Cara Mencairkan Pembayaran Adsense di Western Union


Dari tiga metode pembayaran yang disediakan Google Adsense, dua diantaranya harus dilakukan secara manual. Yakni pencairan melalui Cek dan pencairan melalui transfer Western Union.

Pembayaran melalui transfer bank, nyaris kita tidak melakukan apa-apa, kecuali di awal harus mengisi data-data yang diperlukan. Setelah itu, pada saat ambang pembayaran Adsense cukup, uang akan otomatis masuk ke rekening. Kekurangannya, cara ini mengenal potongan.

Cara yang paling aman dan tanpa potongan adalah melalui Western Union. Selain cepat, agen Western Union di seluruh Indonesia sangat banyak, bahkan sampai ke pelosok-pelosok. Sehingga mudah melakukan pencairan atau payout.

Harus diingat, pendapatan google Adsense baru bisa dicairkan kalau akun kita sudah divalidasi, artinya PIN Google Adsense sudah kita masukan ke laman verifikasi. Selain itu, penghasilan kita juga telah melampaui ambang batas pembayaran (payment treshold).

(Baca Juga: Cara Mudah Verifikasi PIN Google Adsense)

Pada dasarnya disetiap negara ambang batas pembayarannya berbeda-beda. Kalau di Indonesia minimal $100. Artinya, pencairan baru bisa dilakukan kalau penghasilan kita sudah $100 atau lebih.

Untuk pencairan melalui Western Union, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengkonfirmasi biodata dan metode pembayaran. Untuk cara lengkapnya, baca : Ini Cara Pembayaran Adsense Untuk Publisher Indonesia. 

Apabila sudah memilih metode pembayaran Western Union, maka status pembayaran Anda akan berubah setiap melampaui batas pembayaran. Biasanya Adsense akan mengirimkan email pemberitahuan bahwa status pembayaran Anda sudah diterbitkan. Kita diminta untuk mengecek status pembayaran di akun Google Adsene.

Google akan mengirimkan pembayaran penghasilan secara otomatis setiap tanggal 21 setiap bulannya, pencairan dimulai dari tanggal 22 sampai 60 hari setelah status pembayaran diterbitkan.

Jika dalam 60 hari pembayaran tidak dicairkan uang tersebut akan otomatis digabungkan dengan pembayaran bulan berikutnya. Jadi tidak perlu khawatir pembayaran Anda hangus atau kembali ke Google.

Untuk melihat status pembayaran, silahkan masuk ke akun Adsense, lalu pada halaman home/beranda pilih dan klik link "Lihat Pembayaran" atau "View Payments".


Jika dalam laman tersebut muncul tulisan "Automatic Payment Western union (Nomor MTCN) Status: Issued" itu artinya, pembayaran Anda belum dicairkan, dengan begitu sudah pasti siap dicairkan di seluruh cabang Western Union.

Status ini nantinya akan berubah menjadi "Status:Paid" kalau sudah dicairkan.

Untuk melihat formulir pencairan pendapatan Google Adsense Anda melalui Western Uniaon silahkan klik pada tulisan status tersebut. Hasilnya seperti berikut ini.




Ada baiknya mencetak formulir pengiriman pembayaran ini untuk menghindari hal-hal menyusahkan. Namun, yang penting dalam formulir tersebut hanyalah nomor MTCN atau Money Transfer Control Number.

(Baca Juga: Kunci Menghasilkan Ribuan Dollar dari Google Adsense)

Langkah selanjutnya adalah mencari agen Western Union. Biasanya ada di Kantor POS.
Jika anda kesulitan menemukan agen western union di kota anda, silahkan anda cek di http://www.westernunion.co.id. 

Cara Mencairkan Pembayaran Google Adsense di Kantor POS

Sebelum melakukan pencarian di Kantor Pos, pastikan Anda sudah mengantongi bukti pengiriman pembayaran (MTCN) dan KTP asli serta 1 lembar fotokopi KTP. Saat di kantor Pos, bilang ke petugasnya kalau mau mengambil uang dari Western Union.

Biasanya mereka akan menanyakan siapa pengirimnya, bilang saja dari Google. Pak pos kemudian akan memberikan blanko / form penerimaan uang western union yang harus anda isi, kurang lebih formulirnya seperti gambar berikut ini:


Pada data penerima silahkan isi sesuai dengan biodata anda pada KTP, sedangkan pada data pengirim silahkan anda isi dengan:

Google Asia Pacific Pte. Ltd.
8 Marina View
Asia Square 1 #30-01
Singapore 018960

Silahkan lengkapi form diatas, kemudian serahkan ke petugas pos untuk diproses lebih lanjut. Google mengirim uang dalam bentuk dolar namun langsung dikonversi ke bentuk rupiah (IDR) sesuai dengan kurs yang berlaku hari itu.

Setelah Anda diminta tanda tangan atau cap sidik jadi, pihak Kantor Pos akan memberikan resi bukti pembayaran. Itu artinya proses pencairan selesai. Dan Anda bisa meninggalkan Kantor Pos dengan damai. Ingat, transaksi ini tidak dikenakan biaya.