Cara Terbaik Menguangkan Blog dengan MediaVenus



Forbes telah mengeluarkan laporan bahwa native ads akan menguasai dunia periklanan global hingga waktu-waktu mendatang, bahkan mereka memprediksi 74 persen belanja iklan dunia akan diserap oleh native ads.

Adyoulike juga mengatakan hal yang sama. Sebagaimana dilaporkan The Huffington Post, mereka mencatat pada tahun 2018 belanja iklan khusus ke native ads akan mencapai $59 miliar di seluruh dunia.

Dengan prediski dari pakar periklanan dunia tersebut, maka tidak heran kalau Google Adsense juga mulai merambah jenis iklan yang lebih komunikatif ini. Disebut komunikatif, karena native ads terkesan lebih dekat dengan pengguna ketimbang iklan biasa dalam bentuk banner atau teks biasa.

Native ads adalah jenis iklan dalam bentuk konten multimedia. Bahasa kerennya, iklan advetorial dalam dunia digital. Wujud tayangnya bisa apa saja, mulai dari banner, artikel atau jenis lainnya. Tapi pada dasarnya, native ads adalah media berpromosi yang wadahnya melalui konten. Tujuannya tentu agar konsumen yakin dalam membeli atau melakukan sesuatu.

Karena native ads punya masa depan yang cemerlang. Maka tidak heran jika saat ini telah banyak layanan periklanan yang fokus utamanya ke native ads. Saking banyaknya, kadang-kadang ada juga yang berlaku curang dan tidak menjanjikan. Olehnya itu, selektif dalam memilih layanan native ads harus dikedepankan.

Ada banyak faktor yang harus diperhatikan sebelum menentukan pilihan. Namun yang paling utama soal dukungan bahasa Indonesia. Karena kita sebagai warga negara Indonesia tentu tidak ingin salah pasar. Kontennya berbahasa Indonesia tapi iklannya untuk komunitas berbahasa yang beda. Itu konyol namanya.

Beberapa hari yang lalu, seorang teman yang cukup saya percaya dari India memberikan saran untuk mencoba layanan native ads yang kredibel. Ia telah menggunakan layanan tersebut untuk blog pribadinya dan hasilnya lebih efektif dalam mencari uang di internet. Layanan itu bernama MediaVenus.

Tanpa basa basi, saya pun mencoba menggunakan MediaVenus untuk beberapa blog yang saya kelola. Hasilnya memang menjanjikan dan bisa pula disandingkan dengan Google Adsense. Itung-itung, buat kalian yang belum juga diterima sama Google Adsense, ini bisa jadi alternatif terbaik menguangkan blog.

Apa itu MediaVenus?

Mungkin saya dan beberapa diantara teman-teman juga awalnya tidak tahu tentang MediaVenus. Selama ini, saya dan sebagian blogger lainnya masih terpaku pada penghasilan melalui Google Adsense. Itu sebenarnya pikiran yang kecil, karena media siber telah menjelma menjadi sesuatu yang tanpa batas.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, MediaVenus adalah layanan native ads yang memungkinkan kita menghasilkan uang dengan memanfaatkan lalu lintas pengunjung blog. Maksudnya, dengan kunjungan ke blog kita saja dan orang melihat iklan tersebut, sudah mendapat bayaran dari mereka, belum lagi kalau iklan tersebut sampai diklik oleh si pengunjung.

Sistem demikian memungkinkan kita mendapat penghasilan lebih besar. Apalagi jika blog yang kita kelola telah ramai pengunjung. Ada banyak alasan mengapa harus memilih MediaVenus sebagai ladang memonetize blog. Pertama, layanan ini telah terbukti membayar penayangnya. Kedua, ia mendukung Bahasa Indonesia dan 50 bahasa lainnya dari 200 negara yang berpartisipasi.



Ada lebih dari 110.000 penerbit dari 30 negara yang mempercayakan iklannya ke MediaVenus. Sebagai publisher kita juga tak perlu khawatir, karena mereka dengan tegas mengatus soal kode malware. Jika ada pengiklannya yang ketahuan memasang malware akan langsung didepak. Itu memberi jaminan kepada kita, bahwa iklan mereka tidak akan menganggu pengunjung tercinta kita.

