Bekal Mencari Uang Lewat Internet Khusus Pemula

Memberi kata 'khusus pemula' dalam judul tulisan ini sebenarnya beban buat saya sendiri. Ekspektasi 'pemula' bisa berbeda-beda antar satu dengan yang lainnya. Bisa saja saya menobatkan diri sudah mahir, namun disisi lain masih dianggap pemula, dan memang seperti itu, sehingga judul 'khusus pemula' itu terasa berat.

Terlepas dari beban moril yang harus disandang, tulisan ini harusnya bisa memberi pencerahan dan meluruskan kesalahan pemahaman dalam mencari uang lewat internet. Selain buat berbagi dengan yang lain, tulisan ini juga khusus buat diri saya sendiri.

***

Saat awal-awal mengenal dunia blog (tahun 2005), jujur saja yang saya dapatkan adalah informasi tentang mesin uang di internet. Dengan keyakinan menggebu-begu, saya yakin dengan tulisan yang saya baca. Semuanya saya cerna mentah-mentah tanpa saringan.

Saya sangat yakin, internet itu mampu membuat orang kaya mendadak dalam waktu yang relatif singkat. Nyatanya tidak demikian. Malah sebaliknya, saya malah banyak mengeluarkan biaya untuk internet.

Keyakinan tersebut akhirnya melunturkan semangat saya untuk ngeblog perlahan-lahan. Uang tidak kunjung masuk, kiriman dari ortu juga tak datang-datang, sementara sabun mandi di kamar kos sudah habis (tik tok tik tok tik tok).

(Baca Selengkapnya di: Catatan Dua Tahun Jadi Full Time Blogger)

Dengan semua kegagalan itu, akhirnya saya sadar bahwa tak ada yang mudah di dunia ini, termasuk di internet dengan segala janji manisnya. Akhirnya, saat mulai ngeblog lagi, semua pikiran tentang uang saya buang jauh-jauh terlebih dahulu dan mulai menatanya perlahan-lahan.

1. Merubah Cara Pandang Menghasilkan Uang

Banyak blogger gagal diawal-awal (termasuk saya) karena memasang ekspektasi yang tinggi tentang dunia blog. Uang menjadi kunci utamanya, sehingga jika uang yang diharapkan tak kunjung datang, semangatnya akan kendor bahkan bisa jadi trauma berkepanjangan.

Tidak ada yang salah memang, jika tujuan akhirnya adalah menghasilkan uang. Tapi angan-angan tetaplah angan-angan jika tak dilaksanakan. Ibarat rumah makan, selain tempatnya harus nyaman, jenis makanan yang dijual ditempat itu juga mesti enak dan mengenyangkan. Blog pun begitu.

Banyak blogger yang ingin hasil besar, tapi 'rumahnya' tidak nyaman serta jualannya adalah sisa-sisa makanan di rumah makan tetangga. Kalau di dunia nyata, dua bulan mungkin saja rumah makan itu tutup permanen. Tak ada pembeli.

Saat memulai kembali blogging, saya sengaja membuang jauh-jauh pikiran untuk menghasilkan uang. Yang saya pikirkan adalah menghasilkan konten unik, menarik, bermanfaat dan tentu saja berbeda dengan blog lainnya.

Baru setelah blog ini cukup umur, saya berani untuk berpikir orientasi uang. Disini juga, kadang kala blogger pemula salah kaprah. Dikiranya anak yang baru lahir akan bisa langsung berlari lalu lompat-lompat sambil panjat pohon. Mustahiil.

Berilah waktu yang cukup buat blog Anda untuk bernafas. Biarkan dia tumbuh secara alami. Jangan sekali-kali menyuntiknya dengan vitamin penambah bobot seperti yang dilakukan peternak ayam broiler. Pada saatnya nanti dan usianya siap, apapun bisa dilakukan.

Maknanya, menjadi blogger itu kelihatan keren saat semua blog yang kita miliki mencetak uang dengan sendirinya. Tapi harus dipahami, itu semua terjadi tidak semudah membalik telapak tangan. Berproses dululah kalau mau sukses.

Buang dulu angan-angan tinggi tentang uang dan segala janji manisnya. Tanyakan dulu pada sanubari kalian, apa yang sudah diberikan kepada orang lain. Karena hidup dan mati blog kalian tergantung dari orang lain diluar sana. Itu....!



2. Cara Realistis Mencari Uang di Internet

Di internet apapun bisa dilakukan. Ada banyak sekali informasi tentang mencari uang di internet. Namun tidak sedikit diantaranya yang tidak masuk akal, sehingga makin membuat blogger pemula labil berkepanjangan.

Sebenarnya ada banyak cara realistis mencari uang di internet. Beberapa diantaranya sudah pernah dan sedang saya kerjakan, beberapa belum sempat, karena keterbatasa ilmu dan daya mengapainya.

Dibeberapa artikel sebelumnya, saya sudah sering mengungkap cara-cara ini, namun belum secara utuh saya tuliskan. Seperti yang bisa dibaca pada tulisan ini: Begini Cara Aman Mendapatkan Uang dari Internet. Tulisan itu bisa jadi referensi lain soal konsep mencari uang.

Namun kali ini yang kita bahas akan lebih spesifik pada objeknya. Apa saja:

Google Adsense
Ibarat pencak silat, Google Adsense ini adalah jurus pamungkas yang paling banyak didambakan orang-orang. Sayangnya, tidak semua yang belajar pencak silat mampu menguasai jurus pamungkas, blog pun demikian.

