Cara Membagi Kolom Pada Postingan Blogspot

Membagi kolom pada postingan blog kadang dibutuhkan untuk satu keperluan. Seperti di blog ini, saya membagi kolom dalam satu halaman untuk membuat tampilan utama yang simple. Bisa Anda lihat disini, atau klik Home.

Membagi kolom pada postingan blog juga biasanya dibutuhkan oleh blogger yang mau blognya mirip tampilan koran atau majalah. Apapun alasan Anda untuk membagi kolom halaman postingan blog, semua bisa kita lakukan kali ini.

Beberapa script mengharuskan penggunaan kolom dipasang secara permanen didalam blog, artinya setelah script itu ditanam dalam Edit HTML setiap kali membuat postingan, kolomnya akan terbagi otomatis.

Namun script yang akan kita gunakan kali ini, hanya digunakan pada saat dibutuhkan. Dalam satu halaman pun, kita masih bisa menggunakan halaman full namun ada pembagian halaman didalamnya.

Skripnya seperti ini :

<table border="0" cellspacing="10" style="width: 500px;"> <tbody>
<tr> <td valign="top" width="250">Kolom 1</td> <td valign="top" width="250">Kolom 2</td> </tr>
</tbody></table>

Cara memasangnya sama dengan membuat postingan di blog. Hanya saja mode untuk menjalankan script diatas kita diminta menggunakan mode HTML, bukan Compose. Namun setelah memasukkan scriptnya ke HTML Anda bisa kembali lagi ke mode Compose.


Lalu Lihat pada mode Compose


Contoh script diatas hanya membagi halaman menjadi dua bagian. Anda bisa membaginya lebih dari dua dengan menambahkan <td valign="top" width="250">Kolom 3</td> kedalam script. Taruh setelah kolom kedua tepatnya setelah kode </td>.

Contoh Scriptnya :

<table border="0" cellspacing="10" style="width: 450px;"> <tbody>
<tr> <td valign="top" width="150">Kolom 1</td> <td valign="top" width="150">Kolom 2</td> <td valign="top" width="150">Kolom 3</td> </tr>
</tbody></table>

Penjelasan Script :

  • border="0" : Angka nol bisa diganti menjadi satu atau angka lainnya sesuai keinginan. Ini artinya Anda memberi garis pembatas pada setiap kolom. Angka nol menandakan garis pembatas tidak nampak.
  • cellspacing="10" : Angkanya juga bisa Anda rubah, semakin kecil atau semakin besar. cellspacing masih merupakan bagian dari border, cellspacing artinya spasi antara sel dan tabel.
  • width: 500px : Merupakan perintah lebar ukuran tabel yang dibuat. Anda bisa merubahnya sesuka hati, semakin besar angkanya maka semakin lebar ukuran pembagian halamannya, begitu juga pada setiap kolom, angkanya bisa Anda sesuaikan dengan lebar kolom secara keseluruhan.

Pada dasarnya, script diatas adalah script untuk membuat tabel dalam postingan. Namun karena border tidak ditampilkan sehingga terlihat halaman sedang terbagi. Jika memiliki pertanyaan, silahkan didiskusikan dibawah ini.


Comments

Artikel Populer Lainnya

Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blogspot

Cara Mendaftar Google Adsense dari Blog Blogspot

Cara Mudah Memasang Iklan Google Adsense di Youtube

Mengenal dan Cara Membuat Layanan Subscribe

Cara Membuat Layanan Contact Us di Blog

Cara Membuat Signature Pada Gmail, Yahoo dan Outlook

Cara Alami Meningkatkan Viewers Youtube

Cara Mudah Membuat Privacy Policy Buat Blog

Cara Menghasilkan $100 per Hari dari Youtube

Membuat Tab Menu Bar dengan Mudah di Blogspot