Soal jenis iklan juga ada banyak pilihan. Kita bahkan bisa menarget pengunjung yang sangat spesifik, seperti jenis kelamin dan kegemaran mereka. MediaVenus menyediakan tools khusus untuk memaksimalkan penghasilan. Meski mereka tidak bermarkas di Indonesia, tapi menyediakan manajer pribadi yang bisa membantu kita dalam setiap masalah yang dihadapi. Bahasanya juga menggunakan bahasa yang kita gunakan sehari-hari.

Soal pembayaran, MediaVenus akan membayar kita setiap pekan dengan nominal CPC yang ditawarkan sebesar $0.07 dan CTR $0.46. Itu artinya, semakin tinggi pengunjung harian kita, maka semakin besar pula penghasilan yang didapat. Mereka menerima pembayaran dalam berbagai bentuk dengan minimal pembayaran $15 dan jika langsung transfer ke rekening pribadi sebesar $500.

Secara fasilitas dan kenyamanan, saya menyukai MediaVenus dibanding layanan serupa lainnya. Meski pendaftarannya cukup mudah, bahkan tidak memakan waktu hingga lima menit, namun ada aturan tetap yang mereka tegakkan. Mungkin ini yang sedikit memberatkan bagi blogger di Indonesia.

Aturan lainnya, tidak jauh berbeda dengan layanan serupa, kecuali aturan nomor satunya adalah situs atau blog yang hendak dipasangi iklan MediaVenus haruslah situs dengan hosting berbayar. Yang artinya, blog gratisan gugur pertama, begitu pula dengan blog gratisan yang sudah custom domain.

Selain blog atau situs dengan hosting berbayar, mereka juga menetapkan aturan, lalu lintas pengunjung blog kita harus memiliki sedikitnya 500 view perhari. Jadi, sebelum mendaftar harus memastikan hal ini.

Aturan yang sedikit ketat inilah yang membuat MediaVenus jadi kian terpercaya, karena tidak serampangan menaruh iklannya. Mereka kurasi dan teliti dengan seksama setiap penayangnya. Ini akan berimpek pada pengiklan mereka. Kepercayaan dalam bisnis advertising memang nomor satu dan itu disadari betul oleh MediaVenus.

Cara Mendaftar di MediaVenus

Setelah mengetahui aturan dasar yang ditetapkan oleh MediaVenus, dan teman-teman blogger sebangsa dan setanah air merasa sudah cukup yakin untuk mendaftar. Tidak perlu menunggu lama, lakukan pendaftaran dengan mengunjungi situs mereka di MediaVenus atau kunjungi laman berikut.

cara mendaftaranya sangat mudah, cukup dengan tiga tahap, sing up dengan kurang lebih dua kali klik, tempatkan iklan di blog atau situs yang didaftarkan lalu hasilkan duitnya. Prosesnya tidak makan waktu yang lama, semua dilakukan dengan cara yang sederhana. Tampilan dashboardnya juga user friendly sehingga cocok untuk yang belum mahir sekalipun.











Yang harus diperhatikan, jika kamu ingin menghasilkan uang melalui blog, mendaftarnya di tap For Publishers bukan For Advertiser, karena itu untuk pengiklan. Cukup memasukkan data-data umum, seperti email, password, pilih bahasanya dan negaranya. Untuk bahasa tidak ada memilih English tapi negara atau countrynya pilih Indonesia.

Setelah itu, klik Sign Up dan mereka akan mengirimkan email notifinasi untuk diverifikasi. Klik link yang dikirim dan selanjutnya, anda berhasil mendaftar ke MediaVenus. Silahkan login menggunakan email dan password yang telah dibuat sebelumnya.



Setelah berhasil login, akan muncul tampilan dashboard yang sederhana dan enak dipandang mata. Untuk menambahkan website cukup dengan mengklik Add Website. Ingat, sebelum mendaftar, pastikan situs kamu memenuhi syarat yang saya sebutkan sebelumnya.

Saat mendaftarkan situs ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama soal site subjectnya. Pilih kategori situs atau blog kamu sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak pilihan dalam site subject. Setelah itu, masukkan URL situs mu dengan terlebih dahulu mengetikkan http:// di depannya.

