Tampilan Baru Dashboard Blogger Lebih Segar dan Kekinian



Beberapa waktu belakangan, saya banyak kesibukan di dunia nyata, sehingga tidak punya banyak waktu untuk menulis postingan. Tapi bukan tidak melihat apa yang terjadi di BLOGOOBLOK. Semua komen dan email yang masuk saya baca, meski tidak semua yang saya balas.

Seperti biasa, setiap hari saya akan login ke dashboard blogspot yang saya miliki. Beberapa hari terakhir memang saya sedikit dibingunkan dengan hilangnya tombol lihat blog, yang biasanya ada dibagian atas. Alih-alih berpikir bahwa itu sengaja dihilangkan oleh blogger, saya malah berpikir, koneksi saya yang sedang lelet.

Ternyata, hilangnya tombol lihat blog tersebut adalah bagian dari update yang dilakukan oleh blogspot. Pertanggal 22 November 2016, Blogger resmi berubah wajah di tampilan dashboard-nya. Pengumuman itu dipublikasikan di blog resminya di blogger.googleblog.com.

Namun, saya baru menyadari perubahan ini setelah melihatnya hari ini, Rabu 23 November 2016. Sama seperti tampilan baru pada akun adsense yang dilakukan Google beberapa waktu lalu, konsep yang ditawarkan blogger juga tidak jauh berbeda. Yakni tampil lebih dinamis, simple dan frest.

Kita tak akan menemukan lagi tab overview saat pertama kali login ke blogger. Sebaliknya, kita akan langsung menemukan daftar postingan yang sudah dipublikasikan. Alasan Blogger melakukan ini tentu saja agar lebih sederhana dan mempersingkat waktu akses.



Secara tidak langsung, Blogger menginginkan kita agar lebih sering membuat postingan karena itu mereka menempatkan hal ini lebih utama. Secara keseluruhan, nyaris tidak ada perubahan posisi, selain menu Laman yang ditempatkan dibawah menu Kampanye. Dulunya dia ada tepat dibawah Pos.

Perubahan mendasar Blogger ini adalah bagian yang tak terpisahkan dari inovasi Google. Mereka akan selalu melakukan update takkala ada hal baru yang mereka kerjakan. Saya sendiri sudah lupa, sudah berapa kali Blogger melakukan perubahan dashboard sejak saya mengenal dunia blog.

(Baca Juga: Blogspot Sudah Bisa Menggunakan Protokol HTTPS)

Intinya, mereka akan memberikan kemudahan kepada penggunanya sebaik mungkin. Tampilan baru ini juga menunjukkan Google sedang masuk ke era yang lebih sederhana dan tidak berat. Pemilihan warna putih dengan sedikit bagian orange makin menambah nyaman dimata.

Untuk mempelajari tampilan baru Blogger ini, silahkan menjelajahinya sendiri. Saat masuk pertama kali, akan muncul tampilan seperti berikut. Klik saja mengerti dan semuanya akan tampil sesuati update terakhir. Blog yang paling sering dibuka dalam akun kita yang akan tampil lebih awal.



Jika ingin melihat daftar blog yang kita miliki, tinggal mengklik nama blog yang dipojok kiri atas. Selanjutnya Anda akan dibawah ke dashboard blog lainnya. Begitu juga untuk membuat postingan, tidak ada hal yang berubah. Bedanya hanya posisi, soal fungsi-fungsi masih tetap sama.

Secara keseluruhan, saya senang dengan tampilan baru Blogger ini. Lebih sederhana dan kekinian. Mata juga tidak mudah lelah dengan kombinasi warna yang mereka mainkan. Dan terakhir, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak Blogger, karena mencatut nama Jakarta di awal pengumumannya melakukan perubahan ini.

(Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Blogspot Jadi .CO.ID)

Sepertinya Indonesia dimata Google adalah sesuatu yang menjanjikan, sampai-sampai harus menyebut berdampingan New York dan Jakarta. Semoga dengan tampilan baru ini dan juga dipakainya nama Jakarta dalam rilis Blogger, kita bisa lebih giat dan kreatif lagi dalam menciptakan konten yang berkualitas dan bermanfaat buat banyak orang.

Salam Blogger dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi