Cara Membuat Blog Blogspot dari Tahap Paling Awal



Era media sosial saat ini, sebagai manusia kita dituntut agar tak ketinggalan dengan kemajuan teknologi. Blog sebenarnya bukanlah barang baru. Saya mengenal blog sebelum Blogger diakusisi oleh Google dan hingga sekarang masih melakoninya.

Walau jumlah orang melek teknologi di Indonesia saban hari makin banyak, tapi ada juga beberapa orang yang tahu menggunakan komputer dan internet masih kaku dan asing ngeblog. Penetrasi pengguna internet pun terus bertambah setiap tahunnya. Indonesia bahkan jadi negara dengan pertumbuhan tercepat.

Karena jumlah pengguna internet di Indonesia semakin subur, maka tingkat penetrasi blog juga tinggi. Blog hadir sebagai tempat menuangkan ekspresi di internet. Ada banyak hal bisa dilakukan, termasuk kalau beruntung bisa dapat penghasilan tambahan.

Baca Juga: Apa Itu Blog?

BLOGOOBLOK dibuat pada mulanya dari platfom Blogger. Varian blog ada banyak, termasuk diantarnya Wordpress, Jombla dan Tumblr. Saya memilih Blogspot karena mudah dan gratis. Blog ini tujuannya untuk belajar membangun situs dari awal sekali.

Sebelum berganti nama jadi BLOGOOBLOK.com, blog ini beralamat di blogoooblok.blogspot.com. Tutorial yang saya update hari ini pun masih menggunakan wajah lama dengan sedikit penambahan diski. Setiap tutorial dalam blog ini akan dilengkapi dengan gambar ilustrasi, kalau pun rajin saya datang menyerang akan ada video ikut serta. Itu kalau...

Mari kita belajar sama-sama.

Langkah paling awal untuk membuat blog di Blogspot adalah membuat email dari Gmail. Karena mereka satu perusahaan jadi semacam kewajiban melakukan itu. Saya rasa semua manusia di dunia ini memiliki email, meski bukan Gmail, jadi sudah pasti tahu membuat akun Gmail.

Jika belum, silahkan baca: Cara Mudah Membuat Email Gmail

Setelah memiliki email, tahap selanjutnya memikirkan nama apa yang akan diberikan untuk blog yang hendak dibuat. Ini sekaligus memikirkan tentang tema apa yang akan dibahas dalam blog nantinya.

Nama blog sangat berpengaruh terhadap branding kedepannya. Jadi usahakan tidak norak. Lebih baiknya yang mudah diingat. Jangan panjang dan menggunakan tanda baca yang berlebih. Karena pembaca akan kesulitan sendiri untuk mencari jika alamat blog yang dikelola sangat rumit.

Setelah menyiapkan nama yang sesuai, baiknya lagi kalau ada unsur nama mu di dalamnya. Itu akan jadi semacam identitas yang mengingatkan orang-orang. Selanjutnya, ikuti tahapan berikut satu persatu.

Step 1: Pada browser kalian silahkan ketik blogger.com. Tampilannya mungkin akan berbeda karena akan selalu ada update dari Blogger. Carilah kata yang bertuliskan 'Create Your Blog' atau 'Buat Blog'. Klik tombol tersebut.



Step 2: Kamu akan dialihkan untuk login ke akun Gmail. Silahkan masuk seperti biasanya.

Step 3: Selanjutnya kalian akan dialihkan ke halaman dasbor Blogspot. Jika muncul gambar seperti berikut, silahkan isikan nama judul blog mu dan alamatnya. Pada saat pencarian alamat mungkin akan sedikit lama, itulah mengapa dari awal saya meminta untuk menyiapkannya. Karena Blogger harus memeriksanya apakah tersedia atau tidak. Jika tulisannya 'This blog address is available' dan ada tanda centang di belakang alamat. Itu artinya alamat blog yang kamu inginkan bisa dibuat. Jangan lupa memilih Theme dan klik Create Blog di pojok kanan bawah.



Final Step: Blog kalian sudah jadi. Silahkan lihat dengan mengklik View Blog di pojok kiri atas dalam dasbor.

Pertanyaannya kemudian, apakah blog yang baru saja dibuat itu akan diapakan. Akan panjang membahasanya jika harus saya utarakan semuanya dalam postingan ini. Kita akan mempelajarinya satu persatu. Dimulai dengan Cara Membuat Postingan.

Kedepannya, kita juga akan belajar memodifikasi agar tampilan blog yang kita buat bisa menenangkan dan tidak membosankan. Silahkan ikuti terus postingan di BLOGOOBLOK.

Tulisan ini pertama kali dibuat 22 Februari 2014 dan telah diupdate 31 Januari 2018. Judul aslinya "Cara Membuat Blog Blogspot dari Awal"

Salam Kreasi!

Artikel Populer Lainnya

Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blogspot

Cara Mendaftar Google Adsense dari Blog Blogspot

Cara Mudah Memasang Iklan Google Adsense di Youtube

Mengenal dan Cara Membuat Layanan Subscribe

Cara Membuat Layanan Contact Us di Blog

Cara Membuat Signature Pada Gmail, Yahoo dan Outlook

Cara Mudah Membuat Privacy Policy Buat Blog

Cara Menghasilkan $100 per Hari dari Youtube

Apa Itu Pinterest dan Bagaimana Membuatnya?

Cara Alami Meningkatkan Viewers Youtube