Alasan Kuat Mengapa Harus Memulai Blogging



Untuk berbagai alasan, ini jadi tulisan pertama saya di 2018 khusus untuk BLOGOOBLOK. Ada getir dan rindu menulis dan menyapa orang-orang hebat yang setia tersesat di blog ini.

2017 jadi tahun yang buruk buat saya. Tidak banyak hal yang bisa saya bagikan di blog ini. Mungkin karena kesibukan mengasah dan membesarkan tulisan di tempat lain. Sebagai full time blogger, rasa-rasanya memang tidak menyenangkan jika harus berbagi hati. Tapi semua ada alasannya.

Tulisan ini saya mulai dengan pertanyaan yang selalu membuat saya berpikir. Pertanyaan yang mungkin juga sering kalian dengar, atau malah kalian tanyakan. Mengapa saya harus memulai blogging dan bagaimana itu bisa menguntungkan saya?.

Pertanyaan ini sangat dasar namun tetap menjadi momok menggelikan untuk dijawab tahun 2018. Tapi bagi saya, pertanyaan ini sangat tepat menyongsong kian besarnya efek revolusi digital di tahun-tahun mendatang. Saya yakin, kalian sudah paham apa yang saya maksud.

Bagi saya pribadi, ada banyak alasan sehingga saya memulai membangun blog ini 2014 lalu. Tepatnya online pertama kali 22 Februari 2014. Lalu pada 19 September 2015, blog ini bertransformasi jadi self domain berlanjut hingga detik ini dengan nama BLOGOOBLOK.com.

Sayapun awalnya tak habis pikir, memasuki tahun kelima BLOGOOBLOK masih mengudara. Saya mengenal blog sejak tahun 2005 dan sejak saat itu ada banyak blog yang saya kembangkan. Seperti blogger pemula kebanyakan, lebih banyak yang gugur tak terurus hingga akhirnya terlupakan. Beruntung BLOGOOBLOK masih bisa bernafas lega hingga kini.

Meski setiap orang punya alasannya masing-masing, namun ada beberapa alasan umum yang patut diperhatikan agar bisa memulai blogging.

1. Pengembangan Diri

Selalu ada cara untuk mengembangkan diri. Salah satu yang saya terapkan adalah blogging. Sadar bahwa blogging jadi salah satu basis bisnis saya, tak ingin membuatnya sia-sia. Saya bisa mendapat penghasilan dari menulis menjadi alasan saya untuk mendalaminya.

Awalnya, saya pun tak ubahnya blogger lain yang mungkin terlalu malas untuk menulis. Tapi seiring waktu berlalu, saya menyadari melalui blog, saya bisa mengekspresikan diri lebih baik. Saya bisa dengan leluasa menulis ide, gagasan, cerita saya tentang apa saja lewat blog.

Kebetulan, untuk di blog ini khusus seputar teknologi. Saya punya beberapa saluran untuk menulis. Beberapa bahkan jadi penulis tetap untuk tema-tema tertentu.

Yang harus dipahami, bahwa menulis seyogyanya sudah menjadi kebiasaan orang-orang berabad-abad lamanya. Dulu mungkin hanya di buku catatan, sekarang mediumnya lebih beragam. Salah satunya blog. Disitulah letak menakjubkannya, karena kita bisa berbagi catatan dalam forum yang terbuka.

Setelah melihat banyak tulisan, lalu mempelajarinya. Saya kemudian terbiasa mengembangkannya. Saya belajar banyak cara menulis tema yang berbeda, mengindentifikasi hingga mempertajam gagasan sendiri, menyempurnakan pendapat serta membangun disiplin.

Dalam beberapa tulisan, saya bahkan harus belajar membuat outlet sendiri. Melawan ketakutan dan rasa kurang percaya diri. Tapi saya menikmatinya hingga telah terkumpul sejumlah tulisan baik pendek dan panjang. Beberapa bahkan dibeli oleh media-media.

Semua itu karena saya memulainya dari blog. Membangun portofolio diri sendiri hingga orang-orang melihatnya. Saya pikir tidak ada yang sia-sia dengan melakukan itu.

2. Penghasilan

Nyaris setiap orang yang memulai blogging, sudah paham kalau blog itu bisa menghasilkan uang. Tapi sebelum terlampau jauh menerawang, saya hendak tegaskan kalau tidak setiap blog akan menguntungkan. Tapi banyak blogger yang mampu membuktikan baik pendapatan secara langsung ataupun tidak.

Tulisan ini tidak akan membahas bagaimana blog bisa menghasilkan uang. Beberapa tulisan dalam blog ini sudah menerangkan soal itu. Silahkan dicari-cari dan lakukan dari tahap paling awal. Yang ingin saya tegaskan, bahwa blog ini pun sudah mampu menghidupi keluarga kecil saya.

