Cara Menarik Uang dari PayPal ke Bank Lokal Indonesia



Beberapa waktu lalu, saya mendapat orderan review dari salah satu situs luar negeri. Karena mereka tidak menyediakan metode pembayaran melalui transfer bank, jadilah saya harus menggunakan akun PayPal. Akun ini sudah saya buat sejak lama, namun tidak pernah digunakan sama sekali.

(Baca: Mendulang "Durian Runtuh" dari Job Review)

Alasan mengapa tidak menggunakan PayPal selama ini, karena akun tersebut belum sempat saya verifikasi dengan kartu kredit. Saat membuat PayPal tersebut saya memiliki kartu kredit, namun malah lupa melakukan verifikasi hingga kartu kredit tersebut saya tutup karena kelebihan pemakaian. Maklum anak muda yang ceroboh :)

Jadilah akun itu berdiam diri dalam waktu yang tidak sebentar. Kadang-kadang juga menengoknya, berharap ada yang memberi donasi. Namun telurnya tidak pernah terpecahkan. Padahal, saya juga ingin merasakan pengalaman menggunakan Paypal. Semuanya kemudian jadi nyata pada 28 Maret 2017 ini.

Melalui email pribadi, notifikasi pembayaran ke akun PayPal saya dilakukan oleh perusahaan luar negeri tersebut. Disitu juga tercantum ihwal apa uang itu dikirimkan. Total yang dikirim sebenarnya $26,25 USD, namun yang masuk ke rekening PayPal saya hanya $24,79 USD, $1,46 sisanya menjadi fee atau biaya transaksi.



Note: Nama perusahaan yang membayar kami rahasiakan untuk menunjukkan profesionalisme kerjasama yang kami lakukan. 

Karena ini adalah pengalaman pertama saya bertransaksi melalui PayPal, awalnya saya juga khawatir, uang itu tidak bisa saya tarik ke rekening pribadi di bank lokal di Indonesia. Setelah login dan melihat rupa uang yang meski jumlahnya tidak besar tersebut, hati ini riang gembira.

(Baca Juga: Cara Dapat Kartu Kredit Gratis dari Payoneer)

Beberapa referensi pada waktu lampau pernah bergentayangan di benak saya, bahwa PayPal yang belum terverifikasi kartu kredit akan susah melakukan penarikan dana. Ada juga yang mengatakan, batasannya maksimal $1.000,00. Nyatanya tidak demikian, jumlah batasan penarikan uang yang bisa kita lakukan tanpa verifikasi adalah $10.000,00 USD.

Itu artinya, nilai $24,79 tidaklah jadi masalah sama sekali. Maka proses penarikan inipun saya lakukan. Akun PayPal saya sebelumnya sudah terintegrasi dengan Bank lokal Indonesia, sehingga prosesnya akan lebih mudah. Saya menggunakan rekening BCA untuk kartu debit di PayPal.

1. Langkah pertama yang saya lakukan adalah login ke akun PayPal saya. Tepat disebelah kiri halaman, terdapat tab saldo dan disana tertulis saldo yang hendak saya tarik. Dibawah total saldo itu ada link bertuliskan Tarik Dana. Untuk menarik uang silahkan klik link tersebut.



2. Kemudian akan muncul halaman baru yang harus diisi. Pada kotak Jumlah, masukkan total dana yang hendak ditarik. Jika ingin menarik seluruhnya, maka masukkan jumlah total saldo, bisanya juga menyisahkan sebagian untuk dijadikan simpanan. Mungkin besok lusa ada hal yang perlu dibayar menggunakan PayPal. Tapi karena saya lagi butuh duit, semua saldonya saya tarik. Setelah itu klik Lanjutkan.


3. Halaman selanjutnya adalah halaman verifikasi dan proses yang akan terjadi. Kita diminta memeriksa kembali jumlah yang akan ditarik. Karena ini di transfer ke Bank lokal Indonesia, maka mata uangnya akan langsung di konversi. Kebetulan saja, saat transaksi ini terjadi nilai tukar rupiahnya hanya Rp12.922 per $1 USD. Pada laman ini juga ada informasi sampai berapa lama proses ini dilakukan. Jika sudah yakin, selajutnya klik tombol Tarik.



4. Jika berhasil maka akan muncul tulisan seperti berikut.


5. PayPal akan kembali mengirim email yang menginformasikan bahwa mereka sedang melakukan proses pengiriman uang. Jika mengakses kembali akun PayPal Anda, akan terlihat dengan jelas saldo rekening menjadi kosong. Dan akan terlihat ada proses transaksi yang berlangsung dibagian kanan.


















Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu sampai uang tersebut mendarat di rekening bank lokal Anda. Harus diingat, proses transaksi ini juga membutuhkan biaya, sebesar Rp16.000. Aturan ini diberlakukan PayPal untuk transaksi dibawah Rp1,5 juta. Biasanya kalau lebih besar dari itu, tidak ada biaya sama sekali.

(Baca Juga: Cara Aktivasi Kartu Kredit Master Card Payoneer)

Hingga tulisan ini saya buat, transferan uang itu belum saya terima. Tapi saya percaya, dua tiga hari kedepan dananya akan sampai. Pun kalau tidak kita bisa meminta bantuan ke pihak PayPal untuk melakukan pengecekan. PayPal adalah rekening online yang punya reputasi terbaik di dunia. Jadi merasa aman-aman saja.

Update: Transferan dari Paypal masuk ke rekening saya pada Tanggal 31 Maret 2017, yang artinya dua hari sejak saya melakukan penarikan. 

Mungkin ini terlihat norak, tapi inilah pengalaman pertama saya bertransaksi menggunakan PayPal. Beberapa orang barangkali mengatai saya kuper atau kampungan, tapi saya memilih menceritakan hal yang sesungguhnya ketimbang pura-pura ahli dalam transaksi di PayPal.

Bagaimana dengan kalian?

+Wisa Rahardi