12 Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Jadi Blogger


Ada banyak sekali alasan seseorang untuk tidak menghadiri satu seminar yang membosankan di kantor. Alasan yang semestinya tidak dikompromikan jika ingin melihat perubahan dalam hidup. Begitu juga menjadi blogger.

Setiap manusia punya niatnya masing-masing. Menjadi blogger tidak sekedar memulai lalu begitu saja dilupakan. Layaknya kerja kantoran atau jenjang karir yang panjang, menjadi blogger juga harus memiliki alasan.

Bukan karena saya telah lama menjadi blogger sehingga hal ini saya tuliskan. Jika dinilai dari lamanya, saya pun masih terasa baru lahir kemarin sore jika harus disandingkan dengan nama-nama besar lainnya.

(Baca: Catatan Dua Tahun Jadi Full Time Blogger)

Namun 12 alasan berikut ini bisa membuka mata kita bahwa ada masa depan di dunia blogging. Silahkan disimak lalu kita diskusikan di akhir tulisan.

1. Blogging Itu Sangat Mudah
Jika ada yang mengatakan blogging itu susah lalu setiap hari update status Facebook atau membalas email teman, maka disitulah letak kesalahnnya. Blogging itu sama mudahnya dengan update status di Facebook atau kirim email.

Jika Anda sudah punya kemampuan dalam hal itu maka melakukan blogging tidaklah susah. Kalau yang ditakuti berurusan dengan pengkodean HTML maka gunakanlah Wordpress yang nyaris tidak harus memiliki kemampuan HTML.

Blogspot sekarang pun sudah lebih mudah dan nyaman digunakan. Anda sisa menambahkan beberapa plugin atau widget lalu mulai menulis. Setelah memulai semua itu, Anda akan tahu persis yang harus dilakukan selanjunya.

2. Google Sangat Suka Blog
Kita tahu kalau Google itu telah mempertemukan jutaan orang dari tempat yang berbeda dengan waktu singkat. Dan salah satu cara Google mempertemukan orang-orang adalah melalui blog.

Jika blog Anda sudah siap dan Google sudah melakukan perayapan untuk halaman blog Anda, maka bersiaplah mendapat kunjungan lebih banyak dari Google. Itu artinya Anda dapat menemukan teman baru atau mitra bisnis masa depan.

3. Blogging Membuat Anda Jadi Orang Yang Lebih Baik
Mengapa ini bisa terjadi? Alasannya sederhana. Orang yang memiliki blog sudah pasti akan meningkatkan keterampilan menulisnya secara perlahan. Bukan hanya itu, keterampilan komunikasinya juga akan meningkat.

Orang-orang yang serius membangun sebuah blog akan mulai membangun pola pikir yang disengaja, tentang siapa dia dan ingin menjadi apa. Kebiasaan ini akan membentuk pola hidup seseorang lebih terarah dan jauh lebih baik.

Saat ini juga, ada banyak perusahaan yang mencari karyawan dari pengalamannya menjadi blogger. Mereka akan melihat karakteristik seseorang dari caranya menulis secara terbuka di blog. Jadi buat blogger ini tentu menjadi nilai tambah.

4. Blogging Dapat Membantu Orang Lain
Blogger bisa menjadi pekerjaan yang mulia ketika yang kita informasi yang kita tuliskan berisi pengetahuan yang baik. Melalui blog, Anda bisa membantu orang lain dengan masalah tertentu yang mereka hadiri.

Sebut saja misalnya, Anda punya blog tentang "investasi reksadana". Ada banyak orang diluar sana yang mencari bantuan, solusi atau ide dalam menginvestasikan uangnya dalam bentuk reksadana. Pengetahuan atau saran Anda bisa sangat penting dan membantu buat banyak orang.

Hal ini berlaku untuk semua topik. Silahkan Anda pilih sesuai keinginan. Setiap blog bisa membantu orang lain dengan caranya sendiri.

Seperti Blogooblog ini. Saya masih ingat ketika sebuah email nongkrong di inbox saya dan mengatakan terima kasih atas bantuan dan tutorial yang saya tuliskan. Itu sangat membantu buat mereka. Dan kalian tahu rasanya, itu sangat luar biasa.

5. Blogging Dapat Menghasilkan Uang Yang Banyak
Mungkin Anda sudah banyak mendengar soal ini. Saya pun telah banyak menuliskan kisah sukses seseorang dari hanya menjadi blogger. Bahkan tidak sedikit yang menjadikan blogging sebagai mata pencaharian utama.

Memang dibutuhkan waktu untuk bisa menghasilkan uang yang banyak. Namun jika itu konsisten Anda lakukan, maka tidak menutup kemungkinan akan ada lebih banyak uang yang datang.

Jangan langsung ingin yang besar. Mulailah membangun konten. Saat pengunjung Anda masih kecil, itu sudah bisa menghasilkan uang meski pasif. Seiringnya waktu, dan pengunjung Anda meningkat, maka pendapatan juga akan semakin besar.

(Baca: Ini Jenis Bisnis Yang Cocok Bagi Blogger Sangat Pemula)

Beberapa teman bahkan menjadi peternak blog. Mereka menciptakan banyak blog dengan tema yang berbeda, membesarkannya lalu kemudian menjualnya di bursa jual beli blog. Keuntungannya bukan lagi lumayan, sudah sangat luar biasa.

