Cara Aman Mengambil Gambar Gratis di Google

Gambar atau foto kadang sangat penting untuk sebuah postingan blog. Namun, foto yang diinginkan kadang harus dengan susah payah di dapatkan. Google biasanya menjadi labuhan paling aman untuk mencari gambar, sekedar ilustrasi.

Tapi, jangan asal ambil gambar di Google jika tidak ingin mendapat masalah dikemudian hari. Mencari gambar di Google memang mudah, tapi tidak semuanya bebas di ambil dan ditempatkan di blog kita. Banyak gambar atau foto di Google berlabel hak cipta.

(Baca Juga: 10 Manfaat Menjadi Blogger Yang Wajib Diketahui)

Kalau gambar dengan hak cipta, saya sarankan jangan sekali-kali memakainya, kecuali terpaksa. Mesin pencari Google, sebenarnya menyediakan gambar gratis untuk siapa saja. Hanya memang cara mencarinya berbeda.

Semua sudah tahu, ada banyak hal yang bisa dicari lewat Google. Tapi kali ini, kita khusus akan mencari gambar yang berlisensi gratis di Google. Caranya:

  • Di form paling atas "All these words" silahkan isi keyword gambar yang ingin Anda cari. Misalkan "Emas Batangan"
  • Setelah itu, kursor halaman ke bagian bawah dan pada bagian "Setting usage right" pilih "Free to use or share". 
  • Setelah itu klik Advanced search
  • Sebenarnya ada banyak pengaturan yang bisa dilakukan, namun dua hal diatas yang paling penting. Anda juga bisa merubah bahasa dan negaranya kalau mau. 
  • Saat diklik Advanced Search, halaman pencarian Google akan muncul. Namun yang ditampilkan adalah semua pencarian. Klik Images kalau ingin menampilkan hasil pencarian gambar.
  • Pada hasil pencariannya akan muncul tulisan Labeled for noncommercial reuse. Yang artinya label khusus foto gratis. Silahkan di save foto yang ada dan dimasukkan kedalam blog. Ini berlaku untuk semua kata kunci. 


Jadi silahkan berekperimen.

(Baca Juga: 10 Cara Ampuh Meningkatkan Trafik Blog atau Website)

Ingat, menghargai karya orang lain itu penting, meski itu hanya foto, jangan asal copy dan paste. Kadang, kita tidak mau tahu apa yang terjadi dibalik sebuah foto, tapi dengan seenak jidat kita, foto itu digunakan dan malah diklaim milik sendiri.

Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi