Menguji Ketangguhan Hostinger Indonesia



Bagi kalian yang telah akrab dengan web hosting berkelas dunia, pasti sudah tahu kalau Hostinger sering kali masuk dalam salah satu dari 10 web hosting terbaik. Ada banyak alasan yang diutarakan pereview kelas dunia menempatkan Hostinger dalam daftar.

Salah satunya Laura Stamey dari HostingAdvice. Ia menulis niatan ambisius Hostinger telah membuatnya mencapai keseimbangan sempurna antara harga versus performa. Harga yang dibawah standar bukan jadi alasan mereka menurunkan layanan, malah infrastruktur Hostinger dilengkapi dengan drive solid-state.

Laura pun memberi rating 4.8 dari 5 sebagai poin sempurna. Hostinger masuk dalam daftar 10 web hosting terbaik tahun 2017 dari review keseluruhan. Whtop juga menempatkan Hostinger dalam daftar 10 web hosting terbaik di Indonesia. Bahkan bertengker di tiga besar.

Keunggulan dan kepercayaan Hostinger inilah yang mengantarnya mendapat akreditasi dari ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) pada tahun 2013. ICANN merupakan organisasi nirlaba yang bertugas mengawasi segala sesuatu terkait internet. Semacam MUI untuk label halal.

Tapi betulkan Hostinger ini setangguh yang dielu-elukan?. Lalu apa saja yang membuat nama Hostinger besar. Pun jika benar demikian, lalu versi Indonesia (Hostinger.co.id) apa setangguh induknya?.

Guna membuktikan semua keraguan saya itu, tentu harus dilakukan review secara menyeluruh. Tapi akan sangat panjang jika semuanya saya utarakan. Maka review kali ini hanya fokus menjawab mengapa Hostinger patut dikategorikan web hosting terbaik dan tercepat di Indonesia. Seperti tagline yang dipajangnya.

1. Stabil

Ada banyak sudut pandang untuk menerjemahkan kata stabil ini. Apalagi jika pembahasannya dikerucutkan pada web hosting. Selalu saja muncul banyak keraguan jika satu web hosting menyediakan harga murah tentu layanannya cenderung labil.

Tapi Hostinger mungkin bisa jadi pengecualian lain. Mereka memang terkenal sebagai web hosting murah meriah, tapi layanannya tidak murahan. Koneksi seluruh server mereka 1000 Mbps. Ini tentu saja jadi jaminan performa dan stabilitas maksimum.

Apalagi server Hostinger ditempatkan di banyak lokasi. Ada di Amerika Serikat, Eropa dan Asia. Pasar Indonesia sudah barang pasti servernya ada di Asia. Sebagai pengguna, kita juga bisa memantau secara live uptime mereka. Silahkan mengunjungi link ini dan buktikan sendiri janji uptime 99,9% yang Hostinger janjikan.

Saya tidak berani menceritakan lebih jauh perihal kestabilan server Hostinger. Tapi melihat banyaknya orang yang mempercayakan Hostinger sebagai 'rumah' mereka, saya optimis ini bukan isapan jempol. Tidak mungkin ada 29 juta orang di seluruh dunia yang kompak tersesat.

2. Aman



Seperti yang saya katakan di poin pertama, ada 29 juta orang yang menjadi klien Hostinger sejauh ini. Mereka mempercayakan websitenya ke Hostinger tentu karena merasa aman. Apalagi telah dibuktikan dengan akreditasi ICANN.

Hostinger juga memiliki garasi 30 hari uang kembali 100% jika merasa tidak puas dengan layanan mereka. Bagi saya ini menentramkan hati, karena kita bisa melakukan uji coba gratis selama 30 hari dan bisa komplain jika kurang nyaman.

Kalau kalian bertanya apakah saya sudah pernah menggunakan fasilitas ini. Jawabannya tidak. Karena saya juga belum menemukan ada review yang membahas akan ini. Atau sama sekali belum pernah ada yang merasa kecewa lalu menuntut uang kembali. Entahlah.

Jaminan keamanan ini diperkuat pula dengan menggandeng BitNinja sebagai penangkal DDOS. Saya rasa tak perlu menjelaskan lagi apa itu BitNinja dan DDOS, karena pada artikel-artikel saya sebelumnya sudah pernah membahas topik ini. Intinya, layanan ini menjamin data kita aman dititip pada server mereka.

3. Nyaman

Saya punya pengalaman buruk soal kata nyaman ini. Pernah satu website yang saya kelola mengalami masalah dinihari. Tapi saya hanya bisa menelan liur karena layanan bantuan mereka hanya berlaku di jam kerja. Pun tiket yang saya layankan baru direspon pagi harinya.

Tak perlu saya sebut nama web hostingnya, toh yang bersangkutan juga mulai ditinggal pergi penghuninya. Di Hostinger, mereka punya jaminan bantuan yang live chat 24/7/365. Mereka sadar, layanan purna jual jauh lebih penting dari menjual itu sendiri.

