Step By Step Cara Membeli Domain .COM

Ada banyak alasan seorang blogger ingin merubah domain gratisannya menjadi Top Level Domain (TLD). Baik itu berupa .COM, .NET, .ORG atau bahkan yang berbasis lokal semisal .CO.ID, .ID hingga domain ID lainnya. Pada dasarnya untuk membeli domain dengan ekstension apa saja, cara membelinya sama, yang membedakan hanya harganya saja.

Tempat membeli domain juga sangat banyak ragamnya, baik yang berbasis di luar negeri bahkan yang dalam negeri sekalipun. Penyedia domain yang paling terkenal adalah GoDaddy, HostGator dan lain sebagainya. Sementara dalam negeri jumlahnya juga tidak kalah banyak dengan keunggulan masing-masing. Khusus untuk domain ID, langsung dibawahi oleh Pandi.ID. Anda bisa mendapatkan rekomendasi penyedia domain dari Pandi.

(Baca Juga: Mengenal Fungsi Domain Authority dan Page Authority)

Rata-rata penyedia domain juga telah menjual paket hosting. Soal hosting dan ragam pengaturannya akan dibahas dalam postingan yang berbeda. Postingan kali ini akan khusus mengulas setahap demi setahap cara membeli domain. Domain yang akan kita beli ini nantinya akan di custom dengan blogspot.com seperti yang BloGooblok lakukan.

Cara Membeli Domain .COM di IndoWebsite.NET

Pada tutorial kali ini, BloGooblok akan menjelaskan cara membeli domain di penyedia domain dan hosting lokal yakni IndoWebsite. Dari beberapa pilihan yang ada dan pengalaman menggunakan layanan IndoWebsite selama bertahun-tahun, maka BloGooblok putuskan untuk membuat tutorial membeli domain dilayanan mereka.

Alasannya sederhana saja, layanannya memuaskan dan suport 24 jam jika terjadi masalah. Mereka juga cukup terpercaya dengan usia yang matang. Oh iya, jika ingin melihat satu layanan hosting itu terpercaya, lihat saja URL-nya. Jika mereka telah menggunakan HTTPS, kemungkinan profesionalnya lebih tinggi dari yang hanya menggunakan HTTP. Soal kelebihan dan kekurangan masing-masing akan kita bahas nanti, (ditunggu yah).

(Baca Juga: Cara Belajar Bisnis Online yang Baik dan Aman)

