15 Alasan Mengapa Harus Membeli Asus X550ZE

Notebook telah menjadi kebutuhan dasar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini. Bagi seorang blogger, notebook adalah senjata utama yang harus dimiliki. Apalagi buat blogger sekaligus gamers dan aktif memproduksi konten multimedia, kebutuhan untuk notebook jauh lebih besar lagi.

Sayangnya, sangat sedikit notebook yang beredar dipasaran harganya cukup manusiawi bagi kantong gamers. Yang ada notebook dengan spesifikasi mutimedia dan gaming jauh lebih tinggi dari harga notebook biasanya. Bahkan, kadang notebook gaming harganya tiga kali lipat dari harga notebook biasa.

Hal inilah yang ditangkap oleh pabrikan notebook terkenal Asus dan produsen prosesor AMD. Dengan seri notebook terbarunya, Asus X550ZE mereka masuk ke pasar yang ideal dengan harga murah tapi kemampuan luar biasa.


Sebelum lebih jauh membahas alasan mengapa harus membeli notebook Asus X550ZE ini, ada baiknya mengenal dulu dua varian yang ditawarkan oleh Asus dan AMD.

Pada Seri X ini, Asus X550ZE hadir dengan dua varian yang bentuknya sama namun mampu dibedakan melalui prosesor yang mereka gunakan. Yang pertama  Asus X550ZE dengan AMD APU A10-7400P dan AMD APU FX-7600P. Soal perbedaan keduanya, akan dibahas pada kelebihan masing-masing.

Lalu apa kelebihan Asus X550ZE utamanya bagi penggila games? Berikut Blogooblok memberikan kamu 15 alasan mengapa harus membeli Asus X550ZE ;

1. Menggunakan Prosesor Yang Garang
Hal pertama yang harus diperhatikan pada Asus Seri X ini adalah penggunaan prosesor yang mumpuni. Seperti disebutkan sebelumnya, dua tipe Asus X550ZE dibedakan oleh penggunaan prosesor. Ada yang menggunakan AMD APU A10-7400P dan ada yang menggunakan AMD APU FX-7600P.


AMD APU A10-7400P adalah prosesor berbasis arsitektur Kaveri yang terdiri atas 10 Compute Core yang artinya sama saja dengan kekuatan 4CPU ditambah 6 GPU dengan kecepatan clock prosessor 2,5GHz. Kecepatan ini masih bisa didongkrak hingga mencapai 3,4GHz saat mode Turbo aktif.

Dengan penambahan itu performa notebook akan terasa jauh lebih kencang. Apalagi jika disaat yang bersamaan sedang menjalankan berbagai aplikasi dan game. Tipe ini juga didukung oleh kartu grafis Radeon R7-M265DX yang mendukung Dual Graphic.

Ini tentunya sangat bermanfaat untuk mendongkrak performa notebook saat menjalankan pekerjaan yang membutuhkan pengolahan grafis yang intensif.

Dengan spesifikasi seperti ini, jangan khawatir kalau sedang melakukan penyuntingan foto, video, desain grafis, browsing sambil melakukan tugas lainnya. Game-game 3D pun masih bisa dilahap dengan baik melalui AMD APU A10-7400P ini.

Sedangkan untuk AMD APU FX-7600P, lebih garang lagi. Prosesor ini memiliki kecepatan dan akselerasi paling tinggi dari generasi AMD APU Mobile yang pernah ada.

AMD APU FX-7600P adalah APU mobile Kaveri yang telah menggagas teknologi hingga 12 Compute Core, yang terdiri atas gabungan antara 4 CPU core ditambah 8 GPU core. Dimana tipe ini sudah memiliki kecepatan clock mulai dari 2,7GHz hingga mencapai 3,6GHz saat Turbo Boost aktif.

Jadi, akselerasi prosesor tipe ini jauh lebih baik dari tipe sebelumnya. Itu artinya kualitas prosessor dan grafis yang tinggi akan memudahkan untuk berbagai pekerjaan.

