MediaVenus Luncurkan Versi Indonesia dengan Keuntungan Lebih

Saya mendapat banyak review dari teman-teman yang telah menggunakan MediaVenus untuk mendulang uang di internet. Beberapa diantaranya yang mengenal penyedia layanan native ads itu dari tulisan saya sebelumnya tentang MediaVenus. 


Pada tulisan itu, saya memang menjelaskan apa itu native ads dan keuntungannya jika diterapkan di blog. Penjelasan tentang MediaVenus pun telah saya utarakan dengan sederhana. Hanya memang, saat itu, MediaVenus meski telah mendukung blog berbahasa Indonesia, namun porsinya belum besar. 

Kini, selain tetap mendukung blog berbahasa Indonesia. MediaVenus juga telah menyediakan tampilan web berbahasa Indonesia. Hal ini mereka lakukan, karena banyak diantara blogger tanah air yang kesulitan mengoptimalkan MediaVenus dalam versi Bahasa Inggris. 

Jika diantara kalian sudah ada yang pernah mencobanya, maka akan mudah mengenali perubahan tersebut. Namun bagi yang belum, dan tetap kesulitan menerapkan MediaVenus. Maka, tulisan ini akan menjelaskan lebih jauh apa saja keunggulan MediaVenus versi berbahasa Indonesia. Keuntungannya pun berkali-kali lipat dari biasanya. 

Mungkin ada yang bertanya, mengapa saya membahas MediaVenus lagi, sementara BLOGOOBLOK sendiri tidak menggunakan layanan itu. Alasan saya tidak menggunakannya sudah diutarakan pada tulisan pertama, silahkan membacanya. 

Kedua, saya merasa bertanggung jawab atas banyaknya pertanyaan yang masuk. Baik dalam kolom komentar di postingan bersangkutan dan email secara pribadi. Awalnya saya hendak menjawab satu persatu pertanyaan tersebut, namun kemudian saya memilih untuk menjawabnya dalam tulisan ini saja.

Secara umum, ada beberapa perubahan dan keistimewaan MediaVenus dalam versi Bahasa Indonesia. Namun, sebelum merasakan beragam manfaatnya, kalian harus mengubah dulu bahasa default yang digunakannya. Caranya cukup mudah. 

Pertama-tama, saat mengunjungi website MediaVenus, kalian akan disuguhkan tampilan web berbasaha Inggris. Di pojok kanan atas, tepat di sisi tombol Sign Up ada logo bendera. Silahkan klik dan memilih bendera Indonesia (Indonesian), seperti gambar berikut ini. 

Jika sudah berhasil, maka semua tampilannya akan berbahasa Indonesia. Jika kamu sudah punya akun di MediaVenus, silahkan klik tombol Masuk untuk aktivasi. Namun jika belum punya akun, buatlah dengan menekan tombol Daftar. Cara lengkapnya, bisa dilihat di artikel pertama. 

Jika sudah login dan masih berbahasa Inggris, kalian tetap harus mengubah bahasanya dengan memilih bendera serupa di pojok kanan bawah. Tapi biasanya, setelah mengubah saat akan login, semua bahasa setelah login tetap akan berubah. 

Sejauh ini memang belum terlihat luar biasa. Tapi, tunggu sampai saya jelaskan apa saja kelebihan MediaVenus versi Bahasa Indonesia. Setidaknya ada empat hal yang perlu dengan seksama diperhatikan dari perubahan ini. 

Pertama: Harga Perklik Khusus Publisher Indonesia

Pada tulisan sebelumnya, saya mengatakan bahwa MediaVenus akan membayar kita setiap pekan dengan nominal CPC yang ditawarkan sebesar $0.07 dan CTR 0.46%. Tapi khusus publisher Indonesia mereka menawarkan CPC $0,015-0,02 per klik.

Saya juga tidak begitu paham, mengapa mereka menerapkan harga berbeda dengan pasar global. Tapi jika merujuk harga yang dipatok Google Adsense yang memang "menspesialkan" Indonesia, saya anggap itu cukup masuk akal mengapa mereka melakukan hal yang sama. 

Sekali lagi Indonesia adalah pasar yang menarik untuk bisnis digital, dan punya sekian banyak potensi yang bisa dimanfaatkan sekaligus disalahgunakan. Tapi menurut saya, harga spesial ini cukup masuk akal dan patut dicoba. Karena sudah pasti akan banyak kemudahan lain yang ikut serta. 

