampil beda dengan yang lain, yaitu membuat konten berdasarkan data dan riset. Hal ini bisa menambah nilai tambah di mata pembaca dan Google.

3. Blog Niche
Banyak blogger pemula yang sering mengeluh karena trafik blognya tidak naik-naik atau tidak diterima oleh publisher misalnya Google Adsense. Salah satu penyebabnya karena blog yang dikelolanya menganut sistem gado-gado. Olehnya itu, alangkah baiknya membuat blog dengan tema yang tunggal atau niche.

Memang tidak selamanya blog niche itu berjaya, ada juga blog atau website yang gado-gado malah terkenal. Blog niche sebenarnya dibutuhkan saat awal-awal membangun image, sehingga kedepannya orang-orang atau bahkan mesin pencari sudah paham dan tahu kita bermain disatu kata kunci utama.

4. Buat Konten Yang Membuat Gambar dan Video
Kadang ini disalah artikan oleh seorang blogger. Dikiranya blog yang baik hanya memuat gambar dan video saja. Bukan itu maksudnya, tapi buatlah artikel yang didalamnya juga memuat gambar dan video. Karena konten yang demikian akan bernilai lebih tinggi dimesin pencari ketimbang hanya artikel saja.

Lebih baik lagi, kalau gambar dan video yang ditautkan kedalam artikel adalah produksi sendiri. Karena jumlah pencari gambar dan video di Google juga cukup tinggi, usahakan saat memuat gambar dan video didalam artikel beri keterangan atau caption yang sesuai dengan kata kunci yang disasar. Video yang dipasang ada baiknya diupload dulu ke Youtube.

5. Buat Artikel dengan Panjang Bervariasi
Ada yang mengira bahwa setiap artikel yang ideal harus panjang. Jadi semua postingan diblog tersebut memuat artikel yang panjang-panjang. Memang hal ini bagus. Tapi akan menyiksa juga pengelolanya. Idealnya adalah memproduksi konten yang panjangnya bervariasi.

Jika kita membuat dua artikel yang pendek, maka usahakan membuat juga dua artikel yang panjang. Karena tidak selamanya artikel yang kita produksi akan memuat banyak kata-kata. Soal berapa jumlah kata yang ideal, sebenarnya tidak ada patokannya, namun jangan juga terlalu sedikit.

6. Update Blog Secara Berkala
Jika niatnya memang mendapat trafik atau kunjungan secara alami dari mesin pencari, maka hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah postingan atau update berkala. Jangan malah posting sekali sebulan atau sekali setahun. Beberapa blogger pernah bertanya, berapa sih idelanya jumlah postingan sehingga disebut berkala.

Kalau Anda tidak sanggup memproduksi artikel satu dalam sehari, yah minimal satu dalam dua hari. Atau paling mentok-mentoknya, satu dalam satu pekan. Tapi alangkah baiknya, kalau artikel yang diproduksi bisa lebih dari satu dalam sehari. Ini akan menambah cepat penetrasi pencarian di mesin pencari. Ingat, banyak artikel sama dengan trafik besar.

7. Buat Tag Keyword yang Penting dan Populer
Kadang kala seorang blogger menyepelekan hal ini saat membuat artikel. Dikiranya, tag dalam sebuah artikel itu tidak penting dan hanya menambah pekerjaan saat mengupload artikel. Padahal, tag itu punya peranan penting dalam mesin pencari semisal Google.

Posisinya sama dengan hastag kalau di Twitter. Jadi jika ingin memiliki banyak trafik yang alami, buatlah tag dengan keyword-keyword yang penting dan populer. Sehingga saat ditelusuri oleh mesin pencari akan dengan mudah dikelompokkan. Jangan malah tidak membuat tag, atau membuat tag tapi tidak populer.

8. Ciptakan Link Building
Banyak blogger karena alasan riber dan malas, malah menyepelekan link building. Padahal ini juga punya peranan penting. Baik itu internal link atau eksternal link. Namun, satu yang perlu dan wajib bagi seorang blogger adalah membangun internal link terlebih dahulu baru menciptakan eksternal link.

Link building sangat besar peranannya untuk mendongkrak SEO. Jika link blog kita tersebar disemua artikel internal, pengunjung yang datang akan mendapat sortcut untuk membuka halaman baru. Begitu pula dengan eksternal link, apalagi jika ditautkan dengan blog atau situs yang populer. Hanya harus diingat, jangan melakukan spam ditempat lain.

9. Membangun Sindikasi dan Cross Content
Ini juga sangat penting untuk membangun pembaca yang alami datang ke blog kita. Hanya saja memang tidak semua orang bisa dan mau melakukan ini. Yaitu membangun sindikasi dan membuat cross content atau konten lintasan. Salah satu cross content yang ideal adalah mengikuti atau bekerjasama dengan media agregator.

Sayangnya di Indonesia tidak terlalu banyak cross content yang terekomendasi. Olehnya itu, salah satu cara paling ideal yang harusnya dilakukan adalah membangun sindikasi. Sindikasi ini akan mendongkrak popularitas bersama dengan teman sindikasi. Memang hal ini butuh komitmen dan kesepakatan diawal. Blogooblok juga sebenarnya membuka diri untuk sindikasi, hanya saja belum ada yang deal.

Sebenarnya masih ada hal lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan trafik alami. Namun 9 hal diatas sudah mewakili semua hal yang harusnya dilakukan agar konten yang kita produksi bisa dengan mudah mendatangkan trafik secara alami ke blog atau website kita.

(Baca Juga: 10 Layanan Google Yang Wajib Bagi Seorang Blogger)

Buat teman-teman yang punya hal lain silahkan menambahkannya dikolom komentar. Semoga bermanfaat dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi