7 Cara Mengoptimasi SEO Video Youtube

Youtube telah berubah menjadi ladang uang yang menjanjikan setidaknya lima tahun terakhir. Ada banyak youtuber baru yang lahir di Indonesia dengan gaya dan jenis video yang menarik.

Bahkan beberapa orang telah menjadikan youtube sebagai mata pencaharian utama. Tidak heran memang, karena penghasilan dari youtube bisa mengalahkan pejabat dengan golongan paling tinggi sekalipun.

Meski telah banyak yang bermain youtube, namun masih sangat minim yang bisa stabil penghasilannya. Sehingga beberapa masih meragukan keampuhan youtube. Padahal, bermain Youtube juga perlu dioptimasi sama seperti blog yang juga harus dimaksimalkan SEO-nya (Search engine optimization).

(Baca Juga: Cara Alami Meningkatkan Viewers Youtube)

Berikut Blogooblok berikan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pendapatan di Youtube:

1. Penamaan File Video

Langkah ini banyak yang sepelekan. Padahal inilah hal yang paling dasar yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan penghasilan di Youtube. Sebelum mengupload video di Youtube sebaiknya nama file video yang tersimpan di komputer sudah mengandung kata kunci yang disasar.

Misal video Anda tentang kumpulan video lucu bayi, maka nama filenya harus diberi nama kumpulan-video-lucu-bayi.mp4. Nama file sebaiknya menggunakan tanda kurang, karena kalau spasi akan terbaca sebagai satu kata saja.

2. Judul Yang Tepat

Judul video juga sangat penting diperhatikan. Jangan asal-asalan saat memberi judul pada video yang diupload. Usahakan judulnya sudah mengandung kata kunci yang ditarget.

Video di Youtube itu bersifat everlasting, jadi baiknya membuat judul bisa dicari sampai kapan pun. Terapkan juga judul yang bersifat mengajak atau call to action dan sudah mengandung kata kunci di depannya. Ini untuk mendapat ranking terbaik di pencarian Youtube.

3. Beri Deskripsi yang Menarik

Kebanyakan youtuber menggangap deskripsi tidaklah penting. Padahal itu sangat penting. Lagian buat apa youtube memberi kotak desktripsi kalau tidak digunakan.

Saat memberi dekstripsi usahakan relevan dengan video yang diupload dan mengandung kata kunci. Penjelasannya harus jelas, padat dan buatlah terlihat alami. Dalam deskripsi, Anda juga bisa memberi link keluar atau menautkan video Anda yang lainnya.

4. Tambahkan Tag Yang Relevan

Tag pada video youtube semacam pengkategorian dari video jenis serupa di youtube. Misalnya ada yang mencari kata "begal" di Youtube, maka youtube akan merekomendasikan sejumlah video dari kategori yang sama.

Jadi, isilah tag setiap video Anda sebaik mungkin. Paling baik kalau setiap video mengandung 12 tag dengan jumlah karakter tidak lebih dari 120. Untuk memisahkan tiap gak, baiknya pakai tanda kutip ganda.

5. Pasang Thumbnail yang Menarik

Hal pertama yang akan dilihat oleh seseorang saat membuka youtube adalah gambar thumnailnya. Ibarat pemantik, gambar yang dipasang harus bisa merepresentatifkan isi video dan harus semenarik mungkin.

Setiap mengupload video, Youtube selalu memberikan kita tiga pilihan thumbnail. Tapi baiknya, gambar ini dibuat sendiri dengan syarat gambar harus besar, minimal 640px. Tapi baiknya gunakan ukuran 1280x720px. Nama file gambarnya juga sudah harus mengandung kata kunci.

(Baca Juga: Ini Jenis Video Yang Paling Banyak Ditonton di YouTube)

6. Buat Anotasi 

Anotasi adalah teks yang mengambang diatas video. Teks ini akan muncul dipermukaan video dan bisa diklik. Manfaatkan fasilitas Youtube ini sebaik mungkin untuk mengajak banyak orang menonton video Anda yang lainnya atau berlangganan channel.

Buatlah anotasi setiap selesai mengupload video. Caranya seperti berikut ini.
  • Masuk ke Creator Studio dan pilih Video Manager lalu klik Edit ke video yang hendak di buatkan anotasi. 
  • Setelah itu klik Annotations, lalu klik Add Annotation disebelak kanan. Ada lima jenis anotasi yang disediakan Youtube silahkan pilih salah satunya. Dalam contoh ini, saya gunakan anotasi Note. 
  • Selanjutnya akan muncul form yang harus diisi untuk membuat kata-kata. Ada pengaturan-pengaturan lain, seperti font, warna dan waktu tayangnya. Dan dibagian akhir ada pilihan untuk menggunakan link. Silahkan centang dan masukkan jenis link yang diinginkan. Setelah itu klik Apply Changes. 



7. Buat Cards

Hampir sama dengan anotasi, cards di Youtube juga dibuat di bagian Video Manager. Cards ini tujuannya untuk memberi referensi video lain dalam video yang sedang tayang. Kalau diblok ibarat link ke postingan lain.

Cards akan muncul dibagian kanan atas setiap video. Dengan menambahkan fasilitas ini, video Anda juga akan terlihat lebih profesional dibanding video lainnya.

Cara membuatnya masih di bagian Edit. Selengkapnya lihat caranya berikut ini:
  • Pertama-tama klik Cards, yang letaknya tepat disamping Annotation. 
  • Lalu klik Add Card. Ada empat pilihan jenis video yang bisa dimasukkan, ada video or playlist, channel, poll atau link. Untuk mempromosikan video sejenis sebaiknya pilih Video or Playlist. Caranya klik Create. 

  • Setelah itu akan muncul pilihan seperti gambar berikut. Silahkan pilih video mana yang hendak di masukkan, lalu klik Create Card. 

  • Anda bisa memasukkan berapa pun video, tinggal sesuaikan waktu kapan card tersebut akan muncul di video yang bersangkutan. Pengaturan ini akan otomatis tersimpan sehingga tidak perlu disave. Tinggal mengklik saja tanda panah dibagian atas jika sudah selesai. 

Berikut contoh video yang sudah ada anotasi dan cardnya: 


Dengan melakukan 7 cara diatas dan video yang Anda upload memang punya kualitas yang baik, saya yakin, Anda akan mendulang penghasilan yang maksimal.

(Baca Juga: Cara Benar Upload Video dengan Tautan Iklan di Youtube)

Hanya saja, harus dipahami, mencari uang di Youtube bukanlah perkara instan. Kuncinya adalah kerja keras, kerja cerdas dan konsisten serta pantang menyerah.

Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Bahagia!