Cara Menghilangkan Navbar Pada Blogger

Ketika pertama kali membuat blog di blogger, template yang digunakan serba standar. Kita sebagai penggunalah yang diberi kebebasan penuh untuk mendesainnya, merubahnya sesuai keinginan hati.

Salah satu yang sering membingunkan bahkan membuat kita putus asa (pengalaman pribadi) untuk mempercantiknya adalah bagaimana menghilangkan navbar. Dulu bahkan saya tak tahu menu diatas blog itu namanya navbar, sehingga untuk mencarinya di google cukup susah. hehe

Untuk menghilangkan navbar ada dua cara yang bisa kita gunakan. Tapi karena jaman sekarang ini semua serba mudah, maka yang akan kita pelajari adalah yang mudah dulu. Cara menghilangkan navbar sangat mudah. (Baca: Cara Menghilangkan Navbar dan Elemennya Pada Blogger)

Pertama-tama kita login ke dasbor blogger. Pada deretan menu disebelah kiri, pililah 'Tata Letak' maka akan muncul seperti berikut ini. Klik 'Edit' di navbar disebelah kanan atas (pada gambar lingkaran merah).


Setelah mengklik 'Edit' akan muncul jendela baru seperti gambar berikut. Tinggal pilih 'Off' dipilihan paling bawah, lalu klik 'Simpan'.


Tradaaa... navbar pasti hilang, jika tidak hilang juga, silahkan lapor polisi (hehehe). Mudah bukan...!

Jika masih kesulitan dengan tutorial di atas, silahkan tonton videonya pada video tutorial di bawah ini;