Cara Melacak Smartphone Android Yang Dicuri Tanpa Aplikasi



Saat ini, orang-orang lebih memilih ketinggal dompet di rumah ketimbang ketinggalan smartphonennya. Saking pentingnya, gadget dalam kehidupan kita, sampai banyak hal yang awalnya mustahil bisa dilakukan dengan teknologi, tidak terkecuali dengan smartphone. Salah satunya dengan memasak spageti menggunakan aplikasi.

Tapi bukan itu yang akan kita bahas dalam artikel ini. Kita akan membahas bagaimana cara melacak smartphone yang hilang. Baik itu hilang karena kita lupa menyimpannya dimana atau ketinggalan dimana, atau bahkan hilang karena sengaja diambil orang lain.

(Baca Juga: Cara Merawat Blog Sederhana Tapi Nampak Profesional)

Tidak sedikit orang yang kehilangan benda yang jadi teman sehari-hari tersebut. Kalau sudah demikian, maka kegalauan pun melanda sama seperti ditinggal mantan demi orang lain. Sebenarnya, gadget pintar ini bisa dicegah dari segala macam modus pencurian, namun kadang kala kita juga lupa melakukan proteksi.

Olehnya itu, kali ini kita akan membahas bagaimana cara melacak kembali smartphone yang hilang karena dicuri atau tercecer. Caranya cukup mudah bahkan tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cukup dengan menggunakan Android Device Manager.

Android Device Manager ini milik Google, sebagaimana kita semua pahami, kalau Android itu juga diciptakan oleh Google. Sehingga jika terjadi hal macam-macam, sebaiknya juga menggunakan layanan Google. Selain hasilnya yang lebih akurat, dengan menggunakan layanan ini, kita secara tidak langsung juga menghargai Google.

Melacak Android Yang Hilang Langsung dari Android

Jika dihadapkan pada suasan seperti ini, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunakan smartphone yang lain untuk melacaknya. Jika tidak punya, bisa pinjam milik teman. Setelah itu, instal Android Device Manager di smartphone tersebut melalui Play Store.

(Baca Juga: 20 Hal Yang Dirasakan Full Time Blogger)

Hal utama yang harus diingat adalah email dan pasword yang aktif di gadget yang menghilang tersebut. Karena jika tidak mengingatnya, maka proses ini tidak bisa dilanjutkan. Dengan Android Device Manager kita bisa melacak posisi smartphone itu berada hingga mengunci atau menghapus data yang ada di dalamnya.

  • Setelah melakungan penginstalan selanjutnya buka programnya. Halaman pertama yang akan dilihat adalah ucapan selamat datang. Klik Terima untuk melanjutkan prosesnya. 
  • Anda kemudian akan diminta untuk login menggunakan akun Google yang aktif di smartphone tersebut. 
  • Jika berhasil mana, informasi seputar gadget tersebut akan muncul. Seperti pada contoh ini, saya melacak salah satu smartphone milik kerabat. Android Device Manager akan menginformasikan posisi terakhir gadget tersebut aktif. 
  • Jika sekedar lupa menyimpannya dimana, Anda bisa mengaturnya agar berdering. Dengan menekan tombol Deringkan. Smartphone tersebut akan berdering dengan volume maksimal selama 5 menit. 
  • Anda juga bisa memilih mengganti kunci smartphone tersebut jika yakin benda itu telah dicuri. Bisa juga memilih menghapus semua data yang ada di dalamnya, antisipasi agar tidak terjadi penggunaan identitas pribadi tanpa sepengetahuan. 


Android Device Manager bahkan juga bisa digunakan untuk mencari dua gadget sekaligus. Silahkan menggunakannya dengan baik dan maksimal. Karena layanan ini tidak berbayar. Anda juga bisa membukanya melalui komputer jika perangkat smartphone untuk melacaknya tidak dimiliki.

  • Caranya dengan membuka laman www.google.com/android/devicemanager. Prosesnya sama, dengan cara melalui smartphone. Anda harus login menggunakan akun Google. 
  • Setelah itu muncul halaman selamat datang, klik Accept jika berbahasa Inggris dan Terima jika berbahasa Indonesia. 
  • Selanjutnya seperti di smartphone, ada informasi untuk menderingkan dan mengunci atau menghapus data. 
  • Jika GPS di smartphone Anda tidak aktif dan gadget tidak diketemukan, maka kamu bisa melakukan setting dengan menekan tombol Erase. Dengan begitu, kamu smartphone Anda akan jadi pengaturan pabrik dan secara otomatis GPS akan menyala. Dengan begitu lokasinya akan mudah ditemukan. 

Hanya saja dengan menempuh jalan diatas, syarat utamanya adalah smartphone kamu masih dalam keadaan aktif. Jika si pencuri langsung menonaktifkan gadget, cara ini tidak bisa dilakukan. Tapi jangan khawatir, masih banyak jalan menuju Roma dan smartphone non aktif pun ada caranya untuk diketemukan.

+Wisa Rahardi