Cara Membuat Website Tanpa Kursus Yang Mahal



Saat ini banyak sekali tempat kursus offline maupun online untuk membuat blog atau website. Jumlah pengguna internet yang terus meningkat menambah kebutuhan akan blog dan wesbite juga meningkat. Ada banyak alasan orang membuat website, baik untuk kepentingan bisnis maupun sebagai portofolio online saja.

Sekarang tidak susah menjadi apa saja di internet. Bahkan beberapa perusahaan besar akan melacak calon pekerjanya dari jejaknya di internet. Baik ia aktif di dunia blog atau sosial media. Track record itulah yang ingin dipelajari perusahaan sebelum memutuskan mempekerjakan orang bersangkutan.

Karena tingginya permintaan jasa pembuatan blog dan website, bisnis baru pun bermunculan. Kursus pembuatan website. Hanya saja ada banyak sekali jasa kursus tersebut yang memasang harga cukup mahal. Meski beberapa diantaranya memang terbukti baik dan menjanjikan.

(Baca Juga: Cara Memilih Nama Domain dan Hosting Yang Baik)

Namun bagi yang punya dana terbatas, kursus bukan jadi pilihan utama. Jika ada hal yang bisa dipelajari dan dilakukan sendiri, mengapa harus buang-buang duit. Tapi jika harus melakukan kursus, itu juga tak jadi masalah, malah bisa lebih baik jika punya minat menjadikan keahlian tersebut sebagai profesi.

Tapi sebelum memutuskan pilihan, ada baiknya mempelajari sendiri cara membuat website tersebut. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum membuat website.

1. Tujuan

Dalam membuat website atau blog, hal utama yang mesti dirumuskan adalah tujuan membuatnya. Apakah dibuat untuk tujuan bisnis, branding atau untuk company profil, atau bisa jadi untuk situs berita dengan segudang konten. Hal ini perlu dibicarakan karena menentukan langkah selanjutnya.

2. Domain dan Hosting

Website itu seperti rumah. Ia memiliki lokasi dan punya beberapa ruangan untuk menampung banyak perlengkapan, begitu juga sebagai tempat bernaung orang-orang, baik ia sebagai pemilik atau tamu. Domain ibarat alamat rumah dan hosting adalah rumahnya. Setelah menentukan tujuan yang tepat maka pemilihan domain dan hosting ini sangat berpengaruh.

3. Maintenance

Hal ini banyak disepelekan oleh orang-orang. Pemeliharaan website. Layaknya rumah, harus secara berkala diperihara agar tidak terjadi kerusakan parah. Eksistensi satu website sangat besar pengaruhnya pada maintenance ini. Maka buatlah semua itu bekerja dengan optimal, lakukan update themes dan plugin pada versi terbaru.

Dari tiga hal penting diatas, bagian kedualah yang harus benar-benar diperhatikan. Bagaimana cara memilih penyedia hosting dan domain yang tepat dan tidak merepotkan. Karena tidak sedikit penyedia hoting yang awalnya manis dibibir tapi dibuang kemudian.

Banyak faktor bisa mempengaruhinya, salah satunya penyedia tersebut mulai kurang diminati sehingga pelayanannya pun kendor. Atau yang disediakan hanya hosting dan domain saja, yang lain cari sendiri. Padahal kalau mau teliti, ada banyak penyedia hosting dan domain yang bisa membantu kita dalam banyak hal. Termasuk mempermudah kita dalam membuat website sendiri.

Salah satu web hosting yang menurut pengalaman saya cukup lengkap adalah Niagahoster. Member dari Hostinger Group, penyedia hosting skala internasional dengan reputasi terbaik ini menawarkan produk yang tidak hanya unggul tapi juga ramah dan lengkap dalam memberi layanan.

Salah satu layanan yang tidak dimiliki oleh penyedia hosting lain adalah video tutorial cara membangun website dari awal hingga jadi. Video tutorial seperti ini biasanya dijual oleh beberapa lembaga kursus membuat website, sementara di Niagahoster semuanya gratis asal membeli produk mereka.



Tidak tanggung-tanggung, Niagahoster menyediakan puluhan video tutorial yang disediakan gratis. Semua video itu bisa dilihat dibagian Panduan Pengguna di dashboard setelah login. Panduan ini akan mempermudah pengguna bahkan untuk hal-hal yang lebih spesifik, seperti Cara Menghubungkan Nama Domain dengan URL Facebook.

(Baca Juga: 5 Web Hosting Terbaik dan Terpercaya di Indonesia)

Selain video tutorial yang membuat Niagahoster unggul jauh, ada pula layanan membuat blog atau website dengan menggunakan Weebly. Weebly adalah website builder yang mempermudah pengguna mendesain website atau blognya hanya dengan tarik dan atur. Dibeberapa penyedia hosting, layanan ini berbayar namun di Niagahoste gratis.

Dengan menggunakan Weebly bagi yang tidak paham sama sekali soal coding pun bisa membuat website dengan sangat profesional. Cara menggunakannya sangat mudah dan saya yakin siapapun yang memakainya akan dengan cepat mahir.

Mereka juga sudah menyediakan layanan SSL (Secure Sockets Layer) gratis untuk pembelian domain dan hosting sekaligus. Jangan khawatir jika tidak tahu cara melakukan pemesaran, layanan 24 jam mereka akan membantu menyelesaikan orderan. Begitu pula dengan melakukan konfigurasi.

Gunakan kupon BLOGOOBLOK untuk dapat diskon 10% Niagahoster diluar diskon reguler 50%. Masukkan kupon a-Blogooblok di kolom Kode Promosi saat ingin melalukan pembayaran.

Jadi, dengan hanya menggunakan layanan Niagahoster, kita bisa membuat website tanpa perlu kursus yang mahal. Mereka akan membantu setiap hal dalam melakukan building website atau blog. Saya sudah berulang kali menggunakan jasa Niagahoster untuk beberapa website clien dan sejauh ini baik-baik saja. Bahkan selalu dibantu saat mengalami kendala.

Hosting Unlimited Indonesia