Kita juga bisa menghubunginya langsung via telpon atau meminta bantuan lewat email. Tak perlu menunggu harus membeli layanan mereka, masa penjajakan pun kita tetap bisa berkomunikasi. Bahkan email mereka juga cepat respon jika bertanya banyak hal.

Selain itu, mereka juga menerima banyak metode pembayaran. Ini yang sering luput dari perhatian. Karena tidak sedikit orang yang berniat membeli web hosting namun kesulitan melakukan pembayaran. Di Hostinger, kita bahkan bisa membeli menggunakan Bitcoin. Untuk layanan ini saya dua jempol.

4. Senang

Kenapa senang?. Pertama, mereka punya paket hosting yang sudah gratis domain dan SSL (Secure Sockets Layer). Teknologi yang membuat tautan terenkripsi antara server dan browser. Untuk memahami ini memang perlu penjelasan lebih jauh. Tapi pada dasarnya, internet itu bertelanjang, maka perlu encrypted untuk mengamankannya.

SSL kadang dijual terpisah oleh penyedia web hosting. Harganya bervariasi. Namun di Hostinger SSL diberikan gratis jika memilih paket hosting minimal paket Premium atau Bisnis. Bahkan layanan custom domain pun telah menyediakan SSL gratis.

Bagi yang belum begitu mahir menggunakan layanan web hosting pun bisa merasa senang menggunakan Hostinger, karena tutorial menggunakannya sudah tersedia gratis. Ini menyenangkan, karena masih banyak blog di luar sana yang menjadikan tutorial membuat web ini sebagai ebook jualan terlarisnya. Hostinger sudah menyediakannya gratis bahkan lengkap.

Mereka punya pula fasilitas web script installer 1-Click alias membuat website dengan menginstalnya sekali klik. Bahkan kita bisa membangun web dengan mudah tanpa perlu jadi ahli koding jika menggunakan website builder atau menggunakan WordPress Premium. Tentu saja dengan bayaran tambahan. Tapi jangan khawatir, harganya terjangkau.

5. Beragam

Sudah selayaknya web hosting itu punya produk yang beragam. Hostinger pun demikian. Selain menyediakan paket hosting dengan harga super murah menurut saya (bagaimana tidak, paket web hoting Singlenya hanya dipatok Rp10 ribuan setiap bulan), mereka juga punya paket VPS murah.



VPS (Virtual Private Servers) alias server virtual atau juga sering disebut Cloud VPS adalah solusi terkini dunia web hosting. Dengan menggunakan VPS kita tak perlu lagi pusing akan membagi resource server web kita dengan yang lain.

Layanan VPS Hostinger sudah dilengkapi ruang server khusus, full SSH root, infrastruktur cloud, dan skalabilitas resource tak terbatas. Harganya pun lebih manusiawi dibanding penyedia lain. Pakte 1nya dipatok mulai Rp110 ribuan perbulan dengan bandwidth 1000 GB dan RAM 1 GB serta Disk Space 20 GB. Selengkapnya bisa dibuka di websiteny.

Semua layanan VPS Hostinge pun telah dilengkapi IP yang dedicated. Serta jaminan backup data secara berkala dengan metode mudah dan cepat. Keberagaman dalam Hostinger kian dilengkapi hadirnya produk khusus Domain murah dan Website Builder.

***

Sebenarnya ada masih banyak hal yang belum sempat saya utarakan dalam tulisan ini. Tapi saya berharap artikel ini sedikit menjawab keraguan teman-teman sekalian untuk menggunakan layanan Hostinger. Mereka bukan pemain baru yang datang-datang lalu mengacau pasar di Indonesia.

Mereka sudah berdiri sejak tahun 2004 di Kaunas, Lithuania. Dan lebih awal terkenal pada layanan hosting gratis tanpa iklan melalui 000webhost[dot]com. Saya ingat betul layanan ini sempat booming di tahun 2007. Saya pun telah membuktikannya kala itu.

Kemudian Hostinger sebagai induk membuka banyak layanan di banyak negara. Hingga sekarang terhitung telah 178 negara yang dilayani dengan cabang di 39 negara berakreditasi ICANN. Perusahaan ini juga melahirkan banyak perusahaan baru seperti Hosting24 dan Niagahoster yang juga sudah menjajal pasar Indonesia.

Jadi, untuk menjawab, apakah Hostinger Indonesia sama tangguhnya dengan induknya. Jawabannya, tidak layanan yang berbeda dari mereka. Standar pelayanan dan produk yang dijual tetap sama di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Pantas saja kalau Hostinger Indonesia juga telah mendapat pengakuan banyak pihak, mengikuti induk perusahaannya. Begitu pula dengan perusahaan turunan yang berhasil dilahirkannya. Untuk menjawab hal lain, utamanya soal teknis pengoperasian, semoga saya bisa menulisnya di kemudian hari.

Atau jika kalian punya pengalaman lain tentang Hostinger, silahkan sampaikan di kolom komentar. Akan dengan senang hati kita bisa mendiskusikannya.