Soal gaming pastilah dilahap, begitupun dengan berbagai aplikasi-aplikasi berat seperti desain grafis, programming, desain objek 3D, sunting video, ilustrasi foto dan lain-lain sebagainya. Tak perlu khawatir, notebook ini tidak akan tersedak di tengah jalan.

2. Memiliki Layar Yang Lebar

Bagi seorang gamers atau desain grafis, layar lebar sebuah notebook sangatlah penting. Itu karena, akan membuat mata menjadi lebih leluasa mengamati hal-hal detail. Untuk kedua tipe Asus X550ZE ini, sama-sama mengusung layar yang cukup lebar, yakni 15,6 inci.

Layar tersebut masing-masing memiliki resolusi yang cukup tinggi, 1366 x 768 dan HD. Keduanya juga mampu menghadirkan tampilan layar jernih untuk berbagai keperluan mulai gaming hingga menonton hiburan multimedia. Pokoknya puaslah untuk melihatnya terus menerus.

3. Berbobot Cukup Ringan
Dengan lebar layar 15,6 inci, Asus X550ZE ini mampu memaksimalkan beratnya hanya 2,26 kg. Masih jauh lebih ringan jika dibandingan dengan produk serupa dikelas yang sama. Berat Asus X550ZE ini cukup ideal untuk dibawa kemana-mana dalam berbagai macam keperluan.

4. Desain Yang Mewah dan Tanpak Elegan
Kadang seseorang membeli notebook karena desain dan tampilan yang memukau. Hal ini juga menjadi perhatian serius Asus X550ZE. Seluruh bodi Asus X550ZE berbahan dasar plastik, namun jangan heran kalau tampilannya begitu elegan dengan kesan logam yang cukup terasa.

Notebook ini dirancang dengan sangat bergaya. Desain cover ber-finishing spin-line saat diperhatikan secara detail memiliki tekstur bulat (melingkar). Dimulai dari bulatan kecil di bagian tengah cover, kemudian terus menerus membesar hingga ke pinggiran bodi laptop.

Tekstur tersebut menyelimuti semua bagian Asus X550ZE sehingga terkesan ada unsur premium secara tampilan. Olehnya, notebook ini bisa digunakan diberbagai kesempatan dengan sedikit rasa bangga karena terkesan elegan.

5. Port dan Konektivitasnya Yang Memukau
Asus X550ZE ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang memukau. Di bagian kirinya, ada lubang exhauts, analog VGA port, HDMI port, RJ45 Network port dengan model spoiled, serta 2 buah USB 3.0 port dan Combo Audio port.

Sedangkan dibagian kanannya terdapat Optical Disk Drive (ODD) area dan sebuah tambahan USB 2.0 port dan juga port charger.

Salah satu yang mencuri perhatian dari port yang disediakan Asus X550ZE ini adalah USB 3.0 yang disediakan sebanyak dua port. USB 3.0 ini memiliki kecepatan penyalur data lebih cepat 10 kali lipat dari USB 2.0.

Artinya kita bisa melakukan transfer data jauh lebih singkat dari biasanya. Misalnya, mau memindahkan data berupa film dengan kapasitas 25 GB berkualitas Blu-ray pula, hanya membutuhkan waktu 70 detik jika menggunakan USB 3.0 ini. Keren kan!

Fitur lain yang disediakan adalah indikator pada bagian depan. Disini terdapat beberapa LED berwarna hijau antara lain untuk  power indicator, battery indicator, HDD activity, Wireless, Num-lock dan Caps lock indicator. Semua fitur itu akan memudahkan pengguna untuk memantau keadaan laptop.

6. Punya Teknologi Super Keren Bernama Splendid
Asus X550ZE tidak hanya unggul dari lebar layar. Produk ini juga punya fitur bernama Splendid Technology. Teknologi ini mampu meningkatkan kualitas gambar dengan mereproduksi warna menjadi lebih kaya.

