5 Web Hosting Terbaik dan Terpercaya di Indonesia



Penyedia layanan hosting dan domain di Indonesia cukup banyak. Karena banyaknya, tidak sedikit yang bingung sendiri saat menentukan menggunakan layanan yang mana.

Sikap hati-hati memang diperlukan dalam memilih web hosting. Karena membeli hosting dan domain, sama seperti membeli rumah yang terbaik. Kita tak ingin rumah yang dibeli tidak aman apalagi tidak nyaman. Olehnya itu, perlu membeli rumah dari pengembang yang terpercaya.

Bukan rahasia lagi kalau di internet banyak terjadi penipuan, janji-janji manis kadang membuat seseorang luput dari waspada. Olehnya itu, BLOGOOBLOK berusaha memberi informasi yang aman kepada pengguna.

(Baca Juga: Cara Mengganti Domain Blogspot Jadi .COM)

Kelima web hosting yang saya rekomendasikan ini telah saya gunakan sendiri, sehingga bisa saya pertanggung jawabkan. Bahkan beberapa telah saya gunakan selama bertahun-tahun dan masih nyaman hingga sekarang.

Salah satu cara melihat website yang aman dengan melihat SSL-nya (Secure Sockets Layer). Semakin tinggi level SSL-nya, maka semakin bagus penyedia layanan tersebut. Karena itu berarti mereka sudah melewati verifikasi yang panjang.

Faktor usia juga sangat menentukan. Web hosting yang sudah bertahan selama bertahun-tahun artinya memiliki reputasi yang baik. Karena banyak web hosting yang diawal kemunculannya digembar-gemborkan, namun akhirnya tutup ditengah jalan. Ini tentu saja merugikan penggunanya.

(Baca Juga: Step By Step Cara Membeli Domain .COM)

Berikut lima web hosting yang BLOGOOBLOK rekomendasikan:

1. Indowebsite
Penyedia layanan ini sudah beroperasi sejak tahun 2005, dan sampai sekarang masih stabil. Usia yang panjang membuat Indowebsite patut diandalkan. Dibawah payung hukum PT. Tujuh Ion Indonesia, Indowebsite memberi rasa nyaman kepada penggunanya.

Layanan yang disediakan oleh Indowebsite meliputi Web Hosting, Reseller Hosting, Email Hosting, Blog, Pendaftaran domain, dan solusi server yang terdiri dari dedicated server dan Virtual private server sampai rack provider.

Banyaknya pilihan paket dalam layanannya membuat pengguna bebas memilih, mau yang harga terjangkau atau mahal tapi layanan memuaskan.

2. Niagahoster
Niagahoster adalah member Hostinger Group, sebuah grup hosting international yang punya reputasi tinggi. Dibawah payung hukum PT. Web Media Technology Indonesia, Niagahoster menjadi salah satu web hosting paling disegani di Indonesia.

Perusahaan ini menggunakan data center bersertifikasi tier-3 yang canggih dan modern dari Biznet Technovillage. Mereka menerima layanan web hosting, domain murah, domain internasional maupun domain Indonesia, server VPS murah, keamanan SSL/HTTPS, email hosting, jasa pembuatan website, hingga periklanan Google Adwords.

Gunakan kupon BLOGOOBLOK untuk dapat diskon 40% di Niagahoster. Masukkan kupon a-Blogooblok di kolom Kode Promosi saat ingin melalukan pembayaran.

3. Hostinger
Hostinger.co.id adalah bagian dari jaringan Grup Hostinger International Ltd. Jaringan ini telah berdiri sejak tahun 2004 dan masuk ke Indonesia tahu 2011. Salah satu grupnya yang besar adalah Niagahoster diatas.

Masih berada satu payung dengan PT. Web Media Technology Indonesia, Hostinger adalah versi ekslusif dari Niagahoster. Meski begitu, ada pula layanan gratis yang disediakan Hostinger. Pengalamannya yang sudah teruji membuat Hostinger patut dijadikan rujukan.

4. IDwebhost
Web hosting yang satu ini sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2004 dan berada dibawah PT. JC Indonesia (JogjaCamp). Sejak tahun 2005, IDwebhost selalu masuk urutan ketiga web hosting berpengaruh di Indonesia.

Mereka juga telah mengantongi ICANN Accredited sejak tahun 2009 dan menjadi web hosting pertama yang mengantongi sertifikat tersebut. Meski dianggap kurang update dibanding pesaingnya yang lain, namun layanan IDwebhost selalu direkomendasikan.

5. Beon
Beon merupakan web hosting baru di Indonesia, namun bukan pemain baru. Mereka selama ini bekerja melalui merek dagang JagoanHosting.com dan telah beroperasi selama 8 tahun di Indonesia.

Dibawah payung hukum PT. Beon Intermedia, web hosting yang satu ini tumbuh dengan cepat. Beraneka layanan yang mereka sediakan memberi pilihan yang menarik. Pertumbuhan Beon ini karena didukung oleh tim yang besar dan fasilitas yang memadai.

(Baca Juga: Cara Membeli Domain dan Hosting Yang Bagus)

Sebenarnya masih banyak web hosting yang punya reputasi baik di Indonesia. Tapi, banyak diantaranya yang belum pernah saya gunakan. Salah satunya Rumah Web dan Dewaweb. Kedua layanan ini juga cukup baik.

Memilih web hosting jangan hanya lihat promo murah atau gratisnya. Karena yang namanya murah atau gratis penuh dengan kekuarangan. Sementara, blog atau website yang kita kembangkan punya tujuan yang besar. Kecuali niat Anda memang iseng-iseng.

+Wisa Rahardi