10 Jenis Video Youtube Yang Banyak Menghasilkan Uang



Di jaman serba teknologi saat ini, muncul berbagai jenis pekerjaan yang 10 atau 20 tahun lalu belum terpikirkan oleh orang-orang. Salah satu pekerjaan yang banyak digeluti saat ini adalah menjadi Youtubers.

Youtuber adalah seseorang atau sekelompok orang yang memproduksi video untuk diupload di situs Youtube. Tak bisa dipungkiri, kehadiran Youtube sebagai tempat berbagi file video terbesar di dunia membawa berkah bagi banyak orang.

(Baca Juga: Cara Mengetahui Video Youtube Paling Populer)

Bukan hanya kepada pihak Youtube dengan penghasilan iklan yang besar, tapi juga kepada mereka yang memproduksi konten video. Bayaran iklan di Youtube hingga saat ini masih lebih besar dibandingkan bayaran iklan lewat konten website.

Tidak heran, hampir setiap hari ada Youtuber baru lahir dan siap terkenal di dunia maya. Namun tahukah Anda jenis video apa saja yang paling menghasilkan uang di Youtube? Berikut, Blogooblok berikan 10 jenis video paling bernilai uang:

1. Video Musik 
Vide musik atau lagu menempati urutan paling atas. Tidak terhitung jumlahnya berapa pengguna Youtube yang mencari musik setiap hari. Karena perkembangan lagu yang semakin cepat, maka lahirlah pula sejumlah kanal Youtube resmi khusus untuk lagu atau musik.

VEVO misalnya. Kanal musik resmi ini dibentuk oleh sejumlah perusahaan rekaman untuk menangkis pelanggaran hak cipta lewat video Youtube. Dari musik pula sejumlah orang akhirnya terkenal sejagat raya, seperti contohnya Psy dengan lagu Gangnam Stylenya.

2. Video Movie 
Yang satu ini jumlahnya juga sangat banyak. Kehadiran Youtubelah yang kemudian mengurangi jumlah penonton DVD yang sempat booming beberapa tahun silam. Orang-orang lebih senang menonton film lewat Youtube.

Selain menonton film secara utuh, banyak diantara video-video populer di Youtube juga merupakan trailer film yang siap diputar di bioskop. Hampir semua jenis film di dunia, trailernya bisa ditemukan di Youtube.

3. Video Lucu-lucuan
Sudah tak terkira jumlahnya, berapa video lucu yang bertebaran di Youtube. Ada yang terekam secara tidak sengaja ada pula yang memang diproduksi dengan biaya yang tidak sedikit. Video lucu memiliki jumlah penonton yang sangat banyak.

Di Indonesia salah satu komedian yang terkenal di Youtube adalah Raditya Dika. Video yang ia upload di Youtube memang diproduksi khusus. Karena kesuksesan itulah banyak orang kemudian mengikuti jejaknya dengan membuat pula video lucu dengan segmen berbeda.



4. Video Olahraga
Salah satu yang menarik perhatian Youtube dalam jumlah besar adalah olahraga. Pencinta olahraga di seluruh dunia sangat banyak. Namun, tidak semua bisa menyaksikan satu perhelatan olahraga diwaktu bersamaan. Maka dari itu beberapa orang mencarinya di Youtube.

Maka tidak heran kalau jenis video ini banyak diburu dan bernilai materi sangat tinggi. Selain karena segmennya jelas, peristiwa-persitiwa olahraga juga menarik untuk diikuti dan ini menjadi perhatian serius para pengiklan.

5. Video Tentang Game
Salah satu Youtuber berpenghasilan terbesar di dunia adalah PewDiePie. Semua video yang dibuatnya adalah tentang game. Selain ia memainkannya secara live, ia juga sekaligus mereview game tersebut. Maka tidak heran banyak orang memburu videonya.

Jumlah pemain game di dunia sangat banyak. Apalagi dengan kemajuan teknologi dan smartphone yang semakin canggih, jenis game yang bisa dimainkan sangat beragam. Itulah mengapa, banyak orang memburu jenis video ini di Youtube.

(Baca Juga: Cara Benar Upload Video dengan Tautan Iklan di Youtube)

6. Video Peristiwa atau Berita
Meski lebih banyak orang mencari hiburan di Youtube, tapi banyak juga yang mencari berita atau sekedar mengetahui peristiwa apa yang sedang dan pernah terjadi di dunia. Olehnya itu, jenis video yang keenam adalah video peristiwa atau berita.

Video jenis ini paling banyak ragamnya dan hampir semua orang mencarinya, apalagi kalau isu yang diangkat sedang hangat dibicarakan. Video tentang Presiden Joko Widodo saat ke Amerika misalnya, video ini sempat heboh dan diburu oleh netizen di Indonesia.



7. Video Tutorial
Video tutorial juga sangat banyak diminati dan bernilai materi tinggi. Video tutorial yang dimaksud mencakup apa saja. Baik itu skala kecil hingga skala besar. Misalnya tutorial membuat kue atau membuat website atau bahkan video tutorial membuat video. Semua bisa.

Konten yang satu ini memang tidak mesti dilakukan oleh satu corporate, bisa dilakukan sendiri-sendiri. Tapi, video yang satu ini punya daya saing yang tinggi karena banyak orang yang sudah melakukannya. Kalau mau untung, pilih tema yang masih jarang divideokan.



8. Video dengan Konten 17 Tahun Keatas
Jenis video ini punya pangsa pasar tersendiri. Jika mau jujur, bisa jadi video ini yang akan paling banyak diakses oleh orang Indonesia di Youtube. Untung saja, konten video 17 tahun keatas di Youtube tidak leluasa di Youtube Indonesia.

Meski begitu, ada banyak juga konten dewasa yang bebas dan diakses oleh orang Indonesia. Penontonnya juga tidak sedikit. Namun Blogooblok sarankan, lebih baik tidak memilih topik ini jika ingin berkiprah di Youtube.

9. Video Unik, Aneh dan Menarik
Segala sesuatu yang unik pasti akan menarik perhatian orang-orang. Jangankan video, gambar atau tulisan yang unik pun akan dibicarakan. Hal aneh, unik pasti akan menarik untuk dilihat apalagi kalau dalam bentuk video.

Ada banyak sekali hal unik yang bisa direkam. Karena kadang apa yang kita anggap biasa saja, bagi orang lain itu unik dan aneh. Jadi untuk memaknai hal ini harus berpikir lebih terbuka.

10. Video Traveling
Yang satu ini belakang memang menjadi populer, bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Kemudahan orang berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain membuat banyak orang mencari informasi tentang satu tempat sebelum mendatanginya.

Itulah mengapa video tentang traveling baik itu untuk wisata alam atau budaya akan selalu menarik ditonton. Salah satu chanel Youtube yang populer di Indonesia tentang traveling adalah Jalan-jalan Man!.


(Baca Juga: Tutorial Lengkap Cara Mendaftar Google Adsense dari Youtube)

Semoga dengan penjelasan diatas, kamu-kamu yang berniat menjadi Youtubers akan lebih fokus dan membuat konten yang menarik.

Ingat, semenarik apapun video yang dibuat tapi tidak dipromosikan sama saja tidak menghasilkaan uang. Karena dengan makin banyaknya penonton video bersangkutan, maka jumlah uangnya juga makin banyak.

Salam Youtubers dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi