Cara Merubah Pembayaran Adsense Jadi Transfer Bank



Awalnya pencairan pembayaran Google Adsense hanya bisa dilakukan melalui cek, dimana prosesnya memakan waktu yang cukup lama. Pada awal-awal saya mengenal Google Adsense, cek tersebut dikirim dari negara asalnya, Amerika. Sehingga butuh waktu sekitar 1 bulan untuk pencairan.

Lama kelamaan, publiser dari Indonesia bisa menikmati pembayaran melalui Western Union. Western Union atau biasa disingkat WU adalah jasa pengiriman uang antar negara yang dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar. Proses yang cepat dan online membuat WU adalah pilihan terbaik.

(Baca: Cara Mencairkan Pembayaran Adsense di Western Union)

Saya sendiri selama ini lebih senang menggunakan pencairan Google Adsense melalui WU. Namun belakangan terasa capek juga harus setiap bulan mengantri dan foto copy KTP. Mungkin juga si mbak di Kantor Pos juga mulai bosan dengan saya.

Maka pembayaran Google Adsense saya ubah menjadi transfer bank atau wire transfer. Dengan metode ini, saya tak perlu capek-capek ke kantor pos dan mengisi form setiap bulan. Cukup menunggu di rumah dan pembayaran masuk dengan sendirinya ke rekening kita.

Lagian dengan metode WU, saya juga harus bekerja dua kali. Mencairkannya di Kantor Pos lalu ke bank untuk ditabung. Padahal publiser di Indonesia sudah bisa melakukan pencairan melalui transfer bank. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatur pembayaran lewat bank.
  • Pertama-tama masuk ke bagian setting dengan mengklik logo gir di pojok kanan atas akun Adsense Anda. Lalu pilih Payments
  • Setelah masuk pada bagian Payment History, klik Manage (Kelola) dibagian How you get paid? (Bagaimana Anda menerima pembayaran?). 
  • Karena sudah mengatur pembayaran sebelumnya menjadi WU, maka tampilannya seperti berikut. Untuk mengatur pembayaran menjadi transfer bank, klik Add a New Payment Method
  • Akan muncul dua pilihan Add new wire transfer details dan Add new check details. Pilih yang wire transfer
  • Selanjutnya akan ada form yang harus dilengkapi sesuai dengan data pribadi dan bank Anda. Ingat, data yang diisikan harus tepat, agar pembayaran Anda bisa dicairkan. 

Keterangan:
  1. Account Holder Name: Isi nama lengkap Anda susuai dengan nama akun dan nama yang tertera di rekening bank.
  2. Bank Name: Nama bank Anda, misalnya BRI atau Bank Rakyat Indonesia.
  3. SWIFT-BIC: SWIFT adalah pembawa pesan yang kepanjangannya Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication. SWIFT biasa juga disebut sebagai Bank Identifier Code (BIC). Setiap bank yang melayani transaksi internasional memiliki kode SWIFT-BIC, jadi silahkan cari kode bank Anda. Harus diingat, cari kode SWIFT-BIC Anda sesuai dengan kantor wilayah dimana rekening Anda berada. Jika tak bisa menghubungi bank Anda, cari kodenya di https://www.theswiftcodes.com.
  4. Account Number: Nomor rekening
  5. Re-type Account Number: Masukkan sekali lagi nomor rekening Anda.
Dua pilihan dibawahnya, dibuat khusus untuk akun-akun tertentu. Misalnya jika ingin menerima transferan dalam bentuk dollar, maka pilih pengaturan Intermediary Bank. Tapi Anda harus punya rekening di bank yang berbasis di Amerika. Yang terakhir FFC or FBO jika akan mau menerima transferan dalam bentuk kawat atau kriling.
  • Setelah mengklik Save, tampilan akan kembali ke pengaturan pembayaran. Kini Anda punya dua metode pembayaran yang bisa dipilih. Silahkan klik Set as Primary pada bagian Wire Transfer jika ingin menggunakan metode pembayaran ini. 

Harus diingat. Perubahan metode pembayaran ini akan berlaku pada bulan berjalan jika dilakukan dibawah tanggal 15 setiap bulan. Jika dilakukan diatas tanggal tersebut, maka perubahannya baru akan terjadi di bulan selanjutnya.

(Baca: Ini Cara Pembayaran Adsense Untuk Publisher Indonesia)

Soal potongan jika melakukan pembayaran melalui transfer bank, sejauh ini memang sering disebut-sebut ada. Namun dari beberapa akun Adsense yang saya kelola dan melakukan transfer bank, nyaris uang yang masuk sama persis dengan yang tertera pada penghasilan.

Bagi akun Adsense yang versi Bahasa Indonesia, sejauh yang saya tau memang hanya menerima pembayaran melalui bank. Dan jika melakukan pengaturan pertama kali akan dikirimi kode verifikasi melalui rekening. Kode itu sebagai pengganti PIN yang dikirim ke alamat rumah.


Selamat mencoba!
+Wisa Rahardi