Di dalam teknologi tersebut juga tertanam beberapa utilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna, untuk memaksimalkan kualitas tampilan layar. Sejumlah utilitas itu antara lain, normal mode, theater mode, vivid mode dan manual mode. Splendid ini sangat membantu untuk keperluan game dan multimedia.


7. Laptop Dapat Diaktifkan Dalam 2 Detik
Dalam produk ini, Asus menanamkan fitur bernama Instant On. Instant On ini memungkinkan penggunanya untuk mengaktifkan laptop hanya dalam waktu 2 detik dari kondisi standby.

Fitur ini juga memungkinkan notebook untuk secara otomatis menyimpan data-data ketika laptop telah berada dalam masa kritis atau low battery. Nantinya, file akan secara langsung tersimpan manakala indikator baterai telah menunjukan angka di bawah 5 persen.

8. Memiliki SonicMaster
Asus X550ZE dilengkapi dengan sound speaker keren dengan teknologi SonicMaster tertanam didalamnya. Teknologi ini mampu membuat speaker X550ZE sangat jernih, kuat, padat dan tidak pecah bahkan disaat volume mencapai batas maksimal.

SonicMaster memiliki enam mode setelan, yakni music mode, recording mode, movie mode, gaming mode, speech mode dan mode off. Mode off ini turut andil membuat Asus X550ZE bisa mengeluarkan dentuman suara yang memikat telinga.

Kualitas suara yang mumpuni pada teknologi Asus SonicMaster ini tidak hanya berguna untuk sekadar memutar lagu atau film saja, namun saat bermain game. User experience yang dirasakan pengguna akan lebih mengasyikan dan menambah keseruan saat bermain game dengan suara yang maksimal.

9. Punya Teknologi Peredam Panas
Asus menyematkan teknologi IceCool di seri X ini. Teknologi sistem pendingin mesin prosesor tersebut sangat berguna untuk membuat pengguna betah berlama-lama saat menggunakan laptop.

IceCool membuat area palm rest atau tempat menempatkan telapak tangan dibawah papan keyboard tetap memiliki suhu yang normal meski laptop digunakan dalam waktu yang lama. Teknologi tersebut dibuat khusus agar tidak menimbulkan kondisi panas berlebih.

Cara kerja IceCool yakni dengan menjaga suhu notebook tetap stabil antara 28 hingga 35 derajat celcius. Suhu ini masih lebih rendah dari suhu tubuh normal manusia yang mencapai 36 derajat. Artinya, pengguna akan tetap merasa nyaman saat mengoperasikan perangkat tersebut.

10. Punya Numerical Keyboard
Seri X Asus ini terkesan unik dan spesial dengan hadirnya numerical keyboard dibagian palm rests. Fitur ini sama persis dengan numerical keyboard untuk desktop, sehingga lebih memudahkan pengguna untuk menjalankan bermacam aplikasi yang memang membutuhkan fitur numeric pad.

11. Touchpad dan Keyboard yang Apik
Hampir semua detail pada Asus X550ZE ini diperhatikan secara baik. Salah satunya adalah touchpad. Pada bagian ini, Asus memberikan fitur smart gesture yang bisa membuat pengguna dengan mudah mengoperasikan atau memberikan perintah kepada notebook saat sedang dijalankan.

Contohnya jika ingin melakukan scroll ke bawah, pengguna dapat memakai dua jari lalu menyeretnya ke arah bawah. Hal yang sama berlaku saat hendak ingin melihat bagian atas.

Area touchpad Asus X550ZE ini dibuat cukup luas yakni berukuran 104 mm x 76 mm. Melalui papan  yang luas itu, mekanisme smart gesture yang dirancang tidak  hanya satu saja melainkan hingga tiga jenis. Anda dapat pula melakukan zoom in dengan mencubit area touchpad, atau menggeser dua jari ke arah berlawanan saat hendak melakukan zoom out.

Smart gesture dengan mode tiga jari juga dapat dilakukan ketika pengguna ingin berpindah dari satu halaman ke halaman berikutnya, dengan menggesernya ke kiri dan kanan. Sedangkan jika tiga jari digeser ke atas dan bawah, maka Anda akan dibawa ke tampilan desktop.