Kalau sudah yakin ingin mengganti domain blogspot atau wordpress ke TLD, maka selanjutnya mengeksekusi dengan membeli domain. Caranya, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama-tama buka website IndoWebsite.NET atau Klik Disini
  • Jika telah terbuka, kursor sedikit ke bawah hingga form untuk mengecek nama domain. Anda bisa mengetikkan nama domain apa saja yang Anda inginkan lalu klik Cek. Jika dinyatakan tersedia, maka nama domain tersebut bisa Anda beli, namun jika tidak tersedia, Anda akan diminta mencari alternatif lain. Nama domain yang tidak tersedia akan muncul dengan tulisan merah, sedang jika tersedia tulisannya akan berwanah hijau dan dilengkapi kata-kata Order Sekarang. Anda juga bisa mengklik CekDomain yang ada dibawah form untuk pengecekan lebih cepat. 
  • Jika telah mengklik Order Sekarang, maka Anda akan digiring menuju halaman selanjutnya, dimana terdapat harga domain yang Anda pilih. Harga itu berlaku untuk satu tahun. Jika telah oke, selanjutnya klik Tambahkan ke Keranjang.
  • Setelahnya akan muncul halaman Konfigurasi Domain. Karena kita hanya akan membeli domain, maka tak perlu menuju halaman hosting. Pada laman ini juga Anda akan disajikan empat name server yang digunakan. Langsung saja klik Update Cart. 
  • Halaman ini akan menunjukkan data pembayaran yang harus diselesaikan oleh pemesan. Harga awal akan ditambah 10% untuk pajak. Jadi, jika harga dasar domain Rp135.000 akan naik jadi Rp148.500 setelah ditambah Rp13.500. Total itulah yang akan kita bayarkan yang juga akan terulang setiap tahunnya. Namun, karena IndoWebsite sepanjang September-November ini sedang melakukan promo, maka kita bisa menggunakan kupon. Lihat ketersediaan kupon Disini. Cara memasukkannya, klik Kode Promosi dibagian bawah, lalu masukkan kode promosi dan klik Validasi Kode. 
  • Jika kupon berhasil ditambahkan, maka jumlah pembayaran akan berkurang Rp50.000 menjadi hanya Rp93.500. Murah bukan! Apabila sudah oke dengan harganya, selanjutnya klik Selesaikan Order. 
  • Selanjutnya Anda diminta login. Jika belum terdaftar, silahkan masukkan alamat email Anda di form yang disediakan lalu klik Verifikasi. Anda akan dikirimi email yang selanjutnya menuntun Anda untuk melakukan pendaftaran. Namun jika sudah pernah mendaftar, klik saja tulisan Klik Disini Untuk Login.   
  • Kemudian login dengan memasukkan alamat email dan pasword. 
  • Halaman selanjutnya adalah halaman informasi pembayaran. IndoWebsite menyediakan beberapa metode yang bisa digunakan. Ada empat bank yang disediakan dengan cara pembayaran transfer dan ada pula PayPal dan Kartu Kredit. Silahkan pilih. Pada tutorial ini BloGooblok menggunakan cara transfer antar bank di BRI. Sebelum mengklik Selesaikan Order, jangan lupa untuk mencentang tulisan Saya Telah Membaca dan Menyetujui Terms of Service. 

  • Jika semua berjalan lancar, maka halaman selanjutnya Anda akan mendapatkan konfirmasi order. Nomor pemesanan telah terbit beserta invoice. Sebuah surat juga telah dikirim ke email Anda beserta nomor rekening yang harus dikirimi biaya pembelian. 
  • Seperti ini bentuk email yang dikirimkan. 
  • Tugas Anda selanjutnya adalah membayar. Metodenya silahkan Anda pilih, mau melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking atau langsung ke bank. Jika sudah membayar jangan lupa mengambil bukti pembayaran. 
  • Saya anggap pada tahap ini Anda sudah melakukan pembayaran. Selanjutnya masuk ke halaman konfirmasi. Anda bisa lihat linknya di email yang dikirimkan. Isi semua data yang diminta lalu klik Kirim. Itu artinya, nama domain tersebut telah menjadi milik Anda.
  • Untuk memastikan validasi pembayaran, Anda bisa mengecek statusnya di laman ini https://client.indowebsite.net. Pihak IndoWebsite juga akan mengirimkan pemberitahuan ke email Anda. Butuh beberapa waktu untuk nama domain Anda akan aktif. Namun demikian, sudah bisa dilakukan pengaturan custom domain. Jika nama domain Anda aktif maka tampilannya akan seperti berikut ini. 

Pada dasarnya, cara-cara membeli domain di penyedia layanan domain mana pun akan mengikuti proses diatas. Bedanya hanya pada tampilan dan kecepatan layanan serta harga. Namun, proses ini adalah gambaran membeli satu domain .COM. Domain ini selanjutnya akan dikaitkan dengan blog yang ingin kita ubah URL-nya. Untuk cara-cara ini, akan BloGooblok jelaskan dipostingan selanjutnya.

(Baca Juga: Cara Mengganti Domain Blogspot Jadi .COM)

Sejauh ini, kami harap penjelasan diatas bisa mencerahkan. Namun apabila masih ada pertanyaan seputar cara membeli domain, silahkan berkomentar di kolom komentar dibawah ini. Kami akan dengan senang hati membantu apabila memungkinkan.

Terima Kasih dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi