Memaksimalkan Penghasilan Adsense dengan Mitra Tesertifikasi



Pada beberapa postingan Blogooblok yang membahas tentang Google Adsense, muncul banyak pertanyaan bagaimana agar mereka bisa diterima menjadi publisher atau penayang iklan. Ada yang mengaku berulang kali mendaftar namun ditolak juga, ada pula yang sampai putus asa dan tak mau mendaftar lagi.

Harus diakui, Google Adsense masih menjadi primadona bagi blogger untuk mengungkan blognya. Saya sendiri saat pertama kali diterima Google Adsense sangat berbahagia. Seperti saat lulus Ujian Nasional dengan nilai sangat baik. Intinya bangga dan senang luar biasa.

Tapi kemudian, tantangannya bukan hanya saat mendaftar dan diterima. Yang harus dipikirkan bagaimana setelah itu. Bagaimana cara meningkatkan penghasilan dan membuat blog benar-benar sebagai mesin uang. Tidak mudah dan bahkan banyak yang gagal karena ingin cepat berpenghasilan dengan menempuh cara kotor.

(Baca Juga: Cara Paling Jitu Daftar Google AdSense Agar Diterima)

Kalau sudah demikian, tidak sedikit yang harus kena banned. Padahal Google bukanlah mesin yang tolol. Ada banyak orang yang terlibat dibelakangnya, yang siap meniup sumpritan jika penggunanya melakukan cara-cara nakal. Pun kalau lolos dari mata-mata Google, tunggulah orang lain yang melaporkannya.

Pada dasarnya, tidak ada celah bagi publisher Adsense untuk berbuat jahat. Mereka punya aturan jelas dan tegas. Jadi saya menyarankan tempuhlah cara yang normal dan disarankan oleh mereka. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan penghasilan yakni dengan menjalin kerjasama dengan Mitra Tesertifikasi AdSense.

Mengenal Program Mitra Tesertifikasi Google AdSense

Secara singkatnya, program ini bisa dijelaskan sebagai pihak ketiga yang dipercaya oleh Google untuk mengelola akun Adsense milik publisher. Harus dipahami, bahwa Google Adsense itu tidak sepenuhnya dijalankan oleh mesin. Ada banyak orang yang terlibat dibaliknya, sehingga Google memandang perlu adanya bantuan dari luar.

Bantuan dari luar itu, terkhusus untuk memberi pendampingan kepada penayang iklan agar mampu meningkatkan penghasilan. Sejak tahun 2015, Google telah menutup pendaftaran untuk menjadi mitra tersertifikasi, meski mereka tetap saja menyediakan laman untuk melamar.

Sejauh ini, yang saya tahu, Google menjalin kerjasama dengan 38 mitra tersertifikasi di seluruh dunia. Beberapa diantaranya berkiprah di Indonesia, seperti ADOP dan Geniee. Khusus Geniee basis bisnisnya sebenarnya ada di Jepang, namun saat ini mulai merambah Indonesia.

Program mitra publisher bersertifikat Google ini bisa menjadi solusi yang baik untuk para penayang iklan. Mereka adalah ahli atau pakar yang sudah melalui banyak tahapan pelatihan dalam mengembangkan Google Adsense, DoubleClick Ad Exchange, dan DoubleClick for Publishers.

Tugas utama mereka mendampingi dan memberi masukan kepada publisher Adsense dalam mengoperasikan akun mereka. Bisa juga memberi solusi cara memasang iklan yang potensi revenuenya sangat tinggi. Salah satunya yang Blogooblok lakukan dengan memasang sticky ads di sisi kanan dan kiri blog ini.

(Baca: Cara Memasang Sticky Ads Untuk Adsense di Kanan Kiri Blog)

Sticky ads itu adalah format yang harus mendapat persetujuan dari Google. Kebetulan, Blogooblok sedang menjalin kerjasama dengan Geniee Indonesia. Melalui merekalah, saya mendapat lampu hijau untuk memasang sticky ads di sisi kanan dan kiri tersebut.

Bagaimana Cara Menemukan Mitra Tesertifikasi AdSense?

Pertanyaan ini mungkin klise. Namun, banyak juga yang mempertanyakan hal ini. Jawaban utamanya silahkan di baca pada laman Program Mitra Tesertifikasi AdSense. Disana disebutkan pula semua mitra yang menjalin kerjasama dengan Google dan alamat email serta websitenya jika tertarik menjalin hubungan.

