Apa Itu SSL dan Kegunaanya Untuk Blog



Sebagian besar pengguna smartphone saat ini juga pengguna sosial media. Salah satu sosial media yang banyak digunakan di Indonesia adalah Facebook dan WhatsApp. Mungkin kita pernah melihat ada pesan seperti ini di aplikasi WhatsApp:

Pesan-pesan yang Anda kirimkan ke chat ini dan panggilan kini diamankan dengan enkripsi end-to-end. Yang berarti, WhatsApp dan pihak ketiga tidak dapat membacanya atau mendengarkannya.

Jika membaca lebih jauh soal penjelasan enkripsi di WhatsApp, kita akan paham apa yang dimaksud enkripsi end to end. Yakni, pengamanan data antara pihak pengguna pertama dengan pihak pegguna lainnya, tanpa diketahui oleh pihak WhatsApp sebagai penyedia layanan.

Enkripsi yang dijalankan WhatsApp memang cukup baik. Karena kita bisa mendiskusikan hal pribadi sekalipun tanpa takut diketahui oleh pihak ketiga. Tentu saja data kita sebagai pengguna juga aman ditangan WhatsApp.

(Baca Juga: Membuat Gambar Ilustrasi dengan Awesome Screenshot)

Enkripsi dan topik yang akan kita bahas dalam postingan ini jelas berhubungan. SSL atau Secure Socket Layer adalah suatu protokol keamanan yang digunakan dalam koneksi internet. Website atau blog yang menggunakan SSL juga melakukan enkripsi atas data-data pengunjungnya.

Apa Itu SSL?

Seperti yang tertulis diatas, SSL adalah protokol keamanan dalam melakukan aktivitas di internet. Teknologi standar yang digunakan SSL berupa link yang dienkripsi antara server penyedia layanan dan pengguna.

Server web browser yang kita gunakan akan menginformasikan itu kepada pengguna bahwa situs yang tengah ia buka dijamin keamannya. Sehingga saat ia mengirimkan data-data penting, server web browser akan menyampaikannya secara langsung kepada server penyedia layanan.

Web browser yang dimaksud disini seperti Chrome, Mozilla atau Opera dan banyak lagi. Web browser ini juga akan menginformasikan kepada kita jika ada website yang tidak aman yang sedang kita gunakan.

Cara melihat apakah situs yang kita sedang buka memiliki sertifikat SSL yakni dengan melihat URL-nya (Uniform Resource Locator). Sebagai contoh, http://blogooblok.com. Itu adalah URL yang harus diperhatikan di web browser.

(Baca Juga: Membuat dan Memasang Google Groups di Blogspot)

Jika hanya menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) kemungkinan besar data pribadi yang dikirim ke mereka akan dimanfaatkan pihak lain dari situs tersebut. Namun jika menggunakan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure), kemungkinan besar data yang dikirimkan tidak bisa diakses pihak lain.  

Selain melihat URL-nya, web browser juga akan memunculkan ikon kunci atau gembok pada URL tersebut. Jika ditambah dengan nama perusahaannya dan berwarna hijau itu akan lebih baik lagi. Situs yang menggunakan SSL akan memberikan informasi bahwa sambungan Anda ke situs tersebut bersifat pribadi.

Contohnya sebagai berikut:


Namun situs atau blog yang tidak menggunakan SSL akan muncul dengan informasi bahwa sambungan Anda ke situs tersebut tidak bersifat pribadi. Contohnya sebagai berikut:


Itu artinya ketika Anda berkunjung ke BLOGOOBLOK data pribadi Anda tidak saya jamin. Lalu apakah BLOGOOBLOK tidak aman dan tidak menunjukkan ke profesionalan. Silahkan baca hingga akhir, karena penjelasan ini akan saya tulis dibagian akhir.

Buat blog dengan sertifikat SSL Gratis di Domainesia

(Baca Juga: Menambahkan Contact Form di Sidebar Blogger)

Intinya, website atau blog yang telah mendapatkan sertifikat SSL tentu saja sudah terpercaya. Data-data pengguna yang diberikan ke website tersebut akan aman dan tidak disalah gunakan oleh pihak ketiga. Hal ini penting diketahui karena kejahatan di internet sangat banyak.

Ketika seseorang mengirimkan data pribadi seperti nama, email dan kartu kredit, dalam perjalanannya sampai ke situs yang dituju, kadang kala singgah atau dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu di luar sana. Data itu saat bocor bisa disalah gunakan yang berakibat kerugian bagi pengguna.

Mengapa Situs Bersertifikat SSL Harus Dipercaya?

Pertanyaan ini menjadi penting agar bisa membangun kepercayaan pengguna internet. Situs yang sudah mendapatkan sertifikat SSL artinya telah melewati proses yang sangat panjang. Mereka juga di sertifikasi oleh pihak yang kredibel.

Pada dasarnya setiap server situs yang memiliki sertifikat SSL juga memiliki dua kunci yang harus diketahui. Kunci pertama bersifat publik dan kedua bersifat pribadi.

Kedua kunci ini harus membuat Certificate Signing Request (CSR) pada servernya yang dikirim ke penerbit Certificate SSL atau disebut juga sebagai Certificate Authority atau CA. Kunci yang paling penting disertifikasi adalah kunci publik.

