Cara Membuka WhatsApp di Komputer

Instan Masseging yang satu ini memang digemari banyak kalangan. Selain fiturnya yang sederhana dan ringan, aplikasi ini juga bebas iklan. WhatsApp telah merubah perilaku berkirim pesan orang-orang dari cara konvensional ke layanan bebas biaya.

Jika pesan teks biasa dari HP harus mengeluarkan biaya per sekali pengiriman, maka beda halnya dengan WhatsApp. Cukup dengan terkoneksi internet, kita bebas mengirim pesan berkali-kali tanpa biaya tambahan.

Sejak dibeli oleh Facebook senilai $19 miliar atau setara dengan Rp222,7 triliun yang pembayarannya dalam uang tunai dan saham, WhatsApp memang terus menggeliat.

(Baca Juga: 6 Tips Ampuh Meningkatkan Viewers Youtube)

Dulunya, aplikasi ini memiliki masa aktif tertentu. Dimana saat masa aktif itu habis, pengguna diharuskan membayar sejumlah uang. Jumlahnya memang tidak begitu besar, namun kendala yang banyak hadir adalah sistem pembayarannya.

WhatsApp melayani pembayaran melalui kartu kredit, hingga pembayaran lewat pulsa. Namun, masih saja ada beberapa kalangan yang tidak mampu melakukan pembayaran tersebut. Hingga akhirnya di awal Januari 2016, WhatsApp mengumumkan aplikasinya bebas biaya selamanya.

Berikut penampakan dari akun Whatsapp di Android yang saya miliki dimana dibagian Services expiration atau Tanggal Kadaluarsa sekarang menjadi Lifetime atau Selamanya, artinya layanan ini gratis selamanya.


Pilihan untuk mengratiskan layanan WhatsApp memang bukan tanpa alasan. Mereka menyadari banyak pengguna yang tidak memiliki kartu kredit atau debit sehingga kesulitan untuk membayar langganan WhatsApp.

(Baca Juga: Cara Mudah Download Video dari Facebook)

Walaupun sebetulnya sudah lama di Whatsapp ada fitur bayar untuk teman, bahkan memperpanjang langganan dengan pulsa tetapi sepertinya ini tidak terlalu berhasil.

Setelah menjadi gratis entah bagaimana strategi WhatsApp untuk mencari keuntungan, karena seperti kita tahu aplikasi pesan instant ini merupakan salah satu yang tidak mengandung iklan. Kita tunggu saja inovasinya.

Cara Membuka WhatsApp di PC

Kembali lagi mengulas soal judul tulisan ini, yakni bagaimana cara membuka aplikasi WhatsApp di PC (Personal Computer) atau dekstop. Kita tahu kalau aplikasi yang satu ini hanya tersedia di smartphone baik Android atau iOS serta Windows Mobile.

Meski demikian, aplikasi ini juga bisa dibuka melalui dekstop. Utamanya melalui browser. Jadi tidak seperti aplikasi yang lasim diintal di dekstop untuk dibuka, WhatsApp hanya bisa dibuka melalui browser. Itu artinya hanya bisa dibuka saat terkoneksi internet.

Bagaimana caranya?

1. Buka browser Anda, bisa Chrome, Firefox atau Opera. Usahakan setiap browser adalah versi terbaru atau minimal versi yang hadir di 2015 keatas.
2. Setelah membuka browser, silahkan ketik https://web.whatsapp.com/. Jika terbuka, maka akan muncul QR Code seperti berikut ini.



3. Jika sudah, ambil smartphone Anda lalu buka aplikasi WhatsApp. Di pojok kanan atas ada icon menu, silahkan Klik dan pilih tulisan WhatsApp Web.


4. Setelah itu, scan QR Code di browser Anda menggunakan smartphone.


5. Jika berhasil maka seluruh percakapan Anda akan muncul di desktop. Anda juga bisa melakukan chating melalui PC Anda.

Dengan menggunakan WhatsApp Web Anda bisa mengirim gambar dari folder komputer maupun langsung mengambil foto dari kamera PC/Laptop jika ada. Namun, harus diperhatikan, aplikasi di Web akan terputus jika jaringan internet di smartphone Anda hilang.

(Baca Juga: Cara Membuat Signature Pada Gmail, Yahoo dan Outlook)

Setiap text yang diketik pada komputer juga akan muncul juga di aplikasi WhatsApp HP. Artinya baik PC maupun HP sama-sama membutuhkan koneksi internet dan untuk menghemat sebaiknya di HP gunakan saja internet dari PC dengan cara share via wifi.

Mudah bukan! Selamat mencoba dan Jangan Lupa Bahagia!