Saya bukan orang yang suka mempertontonkan penghasilan. Tapi saya ingin berbagi dengan teman-teman, kalau BLOGOOBLOK mendapat sumber pemasukan dari beberapa elemen. Salah satunya tentu dari Google Adsense. Dilain waktu dari program affiliate dan yang terbaru konten berbayar.

Jika ditanya, berapa besar penghasilan saya dari blog ini. Saya memilih untuk tidak menyebutkan nominal. Selain kurang etis, penghasilan yang saya dapatkan juga belum seberapa dibanding blogger-blogger lain di negeri ini. Itu karena tidak ada produk semacam ebook yang saya jual.

Tapi saya ingin berbagi pengalaman, di tahun pertama saya memulai blog ini saya nyaris tak mampu membayar kopi jika bertumpu pada penghasilan Adsense. Tapi waktu tidak pernah berhenti, sesuatu yang kita bangun pada akhirnya akan membuahkan hasil. Tentu dengan cara yang tepat. Bukan benar. Karena tidak ada yang salah dalam ngeblog.

Saya pernah terkesima pada salah satu link afiliate yang saya tanam dalam blog ini. Setelah sekian lama saya diamkan, ternyata ada pula orang yang berbaik hati membeli layanan dari link saya. Saya tidak pernah memaksakan, biarkan orang menentukan sendiri.

Meski saya sangat berharap, pembaca yang budiman bisa membantu menyumbangkan pengeluarannya sebagian ke BLOGOOBLOK. Ya, seperti membeli web hosting dengan rekomendari yang ada di blog ini. :)

Baca: Cara Membuat Website Tanpa Kursus Yang Mahal

Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Tapi karena keterbatasan saya, hanya mampu melakukan beberapa hal di atas. Blog juga bisa jadi aset yang menguntungkan pada waktu tertentu. Intinya bangunlah brand, dan permudah orang-orang menemukannya di mesin pencari. Penghasilan akan datang dengan sendirinya.

3. Relasi dan Timbal Balik

Benar kata orang, banyak teman banyak rejeki. Saya memulai blog ini dengan niatan untuk berbagi. Satu demi satu tulisan saya tayangkan hingga akhirnya tercipta ratusan. Dari yang awalnya pertemanan saya di dunia blog cukup terbatas, sekarang semakin luas.

Saya tak ingin jumawa, bahwa saya sudah dikenal semua blogger di Indonesia. Tidak. Bahkan mungkin, tidak banyak yang mengenal saya lebih jauh. Tapi dengan blog, saya membuka jutaan elemen dalam membangun relasi. Bukan hanya di Indonesia tapi seantero dunia.

Seorang pada tahun-tahun lalu tetiba menghubungi saya lewat email. Kami berkomunikasi dan kian intens. Dalam bahasa Inggris terbata-bata, saya akhirnya berteman baik dengan dia. Tidak sedikit malah ia jadi sumber pendapatan saya dengan beragam wujud.

Beberapa orang juga tak segan mengirim email ke saya. Mereka menceritakan pengalamannya membaca tulisan di blog ini. Saya sangat tersentuh ketika mereka mendapat manfaat. Jika mau jujur, inilah yang membuat saya senang, karena berhasil merekahkan senyum di wajah orang lain.

Ketika karya kita diapresiasi bahkan hanya dengan kata-kata terima kasih, bagi saya itu lebih dari cukup dari sekedar uang yang masuk. Timbal balik dari pembaca yang budiman adalah nyawa yang tak ternilai harganya. Itulah yang membuat saya tak bisa meninggalkan blogging.

Saya sadar, blog ini belum memberi banyak sumbangsi yang positif bagi orang-orang. Tapi saya tetap berusaha meski sering kali banyak hambatan. Tapi saya sangat berterima kasih kepada mereka yang mampu menggunakan blog ini untuk bersuara pada tujuan yang layak. Sungguh menakjubkan.

Jadi, kalau diharuskan menjawab pertanyaan semula. Mengapa harus memulai blogging?. Saya rasa, jawaban setiap orang tentu akan selalu berbeda. Tapi, saya jaminkan, saya punya banyak pengalaman dan kebaikan setelah memulainya.

Blogging telah membantu saya berkembang secara pribadi, membantu saya mendapat sumber penghasilan lain dari sekedar hobi menulis. Blog juga membuka ruang yang lebar untuk persahabatan tanpa batas. Saya mungkin tidak mampu memberikan perubahan besar bagi orang lain, tapi melalui blog sekecil apapun itu sudah sangat saya syukuri.

Untuk menyelesaikan pertanyaan di atas, silahkan dijawab sendiri. Salam!