Inilah 10 Brand Paling Populer di Indonesia Sepanjang 2015


Indonesia menjadi salah satu negara yang cukup diperhitungkan oleh beberapa pabrikan dunia. Hal ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Asia setelah China dan India.

Dengan jumlah penduduk 256 juta orang berdasarkan sensus penduduk 2010 lalu, pasar Indonesia cukup besar. Apalagi, tipikal sebagian besar masyarakat Indonesia yang konsumtif membuat sejumlah produkan luar negeri berjaya di dalam negeri.


Campaign Asia bekerjasama dengan Nielsen Company meliris sejumlah brand atau merek dagang yang paling populer di Indonesia. Apa saja merek dagang yang populer di Indonesia sepanjang 2015, berikut daftarnya.

10. Canon

Pada posisi ke-10 adalah Canon. Merek dagang yang berada dibawah naungan Canon Inc. tersebut mengalami penurunan popularitas dibanding 2014 lalu. Pada tahun 2014, perusahaan asal Jepang tersebut menjadi brand populer nomor 7 di Indonesia.

(Baca Juga: 10 Layanan Google Yang Wajib Bagi Seorang Blogger)

9. Adidas

Adidas berhasil membuktikan kekuatannya di Indonesia sepanjang 2015. Itu terbukti peringkatnya naik dari posisi 12 di 2014 menjadi posisi ke 9. Perusahaan asal Jerman tersebut masih tetap mengandalkan produk-produk olahraganya yang keren dan ekslusif.

8. Panasonic

Perusahaan elektronik asal Jepang ini juga mengalami penurunan performa di 2015. Mesti begitu, pergeserannya dari posisi ke 6 tahun lalu menjadi posisi 8 di 2015 tidak membuat perusahaan ini merugi. Mereka masih tetap mengandalkan produk-produk eletronik rumah tangganya.

(Baca Juga: 10 Anak Muda Terkaya di 2015 Berkat Teknologi)

7. Nike

Produsen produk-produk olahraga saingan Adidas juga cukup populer di Indonesia. Nike berhasil naik dari posisi 9 tahun lalu menjadi posisi 7 di 2015. Nike Inc. perusahaan asal Amerika tersebut makin populer setelah mengeluarkan sejumlah versi produk olahraga terkenal tahun ini.

6. Toshiba

Satu lagi perusahaan elektronik asal Jepang yang populer di Indonesia. Toshiba tahun ini berhasil naik ke peringkat 6 dari posisi 8 tahun 2014. Tahun ini Toshiba memang banyak mengeluarkan produk-produk baru, utamanya komputer jinjing dan sejumlah peralatan lainnya.

(Baca Juga: 10 Tipe Artikel Yang Paling Dicari di Internet)

5. Apple

Perusahaan buatan Steve Jobs ini mengalami penurunan kepopuleran di Indonesia sepanjang 2015. Padahal tahun ini Apple baru mengeluarkan produk baru yang cukup digilai banyak orang. Perusahaan asal Amerika ini turun dari posisi 4 di 2014 lalu ke posisi 5.

4. LG

Posisi Apple diambil alih oleh LG Electronics Inc. Perusahaan asal Korea Selatan ini tahun lalu hanya duduk di peringkat 5, kini naik ke posisi 4. Kepopuleran LG salah satunya disumbang oleh produk smartphone baru miliknya yang mulai menembus pasar Android Indonesia.

(Baca Juga: 10 Manfaat Menjadi Blogger Yang Wajib Diketahui)

3. Sony

Lagi-lagi perusahaan asal Jepang. Sony tetap kokoh di posisi ketiga sebagai brand paling populer di Indonesia. Posisinya masih sama dengan tahun sebelumnya. Penguatan Sony juga salah satunya dengan produk smartphone yang mulai diterima oleh masyarakat dan produk game buatannya.

2. Nestle

Satu-satunya produk makanan yang cukup populer di Indonesia tahun ini adalah Nestle. Perusahaan asal Swiss tersebut tetap kokoh di posisinya di urutan kedua. Tahun ini, Nestle memang banyak mengeluarkan produk baru sehingga makin diterima oleh masyarakat Indonesia.

1. Samsung

Sejak kemunculan produk-produk Android dari Samsung, hampir seluruh Asia menerima brand ini dengan baik. Posisi sebagai merek dagang paling populer di Indonesia pun tetap melekat. Ketangguhan perusahaan asal Kores Selatan ini diperkuat pula dengan produk baru yang diluncurkan tahun ini.

(Baca Juga: 10 Bloggers Murni Berpenghasilan Terbesar di Dunia)

Itulah 10 brand yang paling populer di Indonesia sepanjang 2015. Dari 10 merek dagang diatas, hanya sedikit yang punya pabrik di Indonesia. Sisanya merupakan produk-produk impor. Itulah yang membuat beberapa barang yang dijual menggunakan brand mereka sedikit lebih mahal dari biasanya.

Semoga ditahun-tahun mendatang, ada satu perusahaan asli Indonesia yang memiliki kekuatan brand yang kuat agar menang di negeri sendiri. Semoga!

+Wisa Rahardi