(Baca Juga: Cara Memilih Nama Domain dan Hosting Yang Baik)

Setelah melakukan pemeriksaan menyeluruh, CA kemudian akan mengeluarkan SSL Certificate yang telah ditanda tangani secara digital. Prosesnya tentu setelah melakukan verifikasi identitas pemilik website. Sertifikat SSL tersebutlah yang kemudian diinstal di server agar bisa terenkripsi.

Berikut contoh Sertifikat SSL yang dimiliki oleh Google.com.


Intinya, untuk mendapatkan sertifikat harus melawati proses yang panjang. Bahkan tidak sedikit yang harus mengeluarkan biaya, karena sertifikat SSL yang tinggi juga harus dibayar. Harga ada yang yang murah ada pula yang mahal, tergantung dari Certificate Authority yang mengeluarkannya.

Itulah mengapa, untuk situs yang sudah menggunakan SSL kita harusnya lebih percaya, ketimbang yang tidak. Apalagi jika harus mengirimkan data pribadi seperti kartu kredit dan sebagainya.

Keuntungan Menggunakan SSL

Pada dasarnya, SSL cocok untuk situs yang melakukan transaksi jual beli. Situs yang memungkinkan penggunanya melakukan pengiriman data-data pribadi sangat penting memiliki sertifikat SSL. Yang artinya, jangan coba-coba melakukan transaksi secara online di situs yang tidak memiliki SSL.

Hal ini penting, karena kejahatan di internet sangat banyak. Mungkin kita pernah dengar kabar saat awal-awal ketenaran internet di dunia, ada banyak orang yang tertipu dan kartu kreditnya digunakan oleh orang lain setelah ia melakukan transaksi secara online.

(Baca Juga: Cara Memasang Lagu dari Soundcloud ke Blogger)

Laporan itu terus turun dari hari ke hari karena sudah banyak situs jual beli menerapkan sistem enkripsi. Pengguna internet juga mulai sadar bagaimana mengamankan data pribadinya saat transaksi online. Sehingga bagi pelaku bisnis online sangat penting memiliki SSL.

Berikut beberapa keunggulan yang didapatkan situs yang memiliki SSL:

1. Mendapat Kepercayaan Pelanggan
Truts atau kepercayaan dalam menjalankan bisnis online sangat penting. Jika pelanggan sudah tidak percaya dengan situs Anda, itu artinya kerugian luar biasa. Salah satu cara mendapatkan kepercayaan itu dengan memiliki sertifikat SSL.

Apalagi saat ini pengguna internet sudah semakin paham bagaimana harus bertransaksi secara online. Untuk membedakan situs jual beli kredibel dengan tidak cukup melihat apakah ia menggunakan HTTP atau HTTPS. Pembeli akan merasa aman bertransaksi jika situs bersangkutan sudah pakai HTTPS.

2. Keamanan Terjaga
Dengan SSL, keamanan data pengunjung yang melakukan transaksi akan dienkripsi secara langsung. Yang artinya hanya pemilik situs dan pengguna yang mengetahui transaksi tersebut. Pihak ketiga yang tidak berkepentingan tidak akan dapat menerobos masuk ke sistem.

Hal ini harus diwaspadai karena penyalahgunaan data saat ini sangat banyak. Sehingga situs apalagi jual beli harus bisa meyakinkan pelanggannya bahwa data yang mereka input akan terjaga baik.

3. Unggul Secara SEO
Google sebagai raksasa mesin pencari pada Agustus 2014 juga telah menggunakan SSL secara resmi. Penggunaan SSL di Google juga berimbas pada hasil pencariannya. Mereka akan mendahulukan situs-situs yang mendapat kepercayaan kepada penggunanya.

Pengalaman yang positif kepada pengguna Google selalu dikedepankan. Meski ini bukan patokan utama, namun Google tetap akan merekomendasikan situs dengan sertifikat SSL.

Lalu bagaimana dengan BLOGOOBLOK?

Seperti yang saya katakan diatas, bahwa SSL ini sangat cocok buat situs jual beli. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk blog pribadi atau yang hanya menyajikan artikel tidak penting. Pada dasarnya SSL ini penting kepada situs yang memungkinan data pribadi penggunannya diinput.

BLOGOOBLOK sejauh ini belum pernah meminta data pribadi pengunjungnya. Kalaupun harus berhubungan dengan pengunjung hanya melalui follow blog yang aplikasinya disediakan oleh blogspot dan itu sudah bersertifikat SSL.

(Baca Juga: Blogspot Sudah Bisa Menggunakan Protokol HTTPS)

Bukannya saya tak ingin mengsertifikasi BLOGOOBLOK, melainkan sejauh ini Blogger belum membuka akses SSL kepada blog yang sudah di custom domain. Yang artinya, BLOGOOBLOK sejauh ini aman-aman saja, karena tidak ada data transaksi secara online yang mengharuskan informasi kartu kredit penggunanya.

Satu-satunya widget donatur yang saya pasang di blog ini adalah Paypal. Itupun tidak ada paksaan bagi siapapun untuk memberikan donasi kepada blog ini. Lagian siapa yang tidak percaya dengan keamanan Paypal. Jadi sekali lagi saya katakan, BLOGOOBLOK tetap aman untuk digunakan, meski belum ber-SSL.

Selamat Bahagia!
+Wisa Rahardi