Cara Membuat 'Baca Selanjutnya' di Postingan Blogspot


Meski hal ini terlihat sangat mudah, tidak sedikit diantara blogger yang masih mengalami kendala. Terutama buat mereka yang tetap menggunakan theme lama bawaan blogspot. Pun ada yang kesulitan karena telah mengedit atau mengganti theme bawaan.

Hal yang kelihatan sepele namun cukup berpengaruh pada tampilan blog itu, yakni membuat 'Baca Selanjutnya atau Read More' pada postingan.

Artikel ini telah diedit 26 Maret 2018. Meski cara terdahulu masih relevan, namun ada penambahan informasi kekinian.

Dahulu, sebelum HTML blogspot mengalami banyak perubahan, memang membuat 'Baca Selanjutnya' pada artikel harus dilakukan dengan mengutak-atik kode HTML. Namun seiring perkembangan waktu, blogspot telah menyadari kebutuhan pengguna khususnya kemudahan menggunakan layanan.

Cara termudah sekaligus yang sudah sangat jarang digunakan membuat perintah 'Baca Selanjutnya', adalah memotong tulisan langsung dari mode postingan. Pada pojok menu di atas, ada icon bergambar kertas terpotong. Caranya tinggal menempatkan kurson di bagian yang hendak di potong.


Maka tampilannya akan ada garis yang memisah dalam postingan. Itu artinya, tulisan hanya akan ditampilkan separuh di bagian atas. Orang barus membaca selanjutnya untuk menyelesaikan bacaan. Dan tulisan 'Baca Selanjutnya' akan muncul tepat di garis tersebut.

Baca: Cara Membuat Postingan di Blogger

Meski cara di atas sudah jarang lagi digunakan, namun sewaktu-waktu bisa saja diterapkan. Cara umum yang kini lebih sering digunakan seiring kian membaiknya struktur HTML blogspot. Adalah langsung mengaturnya di bagian 'Tata Letak'. 


Pada bagian 'Blog Posts' klik gambar pensil. Akan muncul jendela untuk konfigurasi. Tepat pada kotak Teks link halaman entri, ganti tulisannya jadi Baca Selanjutnya. Biasanya akan berbahasa Inggris, Read More. Kalau mode ini sudah aktif, harusnya tidak perlu melakukan cara yang pertama di atas. Selanjutnya tekan simpan. 

Baca Juga: Membuat Auto Readmore dengan Gambar Diatas Teks

Salam Kreasi!

Comments

Artikel Populer Lainnya

Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blogspot

Cara Mendaftar Google Adsense dari Blog Blogspot

Cara Mudah Memasang Iklan Google Adsense di Youtube

Mengenal dan Cara Membuat Layanan Subscribe

Cara Membuat Layanan Contact Us di Blog

Cara Membuat Signature Pada Gmail, Yahoo dan Outlook

Cara Mudah Membuat Privacy Policy Buat Blog

Cara Menghasilkan $100 per Hari dari Youtube

Apa Itu Pinterest dan Bagaimana Membuatnya?

Cara Alami Meningkatkan Viewers Youtube