Pada bagian statistick URL, jika kamu tidak menggunakan tools khusus untuk meningkatkan trafik, maka kosongkan saja. Begitu pula dengan dua login password dibawahnya. Sebelum mengklik Add Website pastikan, centangnya ada di Add Widgets, karena MediaVenus pada dasarnya bekerja menggunakan widget.


Halaman selanjutnya, adalah proses untuk mengenerate widget. Pada bagian ini, kamu bisa mengatur bagaimana tampilan iklannya dimunculkan. Bisa juga memilih menggunakan banner jika kamu berkehendak. Jangan lupa pula memberi nama pada widget yang dibuat, agar mudah pada saat mengukur kinerjanya.

Selain mengatur tampilannya iklannya, pada bagian ini, kita juga bisa mengatur soal iklan apa saja yang akan muncul. Kita bisa memfilter iklan yang tak diinginkan seperti iklan 18 tahun keatas atau judi online jika dikehendaki. Silahkan memilih dan mencentang iklan dibagian More.

Pada bagian akhir tampilan ini, ada preview iklan yang telah berhasil dibuat. Salah satu kelebihan dari MediaVenus adalah, kita bisa memasang iklan di blog tanpa harus menyertakan logo mereka. Tapi jika merasa itu perlu, tidak ada salahnya menampilkan logo MediaVenus.

Apabila sudah oke dengan pengaturannya. Langkah selanjurnya klik Save untuk menyimpan semua pengaturan.



Pihak MediaVenus akan melakukan moderasi atas pengajuan widget yang dilakukan. Mereka akan memulai kurasi setelah kita memasang kode khususnya ke blog atau situs yang didaftarkan. Ingat, dipasang di blog yang didaftarkan, jangan diblog lain, karena akan berakibat pada moderasi.

Cara mengambil kode khususnya dengan mengklik Website dibagian tab menu dan memilih Show Widgets. Di sebelah kanan ada gambar mata, klik logo tersebut dan akan muncul kode iklan seperti berikut. Copy seluruhnya dan pasang di situs atau blog kamu pada bagian widget. Bagi pengguna WordPress, masuk ke bagian Tampilan dan pilih Widget lalu klik Teks dan paste code tadi di dalamnya.



MediaVenus akan memoderasi iklan. Mereka akan memberitahu keputusannya ke email, apakah widget kita disetujui atau tidak. Jika blog kamu sudah bertrafik tinggi, maka kemungkinan besar diterima sangat terbuka. Tapi jika blognya masih minim pengunjung, harap bersabar dan upayakan menambah trafik dulu.

Saya rasa untuk hasil yang menjanjikan, memang tidak selalu mudah. Itulah mengapa saya menyukai MediaVenus. Karena dia mendorong kita untuk memperbaiki lalu lintas pengunjung terlebih dahulu, sebelum menjanjikan uang. Rasa-rasanya, media advertising memang harus demikian. Sehingga dikemudian hari tidak ada keluhan mengapa iklannya tidak berpenghasilan.

Jika diantara kalian ada yang belum diterima oleh MediaVenus, jangan berkecil hati karena kamu tetap bisa berpenghasilan dengan menjalankan program referral mereka. Tawarannya lumayan menjanjikan, yakni 50 persen dari penghasilan mereka jika kamu berhasil mencarikan pelanggan buat MediaVenus.

Bagi kamu yang telah berhasil mendaftar dan dimoderasi oleh MediaVenus. Jangan lupa untuk mengatur personal information di bagian Profile. Kamu juga harus mengatur metode pembayaran. Mereka menerima pembayaran ke banyak layanan, salah satunya PayPal. Ada juga langsung melalui transfer bank. Nominal minimum seperti yang tertera dibagian atas.

Jika harus memberi nilai pada layanan MediaVenus ini, saya tidak segan-segan memberinya nilai 9 dari 10. Meski beberapa publisher tanah air ada yang mengeluhkan nilai CPC dan CTR mereka, tapi saya anggap itu sebagai dinamika pasar yang memang tidak konstan.

Jadi, silahkan mencobanya sendiri untuk merasakan sensasi dan pengalaman memburu penghasilan dari blog. Daftar MediaVenus untuk dapat keuntungan lebih. MediaVenus juga aman disandingkan dengan Google Adsense, jadi jangan khawatir.