6. Promosi diri dan Ciptakan Peluang Baru
Blog pada dasarnya adalah alat atau channel untuk mempromosikan diri agar Anda terlihat seperti seorang ahli. Blog yang baik dan besar akan mengundang decak kagum banyak orang. Anda pun akan mulai dihormati.

Mungkin kisah Hanifa Ambadar pendiri Female Daily Network yang awalnya hanya blogger menjadi satu perusahaan besar dibidang kecantikan di Indonesia bisa menginspirasi Anda. Intinya, blogging akan membuka banyak pintu yang Anda mungkin belum sadari atau impikan.

7. Gunakan Blog Untuk Tetap Bersilaturahmi
Orang yang aktif biasanya tidak punya banyak waktu untuk bermain sosial media seperti Facebook atau aplikasi chating lainnya. Namun, menjadi blogger bisa memudahkan semua itu terjadi.

Anda tetap bisa menjalin silaturhami dengan teman lainnya. Mereka dapat dengan mudah membaca segala sesuatu tentang kegiatan Anda, ide-ide dan keberhasilan Anda melalui blog. Intinya bijaksanalah menggunakan ini sebagai alat komunikasi.

8. Anda Dapat Membuat Dunia Lebih Baik
Jika bingung bagaimana blogging bisa merubah dunia lebih baik. Jawabannya sederhana saja. Jika Anda punya blog, Anda benar-benar punya suara. Itu artinya Anda bisa menyebar semua hal yang Anda sukda dan tidak suka. Serta hal lain yang bisa membantu Anda merubah dunia.

Melalui blog, Anda bisa menyuarakan apa saja. Contoh sederhanya, apa yang dialami Raditya Dika. Melalui blognya yang kemudian menjadi buka, bisa merubah banyak orang yang merasa prihatin dengan kejomboannya dengan sebuah candaan. Dan itu mengurangi jumlah orang-orang yang prustasi. Anda pun bisa melakukan itu.

9. Blog Dapat Membantu Mengembangkan Bisnis
Satu perusahaan yang memiliki blog akan jauh lebih terkenal dibanding yang tidak. Karena jika satu perusahaan tidak memiliki blog, maka telah membuang banyak hal. Blog bisa menyampaikan banyak hal tentang satu perusahaan.

Misalnya saja, Anda punya klien potensial, mereka dapat membaca cerita-cerita menarik tentang kesuksesan perusahaan Anda, ide-ide, strategi dan bahkan produk baru dari perusahaan Anda lewat postingan blog.

(Baca: 5 Fakta Bisnis Online Yang Harus Anda Ketahui)

Itulah sebabnya blog punya kesempatan besar membuat banyak perusahaan kecil menjadi besar hanya karena menggunakan taktik ini. Jika perusahaan Anda bergerak dibidang online maka blog bisa menjadi strategi pemasaran yang potensial.

10. Blogging Bisa Menjadi Hobi Yang Asik
Banyak orang yang memiliki waktu luang yang melimpah. Yang ia kerjakan hanya browsing dan jalan-jalan disatu websiten. Jika begitu, Anda harus benar-benar mempertimbangkan untuk membuat sebuah blog.

Jika memulainya, jangan heran jika mulai kecanduan (dalam makna baik) dan akan menerima banyak sugesti untuk belajar lebih banyak hal. Jika kondisi Anda saat ini sedang membosankan, maka tunggu apa lagi. Mulailah membuat blog.

Anda akan mendapatkan banyak pengalaman baik dan seru. Lagi pula menjadi blogger tidak pernah ada yang kalah.

11. Blogging Membantu Meningkatkan Daya Menulis dan Kemampuan Argumentasi Seseorang 
Saya masih ingat saat kuliah dulu, keterampilan tata bahasa, komunikasi dan argumentasi saya benar-benar buruk. Namun, lambat laun semua berubah dan saya merasa saat ini jauh lebih baik, meski belum dikatakan sempurna.

Blogging telah memberi dampak besar pada kemampuan menulis saya sejak saya mulai. Meskipun tidak sempurna, saya merasa diri saya jauh lebih percaya diri. Intinya, semakin banyak Anda menulis, maka semuanya akan semakin mudah.

12. Beberapa Fakta Menarik Tentang Blogging
Blogging memang sudah sejak lama ada di Indonesia. Meski begitu, aktifitas ini baru banyak digeluti belum lama ini. Penelitian yang dilakukan Blogooblok berdasarkan berbagai data pendukung menunjukkan:

  • Pembaca aktif blog di Indonesia mencapai 60,5 juta orang
  • 90 persen perusahaan yang memiliki blog setiap harinya memperoleh setidaknya satu pelanggan melalui blogging. 
  • 80 persen konsumen di Indonesia mempercayai informasi yang mereka dapatkan dari blog. 
  • 61 persen dari konsumen online di Indonesia telah membuat pembelian berdasarkan rekomendasi dari sebuah blog. 
  • Blog menjadi aktifitas online paling populer kedua di Indonesia dengan mayoritas kelompok usia 20 sampai 35 tahun. Dimana usia ini menjadi kelompok paling dominan pengguna internet di Indonesia. 

Jadi, sudah siapkan Anda untuk menjadi blogger?. Jika sudah dan belum paham caranya, silahkan baca dua tutorial ini. Satu untuk Blogspot dan satunya lagi untuk Wordpress. Silahkan pilih mana yang menurut Anda lebih nyaman digunakan.

+Wisa Rahardi