Kedua: Punya Regional Support Manager

Ini yang menurut saya luar biasa. Karena MediaVenus sangat percaya arti kenyamanan. Dan untuk mendapat nyaman, salah satunya dari pelayanan. Mereka punya semacam manajer pribadi alias regional support yang sudah bisa berbahasa Indonesia. Jadi orang dibalik chat yang dilakukan kepada mereka adalah orang Indonesia yang dipekerjakan. 

Kita hanya perlu menghubunginya melalui Skype dari Pukul 10.00 hingga 18.00. Seperti manajer pribadi saya yang bernama Natalia. Ia bebas saya hubungi di jam yang telah ditentukan. Saya bisa bertanya apa saja kepadanya tentang teknis hingga masalah non teknis lainnya. Tapi jangan bertanya apakah ia mau menikah dengan mu. Jangan. 

Untuk menghubungi manajer pribadi kita, yang harus dilakukan hanya login dan mengklik logo Skype di pojok kanan atas pada Dasbor Anda.  Tentu untuk melakukan ini Anda harus punya pula akun Skype. Tak perlu saya jelaskan apa itu Skype, karena pasti sudah tentu tahu dan punya akun itu. Kalau belum silahkan mempelajarinya. 


Ketiga: Fomat Iklan yang Variatif

Mungkin ini bukan sesuatu yang luar biasa. Tapi dari layanan sejenis native ads, memiliki beragam format iklan sesuatu yang istimewah. Sangat sedikit layanan serupa yang menerapkan format iklan beragam. MediaVenus melihatnya sebagai peluang dan memberi publishernya banyak pilihan. 

Selain memiliki format Iklan Banner, mereka juga memiliki format iklan dengan jaringan asli yang akan muncul di dalam artikel atau akhir artikel. Mereka juga mengembangkan format mobile yang tentu penggunanya lebih dominan saat ini. Bahkan mereka menyediakan khusus format iklan pop up yang bisa ditempatkan pada perangkat mobile. 

Jika kalian ingin menambah banyak penghasilan dari MediaVenus, maka penempatan iklan ini harus tepat sasaran. Posisi yang paling baik ada di bawah setiap tulisan, sidebar baik kanan atau kiri, tergantung dominan mana sidebar blog kalian berada. Dan yang paling oke, ada di bawah judul setiap artikel. Itu paling mudah ditemukan dan nilai CPCnya juga tinggi. 

Keempat: Program Referal dengan Komisi 50%

Bisnis refelar memang sesuatu yang menjanjikan bagi seorang blogger. Saya pun banyak terbantu dari program serupa. Ada banyak sekali program referal di luar sana. Kesuksesan program ini kemudian diikuti semakin menjamurnya pula penyedia. MediaVenus pun tak ketinggalan ambil bagian. 

Sebagaimana program ini berjalan, kita hanya perlu menaruh link referal ke dalam tulisan atau memasang bannernya di dalam blog, lalu orang akan diarahkan ke website bersangkutan. Jika berhasil melakukan transaksi dari link yang kita berikan, maka komisi akan masuk ke akun kita. 

Di MediaVenus, setiap komisi dari referal ini akan dibagi 50:50. Artinya, kita akan mendapat 50% dari penghasilan yang didapat oleh MediaVenus. Bagi saya ini sesuatu yang menjanjikan, karena komisi yang didapat bisa sama besar dengan penyedia layanan. Kita tidak merasa rugi mempromosikan mereka. 

Kalau kalian belum keterima MediaVenus, karena masih pakai blog dengan hosting gratisan atau pengujungnya masih minim, maka tidak ada salahnya main di program referal mereka. Sosial media bisa digunakan untuk mempromosikan link referal mereka. 

Sebenarnya, masih banyak kemudahan dan kelebihan yang kalian bisa dapat jika menggunakan MediaVenus. Selain membuat blog berpenghasilan secara konstan, kita tetap punya alasan untuk melakoni profesi ini. Cara mendaftar dan menggunakan semua fitur mereka sangatlah mudah dan tidak memakan waktu lama. 

Silahkan kembali membaca artikel yang saya linkan di awal artikel. Pada dasarnya, MediaVenus terlihat cukup serius menggarap pasar Indonesia. Dengan jaringan luas di lebih 200-an negara, MediaVenus patut masuk dalam list untuk publisher Indonesia. Jenis iklan dan format pun bisa kita atur sesuai kebutuhan. 

Yang paling penting dari semuanya, MediaVenus bisa disandingkan dengan Google Adsense, tapi sangat melarang menyandingkannya dengan penyedia serupa. Kehadirannya dalam versi Bahasa Indonesia penuh, jadi bukti perusahaan periklanan ini tidak main-main. Jika tidak percaya, silahkan kunjungi MediaVenus dan ceritakan pengalaman kalian.