Jika ditanya, apakah Blogooblok juga mengajukan permohonan kerjasama?. Jawabannya tidak. Saya tidak mengajukan permohonan, tapi disuatu hari yang cerah, email saya mendapat pesan baru dari Mas Viddy Rizkiyansah, perwakilan Geniee Indonesia. Beliau menawarkan kerjasama dengan salah satu website yang saya kelola.

Singkat cerita, kerjasama itu terjalin meski mengalami kendala. Kemudian, kerjasama ini kami bicarakan kembali untuk dialihkan ke program Adsense yang menyasar Blogooblok. Jadilah, hingga saat ini saya masih menjalin kerjasama dengan mereka.

Saya tidak ingin menjelaskan panjang lebar tentang Geniee, silahkan teman-teman pelajari sendiri di websitenya. Atau jika ingin menjalin kerjasama dengan mereka, hubungi email Mas Viddy di viddy.rizki@geniee.co.jp. Mereka akan dengan senang hati membantu.

Intinya, kerjasama dengan program mitra tersertifikasi Google, tidak hanya mendampingi saat akan mengembangkan penghasilan, namun juga bisa membantu melakukan pendaftaran. Ada banyak alat yang bisa digunakan untuk meningkatkan penghasilan yang hanya dimiliki oleh mereka.

Sedikit gambaran, untuk bekerjasama dengan salah satu mitra Adsense semuanya bersifat gratis, namun Anda harus rela berbagi penghasilan Adsense dengan mereka jika programnya sudah berjalan. Pada akun Adsense Anda juga akan muncul tulisan Managed Account yang artinya, akun Anda saat ini dikelola oleh pihak ketiga.

Untung Ruginya Kerjamasa dengan Mitra Google

Bicara untung dan rugi saya rasa akan berbeda tergantung dari sudut mana satu program itu dilihat. Dalam hal ini, jika melihat bagi hasil yang dilakukan dengan mereka, serasa tidak mengenakkan. Namun, disatu sisi, atas bantuan mereka ada peran besar kecil yang membuat penghasilan kita dari Adsense sedikit bertambah.

Pada setiap mitra, keuntungan yang diambil bervariasi. Itupun masih harus berhitung berapa banyak program milik mereka yang dipakai di website atau blog kita. Namun secara umum, bekerjasama dengan mitra Google ini memiliki banyak manfaat. Salah satu yang menarik karena akun kita nantinya jadi akun premium.

Akun premium tentu punya kelebihan sendiri dibanding akun biasa. Dimana jenis iklan yang muncul akan variatif dan penghasilan juga akan mengalami peningkatan. Secara umum berikut beberapa manfaat yang diperoleh jika kerjasama dengan mitra Google.

  1. Sebagai penayang, kita akan mendapat layanan lengkap dalam pengoperasian Google Adsense, penerapan hingga pengujian iklan yang cocok.
  2. Kita juga akan mendapat akses untuk pengembangan desain seluler, web, aplikasi, dan responsif.
  3. Akan mendapat akses untuk menggunakan alat moderasi konten. Salah satu contohnya Adpushup yang dikembangkan oleh Geniee. 
  4. Kita juga akan mendapatkan solusi platform dan monetisasi untuk video
  5. Akan ada pula penyesuaian iklan dengan blog yang kita kelola. 
  6. Yang paling mengasyikkan dengan kerjasama ini, kita dibantu dalam melakukan tracking kualitas dari website untuk mendeteksi pelanggaran umum google yang terjadi agar dapat memberikan peringatan lebih awal yang artinya membantu menjaga akun google AdSense dari potensi banned. 
  7. Tak kalah pentingnya juga, sebagai penayang, kita akan mendapat konsultasi dan dukungan gratis dalam mengembangkan blog atau website. 

Meski dilihat sangat menguntungkan, namun kerjasama ini tidak akan berjalan baik kalau trafik blog atau website kita juga tidak bertambah. Jadi kunci utama untuk mensukseskan program mitra ini, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah menambah jumlah trafik.

Enaknya, dengan kerjasama ini, pemilik website sisa mencurahkan perhatiannya dalam membuat konten. Biarkan mitra yang bekerja untuk optimasi penghasilan. Meski dalam tulisan ini saya menyebut beberapa mitra Google, bukan berarti saya menyarakan untuk kerjasama dengan mereka. Pilihan itu tetap ada pada setiap individu. Jadi silahkan dipelajari dan selamat berkarya!

+Wisa Rahardi