Namun, menjadi publisher Google Adsense adalah cara paling realistis mencari uang di internet. Tidak sedikit blogger di dunia yang akhirnya menjadikan Adsense sebagai mata pencaharian utama.

Mungkin banyak blogger yang belum tahu apa itu Google Adsense, ada baiknya membaca sejumlah referensi di blog ini dan pelajari cara mendaftarnya di: Cara Paling Jitu Daftar Google AdSense Agar Diterima.

Youtube
Situs berbagai video Youtube juga adalah lahan subur mencari uang di internet. Kiprah Youtube membagi-bagikan uang tidak lepas pula dari peran serta Google Adsense. Karena setiap video yang diupload akan dibayar oleh Google Adsense.

Kalau bingung, silahkan baca ini: Cara Mudah Memasang Iklan Google Adsense di Youtube

Intinya, Youtube akan membayar kita untuk setiap video yang berhasil disaksikan oleh 1000 orang. Adalagi tambahan jika iklan yang muncul di chanel Youtube kita diklik oleh pengunjung. Intinya, dobel komisi kalau main Youtube. Lain kali kita bahas lebih serius lagi.

Jualan Online
Saya beberapa waktu lalu melakoni ini. Saya menggunakan beberapa situs jual beli online untuk mencari pembeli dari barang yang sebetulnya juga saya ambil dari orang lain di internet. Bahasa kasarnya untuk kegiatan ini hanya jadi broker atau istilahnya di internet dropship.

Ini bisa Anda lakukan kalau mau berjualan secara online. Tapi, akan lebih bagus lagi, kalau produk yang Anda jual adalah buatan sendiri. Teknik ini akan lebih menghasilkan lebih banyak uang di internet.

Kecenderungan masyarakat yang ingin praktis membuat proses jual beli secara online akan terus tumbuh dari waktu ke waktu. Sudah banyak toko-toko offline yang kemudian online untuk memperluas jangkauan pasarnya. Sudah banyak pula orang jadi kaya raya karena ini. Yakinlah ini work!

Menjalankan Affiliate
Jika ada yang belum paham dengan pengertian ini, silahkan baca dulu tulisan: Cara Menjalankan Program Affiliate Melalui Blog. Disitu dijelaskan panjang lebar, bagaimana caranya menghasilkan uang dari program affiliate.

Program ini memang unik, dan sudah banyak yang menuai hasil dari program ini. Namun, banyak juga yang gagal. Karena menjalankan affiliate tidak semudah Google Adsense. Hasil yang ditawarkan memang tinggi, tapi prosesnya rumit.

Affiliate baru akan menghasilkan kalau produk yang dipasarkan berhasil terjual. Itu artinya, sebagai penjual di internet, kemampuan menjual barang juga mutlak dibutuhkan. Tidak heran, orang-orang yang sukses dalam program ini lebih spesifik.

Jual Beli Blog
Jika yang dibahas pada poin diatas lebih bersifat umum, jual beli online. Pada kategori ini jauh lebih spesifik. Yang dijual adalah blog. Ada banyak situs jual beli blog kredibel di internet.

Terus terang saya belum pernah menerapkan proses ini menghasilkan uang. Tapi, saya tahu ada banyak yang mencari blog diluar sana dengan harga yang fantastis. Saya bilang demikian, karena beberapa waktu silam, sebuah email masuk ke inbox saya dan menawarkan Blogooglok dijual dengan harga menggiurkan. Tapi saya bilang, No.

Tapi untuk melakoni jual beli blog ini harus tahu juga prosedur dan bagaimana mengembangkan blog dengan harga yang mahal. Biasanya, orang-orang menyebut segmen ini sebagai peternak blog. Yang tujuannya ngeblog memang untuk dijual kembali.

Menjual Jasa
Internet adalah ladang basah buat para penjual jasa. Jasa apa saja bisa dijual disini. Kalau punya kemampuan membuat tulisan, Anda bisa menjual jasa pembuatan artikel di blog atau website resmi satu instansi.

Atau kalau punya kemampuan desain grafis, ada banyak sekali orang-orang yang mencari jasa desain dan sebagainya. Bahkan, jasa mencari pasangan hidup juga ada di internet. Jadi, kalau punya kemampuan khusus, akan jauh lebih baik untuk menjual jasa di internet.

Jasa periklanan juga sesuatu yang menjanjikan. Misal blog yang kalian kelola sudah besar dan trafik tinggi, maka tidak ada salahnya membuka slot khusus untuk pemasangan iklan. Hasilnya pasti menguntungkan dan real.

(Baca Juga: Ini Jenis Bisnis Yang Cocok Bagi Blogger Sangat Pemula)

Mungkin tulisan ini sudah terlalu panjang. Sebenarnya masih hal yang ingin saya sampaikan dalam tulisan ini. Namun poin utamanya adalah action. Mulai saja dulu, dengan niat yang baik. Nanti dikemudian hari hasilnya kita tuai.

Saya selalu yakin, sesuatu yang didasari niat yang baik akan berakhir dengan hasil yang baik. Pun sebaliknya demikian. Jadi berhentilah mengcopy tulisan orang lain dan memasangnya diblog, karena itu sama saja menyajikan makanan basi buat tamu yang datang.

Ingat, tidak ada proses yang bisa dipercepat dengan hasil yang maksimal.

Semoga bermanfaat dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi