Cara Membuat Postingan di Blogspot


Satu hal yang wajib dilakukan seorang blogger adalah membuat tulisan dan mempublikasikannya. Lasim belaka disebut postingan. Postingan berasal dari kata posting atau menempatkan, memasang, mencatatkan dan pengertian lainnya yang mengarah pada aktivitas membuat dan menayangkannya sesuatu di saluran internet.

Postingan tidak hanya berlaku untuk blog atau situs, tapi lebih umum untuk semua sosial media. Termasuk membuat status di Facebook juga disebut memposting. Tidak melulu pula yang diposting hanyalah kata-kata, bisa video, foto atau bahkan slideshow.

Pada artikel ini alias postingan ini, BLOGOOBLOK akan menerangkan, bagaimana membuat postingan di Blogspot. Lebih eloknya lagi, menampilkannya secara menarik. Karena postingan akan sangat menentukan betah tidaknya pengunjung berlama-lama di blog kita.

Baca: Cara Membuat Blog Blogspot dari Tahap Paling Awal

Langkah 1: Siapkan Artikel

Untuk memposting di blog, hal pertama yang dilakukan adalah menyiapkan artikel yang hendak diposting atau dipublikasikan. Semisal artikel yang kalian baca ini. Saya menyiapkannya sebelum di copy masuk ke bagian blog. Jadi bukan diketik di dasbor blog.

Setelah menyiapkan artikel, siapkan pula gambar pendukung yang kemudian akan disisipkan di bagian blog. Kalau punya video akan lebih menarik lagi. Usahakan pula gambar yang dimasukkan tidak beresolusi besar agar tidak memakan data pengunjung yang mengaksesnya.

Soal mempersiapkan artikel agar lebih menarik lagi, akan kita bahas di artikel berbeda.

Langkah 2: Masuk ke Dashboard Blogspot

Saat login ke dashboard blogspot, yang muncul pertama kali adalah tab postingan. Jika baru pertama membuat blog, isinya pasti kosong. Untuk memasukkan artikel, 'Entri Baru' di bagian atas. Blogspot akan mengarahkan ke halaman postingan.

Tampilannya kurang lebih seperti berikut:


Penjelasan:
  1. Entri Judul: Tempat untuk menempatkan judul postingan
  2. Tab Menu: Di sini ada banyak pilihan menu, termasuk ketika hendak melihat laman editing artikel dalam mode Compose atau HTML. Jika mau memasukkan script gunakan mode HTML. Lalu pasang di bagian mana script tersebut hendak ditempatkan. Untuk mempercantik tulisan pilihannya disini. Termasuk ketika hendak memasukkan gambar. 
  3. Kanvas: Tempat menaruh artikel, baik gambar dan video di susun di tempat ini.
  4. Setelan Entri ada beberapa pilihan. 
    1. Label untuk mengelompokkan tulisan. Jika belum punya label, masukkan nama label yang hendak kamu buat dan klik Selesai. Misal Bisnis Online atau Tutorial Hijab. 
    2. Jadwal untuk mengatur otomatisasi postingan. Jika otomatis, maka tak perlu diutak atik. Alias jika hendak mempostingnya saat itu, maka waktunya akan mengikut waktu berlangsung. Jika hendka mengaturnya esok hari misalnya, setel tanggal dan waktunya. Lalu klik Selesai.
    3. Tautan permanen untuk mengubah URL. Biasanya untuk mempersingkat URL meski judulnya panjang bisa dilakukan di setelan entri ini. 
    4. Lokasi untuk menampilkan dimana postingan ini dibuat, misal Jakarta. Sisa masukkan nama lokasinya dan di mesin pencari akan muncul lokasi artikel tersebut dibuat. 
    5. Deskripsi Penelusuran untuk memasukkan kutipan sehingga mudah ditemukan mesin pencari. Misal memasukkan kata kunci sasaran agar ada informasi awal ketika orang menelusurinya di mesin pencari.  Pilihan pengaturan lain seperti izin kolom komentar, HTML dan tag spasi atau Enter. Bisa dilakukan di setelan entri ini.
  5. Final: Ada pilihan untuk menyimpan artikel alias belum dipublikasikan. Ada pilihan untuk dipratinjau, melihat mode ketika sudah diterbitkan dan Publikasikan, jika semua dianggap sudah layak. Tutup hanya untuk keluar jika kemudian masuk kembali. Ada pula nama penulis yang terkait dengan Google+.
Jika artikel sudah dimasukkan, gambar pendukung pun dilampirkan. Maka sekali lagi lakukan pratinjau untuk melihat kondisinya ketika terbit. Setelah itu klik 'Publikasikan' jika sudah benar yakin. Maka postingan Anda akan tayang di blog.

Selanjutnya Baca: Cara Memasukkan Gambar Dalam Postingan Blog

Lakukan setiap tahapan di atas ketika hendak memposting artikel di blogspot. Semakin banyak postingan yang dibuat akan semakin besar kemungkinan pembaca akan datang. Karena itulah tujuan utama ngeblog, agar tulisan kita dibaca oleh orang lain.

Artikel ini diupdate dengan banyak perubahan pada 17 Maret 2018. Artikel aslinya berjudul "Cara Membuat Postingan di Blogger". Tayang pertama kali 22 Februari 2014.

Salam kreasi!

Comments

Artikel Populer Lainnya

Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blogspot

Cara Mendaftar Google Adsense dari Blog Blogspot

Cara Mudah Memasang Iklan Google Adsense di Youtube

Mengenal dan Cara Membuat Layanan Subscribe

Cara Membuat Layanan Contact Us di Blog

Cara Membuat Signature Pada Gmail, Yahoo dan Outlook

Cara Menghasilkan $100 per Hari dari Youtube

Cara Mudah Membuat Privacy Policy Buat Blog

Cara Alami Meningkatkan Viewers Youtube

Apa Itu Pinterest dan Bagaimana Membuatnya?