Cara Membuat Website Profesional


Memiliki satu website profesional memang jadi dambaan setiap orang. Sayangnya, masih banyak yang terjebak di alam sadarnya bahwa membuat satu website profesional itu susah dan mahal. Padahal dengan pengetahuan ala kadarnya, siapapun bisa membuatnya.

Tapi sebelum jauh membahas cara membuat website, saya ingin meluruskan juga kekeliruan orang-orang tentang website dan blog. Ada yang beranggapan bahwa website dan blog itu berbeda. Padahal, semua yang terlihat di internet itu disebut website, termasuk blog.

Bedanya hanya pada fungsi masing-masing. Selain blog, ecommerce, sosial media juga termasuk website. Blog bisa dikatakan sebagai salah satu jenis website yang memiliki fungsi sebagai diary atau buku harian bagi pemiliknya, makanya kadang tampilan artikelnya diurutkan berdasarkan tanggal dimulai dari yang paling baru.

Website lain yang memiliki fungsi mirip toko disebut toko online atau ecommerce. Website ini memungkinkan proses jual beli terjadi, dimana dalam website tersebut bisa dilihat foto produk, harga, deskripsi produk hingga cara pembeliannya.


Jenis website lain yang terkenal adalah social media. Untuk jenis website ini saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar, karena hampir setiap orang sudah sering menggunakannya yaitu facebook, twitter dan kawan-kawannya.

Dengan penjelasan singkat diatas, semoga tidak ada lagi kekeliruan dan perdebatan soal website dan blog. Pada tutorial ini, jenis website yang akan dibuat adalah blog. Namun, sebelum membuat, ada baiknya mengetahui cara pembuatannya terlebih dahulu.

Cara Instan
Cara ini yang paling sering digunakan orang-orang. Paling cepat, juga termurah (alias gratis). Contohnya adalah membuat blog dari blogspot, wordpress dan lain-lain. Meski gratis, namun cara ini memiliki kelemahan pada tingkat fleksibilitas pembuatan. Karena website yang dibuat harus ikut pada format yang sudah disediakan oleh penyedia layanannya.

(Baca: Tutorial Lengkap Membuat Blog Blogspot Jadi Profesional)

Cara Instal
Cara instal ini adalah pengembangan dari cara instan. Dengan menggunakan metode ini, kita akan diberi keleluasaan untuk menginstal CMS atau Content Management System sendiri-sendiri. Itu artinya, dengan cara ini kita bisa melakukan perubahan lebih fleksibel dengan menginstal add on pada CMS tersebut. Namun begitu, untuk menggunakan cara ini harus menyediakan nama domain dan hosting sendiri.

Beberapa CMS yang disediakan pada tahap ini adalah Wordpress, Jomla, Drupal dan lain-lain. Semuanya bisa dengan mudah di instal.

(Baca: Step By Step Cara Membeli Domain .COM)

Framework 
Cara ini memiliki tingkat fleksibilitas pembuatan yang lebih tinggi, dan harus memiliki kemampuan web programming.

Web Programming 
Cara membuat website ini adalah yang paling fleksibel, namun lama dan dituntut untuk memiliki kemampuan web programming. Kalau sudah bisa membuat website dengan cara ini, maka pada dasarnya sudah bisa membuat segala jenis website yang diinginkan, nyaris tanpa batas. Kalau tertarik untuk mempelajari cara ini, minimal harus menguasai HTML, PHP dan MySQL.

Yang akan kita buat saat ini adalah cara yang kedua, yakni cara instal. Itu artinya, kita harus menyiapkan domain dan hosting. Untuk membeli domain dan hosting kita perlu satu webhost atau penyedia domain dan hosting.

Salah satu yang saya rekomendasikan adalah Indowebsite

Untuk membeli domain dan hosting, bisa dilakukan secara terpisah bisa juga secara paket. Tapi kalau mau mendapat murahnya, lebih baik beli satu paket karena paket yang dibeli di Indowebsite gratis domain.

(Baca: Apa Itu Hosting dan Domain?)

Karena tulisan cara membeli domain dan hosting terbilang panjang, maka akan dibuat pada updatean selanjutnya. Hingga tahap ini saya harap tidak mengalami kendala ada-apa. Jika ada yang mau ditanyakan, silahkan memberi komentar dibawah ini.

+Wisa Rahardi