Demikian juga dengan papan ketik alias keyboard, wilayah ini pun tak luput dari perhatian. Papan keyboard memiliki desain yang ergonomis, dengan layout yang lebih baik. Ketika dipergunakan untuk mengetik pun tekanan tombol terasa lebih akurat dan juga presisi mengenai tiap tuts pada keyboard.

12. Kapasitas RAM dan Memori yang Besar
Asus memang tidak ingin main-main pada seri ini. Guna mendongkrak kelancaran multitasking dan ruang gerak antar aplikasi, RAM 4GB LPDDR3L 1600 MHz. Kapasitas RAM ini masih bisa diupgrade menjadi 16 GB jika ingin tampil lebih gahar lagi.

Sementara untuk penyimpanan utama, Asus X550ZE ini menyediakan ruang sebesar 1TB. Tidak hanya kapasitas internal tersebut yang memukau, tipe ini juga didukung dengan Asus web Storage hingga 32GB. Fitur tambahan ini berlaku gratis selama 3 tahun.

Asus web Storage adalah penyimpanan berbasis cloud dari Asus yang bisa dipergunakan dengan mudah dan dapat diakses dari manapun dan kapanpun.

13. Punya Performa Yang Mumpuni
Seperti disebutkan pada poin nomor satu diatas, Asus X550ZE ini memiliki dua varian yang berbeda dari segi prosesor. Keduanya cukup memukau, namun yang paling spesial adalah tipe AMD APU FX-7600P. Dari serangkaian uji coba menggunakan game, tipe ini cukup memukau.

Berikut hasil benchmark Asus X550ZE dengan prosesor AMD APU FX-7600P.






Dari hasil tersebut, bisa disimpulkan, untuk sekedar game mainstream sangat bisa ditaklukkan oleh notebook ini. Dengan PCMark, laptop ini juga menunjukkan kelasnya yang serba guna, baik untuk kegiatan sehari-hari maupun kegiatan gaming. Semua bisa ditaklukkan.

14. Punya Garansi Global Selama 2 Tahun
Satu hal yang tidak bisa disepelekan pada Asus X550ZE, adalah garansi yang melekat padanya selama dua tahun. Bukan hanya di Indonesia, namun berlaku secara global. Garansi ini meliputi biaya service bahkan juga penggantian spare part jika laptop memiliki masalah dikemudian hari.

Garansi yang jelas juga menunjukkan layanan purna jual suatu produk bisa dipercaya. Karena kenyamanan costumer harus dijaga hingga seterusnya. Asus menjadikan layanan purna jual sebagai sesuatu yang penting dan berharga.

15. Harganya Pas di Kantong
Dengan kualitas seperti dijabarkan pada 14 poin diatas, mungkin banyak yang mengira notebook ini akan memiliki harga yang super mahal. Nyatanya, harga Asus X550ZE ini terbilang terjangkau untuk kelas menengah. Karena tidak terlalu mahal, juga tidak terlalu murah.

Untuk tipe AMD APU A10-7400P, Asus melepas harga dikisaran Rp6,9 juta sedangkan pada tipe prosesor AMD APU FX-7600P harganya dikisaran Rp7,6 juta.

Kesimpulannya, bagi Anda yang mendambakan notebook multitasking dengan harga terjangkau, Asus X550ZE ini adalah pilihan terbaik. Keindahan visualnya, hingga suara yang mengesankan menjadi satu dan menambah kesan mewah bagi produk ini.

Apalagi fitur-fitur yang ditanamkan di dalamnya sangat intuitif, responnya juga cepat dan punya layanan cloud yang berlaku hingga 3 tahun pula. Intinya, laptop ini cukup keren dan memuaskan. Satu hal yang menjadi catatan untuk Asus X550ZE ini adalah ketahanan baterainya.

Meski begitu, jika harus memberi nilai seberapa layak laptop ini dimiliki, Blogooblok memberi nilai 8,1 untuk berbagai fitur yang dibawanya.